Contoh Makalah Tentang Pramuka

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Pramuka - Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tugas Dasar-dasar Komposisi untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu.

Mengingat terbatasnya kemampuan penulis dalam penyusunan makalah ini, penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Maka penulis mengharapkan pembaca memberi kritik dan saran. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Begitu banyaknya tugas yang harus dikerjakan terkadang membuat kita lupa dan mengesampingkan sisi keilmuan yang terkandung dalam sebuah tugas dari pendidik. Paling banyak, yang kualitasnya masih kurang memuaskan adalah mengenai karya tulis yaitu contohnya makalah.

Dalam penyusunan makalah pada beberapa kasus peserta didik hanya menyalin atau menggunakan tulisan yang sudah ada dan tidak menyusun sendiri. Hal ini banyak dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai bagaimana menulis sebuah makalah yang baik dan benar. Untuk itulah pada kesempatan ini kita masih akan membahas contoh makalah lagi khususnya dengan tema "pramuka".

Jika anda sering belajar di website ini mungkin anda sudah paham benar bagaimana teknik penyusunan makalah yang mudah tanpa mengurangi kualitasnya namun bagi anda yang baru anda harus belajar bagaimana kiat menyusun makalah yang cepat dan yang baik hasilnya.

Pada penyusunan makalah yang perlu diperhatikan ada beberapa point penting yaitu diantaranya sebagai berikut:
1. Bagian-bagian makalah
2. Tata penulisan makalah
3. Isi makalah

Yang pertama, saat menyusun makalah kita harus tahu apa saja bagian-bagian makalah. Dengan begitu makalah yang disusun akan memenuhi syarat akademis dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Selain itu kita harus memastikan bahwa tata penulisan makalah juga harus sesuai dengan aturan, mulai dari jenis huruf, spasi dan lain sebagainya.

Yang terpenting yang biasanya di abaikan adalah dalam hal isi. Perlu anda catat baik-baik bahwa isi atau informasi yang disusun dalam sebuah makalah adalah informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Informasi tersebut ilmiah, dan didukung dengan berbagai sumber referensi atau rujukan yang sesuai.

Dalam menyusun isi makalah ini kita tidak bisa serta merta menyatakan sesuatu tanpa ada dukungan pendapat dari para ahli. Jadi secara sederhana isi dalam makalah ini merupakan kajian literatur pada topik yang telah ditentukan.

Kiat Menyusun Makalah Tentang Pramuka

Kembali ke Contoh Makalah Pramuka, dalam menyusun makalah ini cara paling mudah adalah dengan menyiapkan konsep atau draft makalah yang akan dikerjakan. Dengan draft ini akan tergambar secara keseluruhan apa-apa yang ada di makalah tersebut mulai dari halaman judul sampai dengan daftar pustaka.

Untuk mempermudah dan memanfaatkan waktu yang lebih efisien kita bisa menyusun draft ini dengan daftar isi makalah. Disini berarti pertama kita akan membuat daftar isi yang akan berfungsi sebagai draft dalam makalah yang kita susun tersebut. Untuk memberikan bagaimana gambaran draft tersebut berikut ini telah disiapkan daftar isi yang bisa digunakan sebagai draft awal penyusunan makalah pramuka, berikut selengkapnya.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI

BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan

BAB 2. PEMBAHASAN
2.1 Sejarah singkat kepramukaan
2.2 Lambang kepramukaan
2.3 Macam macam tali temali
3.4 Tugas pokok kepramukaan

BAB 3. PENUTUP
3.2 Kesimpulan
3.3 Saran

DAFTAR PUSTAKA

Coba anda lihat daftar isi di atas, dengan membaca daftar isi tersebut kita akan tahu secara keseluruhan apa saja yang ada dalam makalah yang akan dibuat. Kita bisa mulai proses penyusunan berdasarkan draft daftar isi tersebut mulai dari awal sampai akhir.

Dengan begitu pekerjaan kita akan lebih jelas, terarah dan sesuai dengan ketentuan. Selanjutnya, untuk lebih jelas mengenai Contoh Makalah Tentang Pramuka ini anda bisa melanjutkan ke beberapa ulasan materi yang akan diberikan berikut ini.

Contoh Materi untuk Makalah Tentang Pramuka

Pendidikan Kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan Kepramukaan di Indonesia.

Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 14-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.

Satuan Karya Pramuka juga memiliki kegiatan khusus yang disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka disingkat Pertisaka yang dilaksanakan oleh tiap-tiap saka, sedangkan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama lebih dari satu saka yang disebut Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka disingkat Peransaka. Kegiatan Peransaka antara lain melakukan transfer bidang keilmuan masing-masing Satuan Karya.

Pada dasarnya Satuan Karya hanya diatur di tingkat nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, namun ternyata ada Satuan Karya yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Daerah yang bersangkutan.

Saran yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah :
  1. Selalu mengamalkan kepramukaan di keluarga, sekolah, dan masyarakat mengingat pentingnya Pramuka demi membangun karakter bangsa.
  2. Seharusnya untuk Pemerintah lebih memperhatikan lagi dan mendukung adanya pramuka.
  3. Pengajar atau guru harus giat memperluas pengetahuan tentang Pramuka serta menciptakan suasana yang tidak membosankan dalam proses mengajar.
Contoh Makalah Tentang Pramuka
http://q.gs/7bm0o

)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Tak akan bisa jika tak mau berusaha, tak akan pandai jika tak mau belajar. Sekarang tugas anda adalah belajar menyusun karya tulis ini lebih baik lagi. Coba perhatikan link di atas, jika anda membutuhkan contoh lengkap untuk makalah tersebut maka anda bisa menyalinnya dengan membuka tautan atau link di atas. Mudah-mudahan Contoh Makalah Tentang Pramuka ini bisa bermanfaat untuk anda.