Contoh Makalah Sistem Operasi Komputer

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Sistem Operasi Komputer - Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya lah saya dapat menyelesaikan Makalah "Sistem Operasi Komputer yang Bersifat opensource dan freeware (closesource)" ini dengan baik dan tepat waktu. saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan-kekurangan karena keterbatasan pengetahuan, oleh karena itu saya sangat mengharapkan bimbingan atau saran-saran dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

Berkaitan dengan makalah ini saya banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak yang diterima oleh saya baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Akhir kata saya mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin.

Kata pengantar yang baru saja anda baca pada paragraf awal di atas adalah sebuah contoh kata pengantar yaitu untuk Makalah Sistem Operasi Komputer. Itu berarti disini kita akan membahas sebuah contoh karya tulis lainnya yaitu karya ilmiah tentang OS komputer. Jika anda sedang membutuhkan contoh seperti ini anda bisa membaca penjelasan berikut.

Dalam sebuah karya tulis yang membahas mengenai sistem operasi seperti ini semua materi yang dipilih tentu yang berhubungan dengan operating system tersebut. Untuk gambaran apa saja materi yang di bahas khususnya pada contoh ini silahkan lihat daftar isi-nya berikut.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
B. Manfaat

II. PEMBAHASAN
A. Pengertian Sistem Operasi
B. Sistem Operasi Freeware (windows)
C. Sistem Operasi Opensource (Linux)
D. Perbandingan antara Windows dan linux

III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Dari daftar isi di atas tentu jelas sekali apa-apa yang dibahas dalam Contoh Makalah tersebut. Dari sini kita bisa lebih mudah jika akan menyusun makalah dengan topik yang sama. Coba kita perhatikan, inti pembahasan hanya memiliki 4 (empat) pokok pembahasan yang semuanya mencakup materi tentang Sistem Operasi Komputer.

Untuk mendapatkan materi ini tentu kita bisa memanfaatkan begitu banyak sumber mulai dari bahan ajar (modul), buku terbitan, majalah, koran bahkan dari makalah dengan tema yang sama. Yang perlu dicatat dalam hal materi ini adalah bahwa kita akan mengolah materi yang kita pahami menjadi sebuah bacaan yang berbobot dan berkualitas.

Kesalahan yang paling fatal dan banyak dilakukan oleh penulis biasanya adalah kegiatan plagiat dimana seorang penulis karya ilmiah hanya mengambil karya orang lain dan menggantinya dengan nama sendiri. Hal ini bisa anda hindari jika anda cukup pintar dalam mengolah dan mempresentasikan informasi yang anda miliki dalam bentuk sebuah makalah. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas anda bisa menggunakan Contoh Makalah Sistem Operasi Komputer sebagai referensi tambahan. Sebelum itu silahkan pelajari cuplikan berikut.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Ada dua Macam sistem operasi, Open source dan Close Source, Open Source adalah istilah untuk software yang kode programnya disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan. Jika pembuat program melarang orang lain untuk mengubah dan atau menyebarluaskan program buatannya, maka program itu bukan open source, meskipun tersedia kode programnya. 

Open source merupakan salah satu syarat free software. Free software pasti open source software, namun open source software belum tentu free software. Contoh free software adalah Linux. Contoh open source software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi free software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak free software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi open source software dapat diubah menjadi tidak open source. FreeBSD (open source) merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX (tidak open source).

Berbeda sekali dengan Close Source yang sangat tertutup. Sehingga orang lain tidak akan bisa mengetahui dengan apa program tersebut dibuat dan bagaimana jika terjadi kesalahan pada software tersebut. Sehingga jika terdapat kesalahan program orang tersebut harus menghubungi pihak yang bersangkutan dengan pembuatan software tersebut dan hal ini jelas-jelas memakan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Contoh Close Source adalah Windows.

B. Rumusan Masalah
1. Apakah Pengertian dari Sistem Operasi (OS)
2. Bagaimanakah OS freeware (Windows)
3. Bagaimanakah OS opensource (Linux)
4. Bagaimana perbandingan antara Windows dan Linux

C. Tujuan
1. Agar siswa memahami Pengertian dari Sistem Operasi (OS)
2. Agar siswa memahami OS freeware (Windows)
3. Agar siswa memahami OS opensource (Linux)
4. Agar siswa dapat membandingkan antara Windows dan Linux

D. Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penyampaian informasi tentang Sistem Operasi pada komputer, agar para pembaca dapat memahami lebih mendalam lagi tentang materi yang disampaikan. Selain itu sebagai referensi dalam memahami tentang komputer.

Contoh Makalah Sistem Operasi Komputer
Contoh Makalah Sistem Operasi Komputer
http://q.gs/7ZtMt
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Apa yang sulit dari menyusun sebuah karya tulis, sebenarnya tidak ada. Hanya saja, dalam penyusunan karya tulis seperti Makalah Sistem Operasi Komputer ini anda harus memperbanyak referensi dan bahan kajian yang akan digunakan. Untuk tujuan itulah contoh ini dibuat.

Jika anda membutuhkannya, anda bisa download contoh makalah lengkap ini dari tautan yang sudah disediakan. Jangan lupa, untuk menambah referensi silahkan baca juga beberapa materi sistem terkait di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, mudah-mudahan pembahasan singkat ini berkenan di hati anda.