Contoh Penyusunan Makalah Tentang Hukum Islam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Penyusunan Makalah Tentang Hukum Islam - Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala hikmat dan rahmat yang telah dilimpahkan akhirnya makalah "Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia" ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Hukum Islam di Universitas. Selain itu penulis mengharapkan agar makalah ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Dalam penyelesaian makalah ini penulis banyak mengalami kesulitan. Namun, berkat bimbingan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat diselesaikan walaupun masih banyak kekurangannya. Karena itu, sepantasnya jika penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang positif agar makalah ini menjadi lebih baik dan berdaya guna dimasa yang akan datang.

Harapan penulis, mudah-mudahan makalah tentang hukum Islam yang sederhana benar-benar membuktikan bahwa mahasiswa dapat lebih berperan serta dalam pembangunan masyarakat pada kenyataan sehari-hari dan bermanfaat bagi pembaca umumnya serta rekan mahasiswa khususnya. Amin.

Pengantar di atas sebagai pembuka pada pembahasan contoh penyusunan untuk karya tulis yang akan kita uraikan pada kesempatan ini. Makalah hukum ini akan membahas secara khusus yaitu tema mengenai "Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia". Untuk anda yang membutuhkan referensi bagi pembahasan dengan tema tersebut bisa mengikuti ulasan berikut.

Langkah Penyusunan Makalah Hukum Islam

Anda yang memiliki tugas untuk membuat atau menyusun makalah dengan tema ini dapat memulai langsung dengan merumuskan judul (masalah) yang akan dibahas. Setelah perumusan judul tersebut langkah selanjutnya anda bisa mulai membuat draft yang berisi berbagai materi yang berkaitan dengan judul yang diambil.

Anda bisa membuat draft makalah untuk bagian pembahasan saja yang berisi materi-materi yang akan dikaji atau anda bisa juga menyusun draft tersebut secara lengkap seperti pada daftar isi berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat

BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah Perkembangan Hukum Islam di Indonesia
B. Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional
C. Hukum Islam Dalam Pembinaan Hukum Nasional
D. Kontribusi Hukum Islam Terhadap Perkembangan Hukum Nasional

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Seperti dalam draft daftar isi di atas kita bisa melihat bahwa susunan makalah yang akan anda buat terdiri dari beberapa bagian yaitu:
1. Halaman awal (terdiri dari halaman judul dan seterusnya)
2. Bab I (berisi latar belakang, rumusan masalah dan sebagainya)
3. Bab II (isi pembahasan makalah)
4. Bab Penutup
5. Daftar pustaka dan lampiran

Halaman awal dalam penyusunan makalah yang paling umum atau minimal memiliki halaman untuk judul, kemudian halaman khusus untuk kata pengantar dan daftar isi pada halaman selanjutnya. Pada beberapa kasus, penyusun makalah hanya menyertakan halaman judul dan daftar isi saja, hal ini tentu akan tergantung pada acuan yang digunakan oleh penulis tersebut.

Selanjutnya pada bagian-bagian berikut misalnya bab i, bab ii dan seterusnya tidak akan di bahas disini. Anda yang membutuhkan gambaran mengenai isi dari bab tersebut tentunya sudah bisa melihat apa saja yang akan dibahas hanya dengan melihat konsep draft pada daftar isi di bagian atas.

Contoh Makalah Hukum Islam Lengkap

Pada judul pembahasan ini terdapat kata "contoh" dan itu berarti akan disertakan juga sebuah makalah yang sudah jadi. Jika tidak lalu bagaimana? Tentu hal itu akan mengecewakan dan tidak sesuai dengan judul yang disampaikan di atas.

Anda yang membutuhkan bahan atau referensi untuk materi makalah ini tidak perlu cemas dengan contoh yang anda butuhkan. Anda bisa mempelajari contoh makalah hukum Islam ini dengan santai dan leluasa di rumah setelah membaca beberapa point penting yang akan diulas.

Banyak sekali, baik itu rekan pelajar, maha siswa maupun umum yang mengaku membutuhkan bahan dan referensi belajar dengan mencari contoh makalah lengkap. Hal itu pun di jawab dengan adanya berbagai contoh yang dibagikan di internet. Lalu sebenarnya bagaimanakah cara kita bisa memanfaatkan contoh tersebut secara baik dan tidak terjebak unsur plagiat? Berikut anda bisa coba terapkan kiat menggunakan referensi dari contoh makalah:

a. Pelajari materi yang ada dalam makalah tersebut sesuai kebutuhan
b. Catatlah point penting yang bisa digunakan sebagai rujukan
c. Bandingkan dan telaah informasi yang di dapat dengan informasi dari sumber berbeda
d. Hindari copy paste
e. Selalu catat rujukan yang digunakan

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas anda akan terhindar dari kegiatan plagiat dalam makalah dan dapat membuat makalah dengan baik, benar dan dapat dipertanggung jawabkan keilmiahannya. Dengan begitu contoh yang anda dapatkan tidak akan sia-sia dan benar-benar menjadi bahan dan referensi sesuai dengan tujuannya.

Terakhir, jika anda membutuhkan contoh untuk Makalah Hukum Islam, anda bisa menyalin contoh lengkap makalah yang berjudul "Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia" ini dari link tautan yang disediakan.

Contoh Penyusunan Makalah Tentang Hukum Islam
Contoh Penyusunan Makalah Tentang Hukum Islam
)* Copy paste url di atas pada browser anda untuk melihat contohnya

Dengan disertakannya tautan atau link yang bisa anda gunakan untuk menyalin contoh makalah lengkapnya maka berakhir sudah pembahasan contoh kali ini. Semoga saja apa yang dipaparkan disini bisa memberikan sedikit pencerahan dan tambahan referensi bagi anda semua yang sedang menyusun makalah khususnya dengan tema seperti ini.