Contoh Makalah Tentang Amdal

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Amdal - Puji Syukur Kami Panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan pertolongan-Nya sehingga penyusunan makalah mengenai "Baku Mutu Lingkungan dan AMDAL" ini dapat terselesaikan. Makalah ini di susun mengingat semakin meningkatnya intensitas kegiatan penduduk dan industri yang meningkatkan kadar kerusakan lingkungan. Selain itu makalah ini di susun sebagai bahan referensi khususnya bagi mahasiswa maupun masyarakat umum mengenai baku mutu lingkungan dan amdal demi tercapainya stabilitas lingkungan. 

Ucapan Terima Kasih kepada Bapak dosen pembimbing dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini sehingga laporan ini dapat kami selesaikan. Dalam penyusunan makalah ini tentu banyak sekali kekurangan baik dari segi isi maupun penulisan.

Harapan kami atas kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sehingga dapat menjadi suatu masukan untuk kesempurnaan laporan-laporan praktikum berikutnya. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya rekan mahasiswa.

Langkah Penyusunan Makalah Amdal

Setelah membaca sedikit pra kata atau kata pengantar di atas sekarang giliran kita untuk mulai mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen pembimbing. Tugas yang dalam hal ini adalah membuat makalah Amdal akan segera kita susun dengan beberapa persiapan dan tahapan yang telah disusun sebelumnya.

Langkah pertama untuk menyusun karya tulis ini adalah menentukan judul, disini kita sepakat untuk mengambil permasalahan mengenai Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dengan judul seperti telah disebutkan di atas. Setelah menentukan judul langkah berikutnya adalah menyusun sketsa makalah atau kerangka makalah.

Agar lebih menghemat waktu dan lebih efisien kita akan membuat daftar isi dan menjadikannya sebagai draft makalah yang akan digunakan. Draft atau kerangka makalah untuk karya tulis ini dapat disusun seperti pada contoh daftar isi berikut.

HALAMAN JUDUL                               
KATA PENGANTAR                               
DAFTAR ISI        
                         
BAB I PENDAHULUAN                       
1.1 Latar Belakang                           
1.2 Tujuan

BAB II BAKU MUTU LINGKUNGAN                 
2.1 Baku Mutu Air                           
2.2 Baku Mutu Limbah Cair                  
2.3 Baku Mutu Udara Ambien                  
2.4 Baku Mutu Udara Emisi                   
2.5 Baku Mutu Air Laut                      

BAB III AMDAL                             
3.1 Pengertian                            
3.2 Tujuan AMDAL                               
3.3 Fungsi AMDAL                          
3.4 Manfaat AMDAL                           
3.5 Kriteria Wajib AMDAL                      
3.6 Pendekatan Studi AMDAL                   

BAB IV PENUTUP                            
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA 

Dengan modal draft di atas kita akan menyusun satu persatu bagian-bagian makalah yang dibutuhkan. Namun sebelum mulai membuat bagian makalah tersebut kita akan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu mencari berbagai bahan dan referensi materi yang sesuai dengan pembahasan ini.

Contoh Lengkap Makalah Tentang Amdal

Tak ada gading yang tak retak, begitu pun dengan pembahasan ini. Mengingat keterbatasan yang kami mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak dapat menyertakan langsung contoh lengkap karya tulis ini. Tapi anda tidak perlu khawatir, jika anda membutuhkan contohnya untuk dipelajari atau dijadikan referensi anda bisa mendapatkannya dari tautan yang disertakan.

Sebelum mempelajari contoh tersebut, sebagai gambaran bagaimana isi di dalam karya tulis yang akan anda pelajari tersebut berikut disertakan beberapa penggalan isi dari karya tulis tersebut. Anda bisa membacanya langsung dan mempelajari nya dan juga jika diperlukan bisa menggunakannya sebagai tambahan referensi. Yang berikut adalah cuplikan dari bagian latar belakang, silahkan dilihat.

Pembangunan sumberdaya alam dan lingkungan hidup seyogyanya menjadi acuan bagi kegiatan berbagai sektor pembangunan agar tercipta keseimbangan dan kelestarian fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup sehingga keberlanjutan pembangunan tetap terjamin. Pola pemanfaatan sumberdaya alam seharusnya dapat memberikan akses kepada segenap masyarakat, bukan terpusat pada beberapa kelompok masyarakat dan golongan tertentu.

Dengan demikian pola pemanfaatan sumberdaya alam harus memberi kesempatan dan peran serta aktif masyarakat, serta memikirkan dampak – dampak yang timbul akibat pemanfaatan sumber daya alam tersebut. Untuk itu di perlukan suatu pemahaman yang cukup dalam menganalisis mengenai dampak terhadap lingkungan.

Meningkatnya intensitas kegiatan penduduk dan industri perlu dikendalikan untuk mengurangi kadar kerusakan lingkungan di banyak daerah antara lain pencemaran industri, pembuangan limbah yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan kesehatan, penggunaan bahan bakar yang tidak aman bagi lingkungan, kegiatan pertanian, penangkapan ikan dan pengelolaan hutan yang mengabaikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Cukuplah itu saja yang bisa dibahas disini mengenai Contoh Makalah Tentang Amdal kali ini. Jika membutuhkan referensi lain berkaitan dengan materi amdal atau materi makalah lainnya anda bisa mencarinya di bagian akhir tulisan ini.

Karya tulis makalah yang baik adalah yang informatif dan dapat dipertanggung jawabkan serta dapat memberikan manfaat. Semoga satu diantara makalah tersebut adalah karya anda. Sampai disini, semoga bermanfaat. Trims.