Contoh Makalah Tentang Hukum Adat

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Hukum Adat - Puji Syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah, karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya Adapun tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata kuliah Hukum Adat.

Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang hukum adat yang ada di Indonesia. Kami sadar, sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Harapan kami, semoga karya ilmiah yang sederhana ini, dapat memberi kesadaran tersendiri bagi generasi muda bahwa kita juga harus mengetahui adat dan kebudayaan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, karena kita adalah bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia tercinta.

Indonesia memiliki begitu banyak adat dan budaya di masing-masing daerah serta suku yang ada. Tak heran jika mempelajari tentang hukum adat ini menjadi hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Sebagai siswa, mahasiswa dan penduduk Indonesia sudah tentu kita sebaiknya mengenal berbagai hukum adat masyarakat yang ada di tanah air.

Melalui Contoh Makalah Tentang Hukum Adat ini diharapkan kita semua dapat lebih terampil lagi dalam menyusun karya ilmiah khususnya makalah yang membahas tentang hukum adat yang ada di masyarakat Indonesia. Contoh karya tulis, pada kesempatan ini akan membahas lebih lanjut tentang keberadaan makalah tersebut.

Dalam menyusun tugas makalah seperti ini penyusun untuk pertama kali harus tahu komposisi dari sebuah makalah. Komposisi yang dimaksud disini adalah bagian-bagian yang ada pada sebuah makalah. Secara umum sebuah makalah akan terdiri dari beberapa bagian yaitu:
1. Halaman depan
2. Bab pendahuluan
3. Bab isi
4. Bab penutup

Masing-masing bagian tersebut berbeda isinya satu sama lain semua memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda dan sesuai dengan aturan masing-masing.  Untuk mengetahui isi dari masing-masing bagian dari Contoh Makalah tersebut silahkan lihat daftar isi untuk Makalah Tentang Hukum Adat di bawah ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 

BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang Masalah 
1.2. Identifikasi Masalah 
1.3. Pembatasan Masalah 
1.4. Perumusan Masalah 
1.5. Tujuan Penulisan 
1.6. Metode Penulisan 
1.7. Waktu dan Lokasi Penelitian 
1.8. Sistematika Penulisan 

BAB II PENGERTIAN HUKUM ADAT
2.1. Pengertian Hukum Adat 
2.2. Pengertian Hukum Adat menurut Para Ahli 
2.3. Istilah hukum adat 
2.4. Istilah hukum adat menurut para ahli 
2.5. Ciri hukum adat 
2.6. Manfaat Mempelajari Hukum Adat 
2.7. Adat Recht dan Hukum Adat ( Hukum tidak tertulis ) 

BAB III PENUTUP 
3.1. Kesimpulan 
3.2. Saran 

DAFTAR PUSTAKA

Apa sebenarnya yang mendasari penyusunan makalah ini, kerangka atau latar belakang seperti apakah yang akan menghantarkan kita pada pembahasan mengenai hukum adat tersebut? Berikut ini silahkan dibaca cuplikan latar belakang dari contoh yang sedang kita bahas ini.

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah yang terbentang di sekitarnya. Ini menyebabkan keanekaragaman suku, adat istiadat dan kebudayaan dari setiap suku di setiap wilayahnya. Hal ini sungguh sangat menakjubkan karena biarpun Indonesia memiliki banyak wilayah, yang berbeda suku bangsanya, tetapi kita semua dapat hidup rukun satu sama lainnya.

Namun, sungguh sangat disayangkan apabila para generasi penerus bangsa tidak mengetahui tentang hukum adat dari setiap suku yang ada. Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui dan cukup mengerti tentang hukum adat dari salah satu suku yang ada di Indonesia, itu juga karena pembahasan yang sering dibahas selalu mengambil contoh dari suku yang itu-itu saja.

Untuk menghindari pembahasan yang melebar dan tidak fokus tentu saja seperti makalah lain, Contoh Makalah Tentang Hukum Adat juga menggunakan rumusan masalah atau batasan masalah. Batasan masalah untuk contoh kali ini adalah sebagai berikut:

Karena cakupan Hukum Adat yang begitu luas dan meliputi berbagai aspek kehidupan, maka kami hanya membatasi penelitian hanya dari segi Pengertian Hukum Adat, istilah hukum adat, ciri hukum adat, manfaat mempelajari hukum adat serta perbedaan antara adat recht dengan hukum adat tidak tertulis.

Bagi anda atau siapa saja yang membutuhkan contoh ini dalam bentuk lengkap anda bisa mendownloadnya melalui tautan yang disediakan. Setelah download contoh makalah hukum adat ini tentu akan lebih leluasa dalam mempelajari dan mungkin menggunakannya untuk referensi.

Contoh Makalah Tentang Hukum Adat
Contoh Makalah Tentang Hukum Adat
http://q.gs/7ZMQb
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Klik tautan di atas dan download makalah yang anda butuhkan. Jika masih ada yang lain misalnya ingin mencari materi tentang hukum adat sebagai bahan tambahan anda bisa membacanya di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!