Contoh Makalah Tentang Konstitusi

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Konstitusi - Apa yang anda ketahui tentang konstitusi, apakah anda tahu sejarahnya? Nah kali ini kita akan memperdalam wawasan melalui sebuah contoh karya tulis yang membahas materi tersebut. Dalam pembahasan ini akan diberikan cuplikan atau gambaran lengkap mengenai makalah tersebut dan juga kesempatan untuk mendownload contoh makalah lengkapnya.

Hal paling mudah untuk mengetahui isi dari sebuah karya tulis adalah dengan melihat daftar isi yang ada. Untuk itulah, yang pertama kali akan diberikan adalah daftar isi dari Makalah Tentang Konstitusi tersebut. Jika anda ingin tahu apa saja pembahasan didalamnya silahkan baca daftar isinya berikut!

DAFTAR ISI

BAB I : PENDAHULUAN
A Latar Belakang Masalah
B Rumusan Masalah
C Tujuan Penulisan

BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Konstitusi Di Indonesia
B. Perubahan Dan Amandemen Konstitusi Indonesia Dengan Perubahan Amandemen di Negara Lain
C. Macam-Macam Konstitusi

BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

Dari daftar isi tersebut dipastikan kita tahu apa saja yang dibahas dalam contoh makalah lengkap ini. Dengan membacanya kita bahkan bisa dengan mudah membuat makalah yang sama dengan aslinya. Namun hal ini tentu tidaklah semudah yang dibayangkan, dalam membuat makalah tentu harus ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan semua informasi yang ada.

Jika anda ingin menyusun Makalah Konstitusi tentu anda akan mengadakan kajian dengan berbagai dukungan teori dari berbagai sumber referensi. Untuk itulah kiranya banyak yang membutuhkan contoh karya tulis baik untuk gambaran, bahan belajar maupun referensi. Anda sedang menyusun makalah seperti ini, anda sebaiknya melanjutkan membaca cuplikan latar belakang dari contoh berikut.

Keberadaan UUD 1945 yang selama ini disakralkan, dan tidak boleh diubah kini telah mengalami beberapa perubahan. Tuntutan perubahan terhadap UUD 1945 itu pada hakekatnya merupakan tuntutan bagi adanya penataan ulang terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Atau dengan kata lain sebagai upaya memulai “kontrak sosial” baru antara warga negara dengan negara menuju apa yang dicita-citakan bersama yang dituangkan dalam sebuah peraturan dasar (konstitusi). 

Perubahan konstitusi ini menginginkan pula adanya perubahan sistem dan kondisi negara yang otoritarian menuju kearah sistem yang demokratis dengan relasi lembaga negara yang seimbang. Dengan demikian perubahan konstititusi menjadi suatu agenda yang tidak bisa diabaikan. Hal ini menjadi suatu keharusan dan amat menentukan bagi jalannya demokratisasi suatu bangsa. 

Realitas yang berkembang kemudian memang telah menunjukkan adanya komitmen bersama dalam setiap elemen masyarakat untuk mengamandemen UUD 1945. Bagaimana cara mewujudkan komitmen itu dan siapa yang berwenang melakukannya serta dalam situasi seperti apa perubahan itu terjadi, menjadikan suatu bagian yang menarik dan terpenting dari proses perubahan konstitusi itu. 

Karena dari sini akan dapat terlihat apakah hasil dicapai telah merepresentasikan kehendak warga masyarakat, dan apakah telah menentukan bagi pembentukan wajah Indonesia kedepan. Wajah Indonesia yang demokratis dan pluralistis, sesuai dengan nilai keadilan sosial, kesejahteraan rakyat dan kemanusiaan. 

Dengan melihat kembali dari hasil-hasil perubahan itu, kita akan dapat dinilai apakah rumusan-rumusan perubahan yang dihasilkan memang dapat dikatakan lebih baik dan sempurna. 

Setelah membaca daftar isi, menelaah latar belakang tiba saatnya kita merumuskan alur pedoman yang akan digunakan dalam menyusun tugas Makalah tersebut. Untuk Contoh Makalah Tentang Konstitusi ini rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut:
1. Apa dan bagaimana pengertian dan sejarah lahirnya konstitusi di indonesia?
2. Bagaimana perubahan dan amandemen konstitusi indonesia dengan perubahan amandemen di negara lain?
3. Apa saja macam-macam konstitusi?

Contoh Makalah Tentang Konstitusi
Contoh Makalah Tentang Konstitusi
http://q.gs/7ZMQa
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Dari penjelasan, cuplikan dan rumusan masalah di atas tentunya kita akan lebih mudah menyusun makalah yang dibutuhkan. Jika anda membutuhkan contoh lengkapnya anda bisa menggunakan contoh ini sebagai bahan tambahan. Untuk mendapatkan Contoh Makalah Tentang Konstitusi Lengkap silahkan download dari link yang telah disediakan.