Contoh Makalah Tentang Seni Budaya

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Seni Budaya - Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang mungkin sangat sederhana. Makalah ini akan membahas secara lengkap mengenai seni budaya yaitu tentang pengertian seni budaya dan pengertian seni tari, musik, teater dan seni rupa serta cabang seni rupa yaitu seni rupa murni dan terapan.

Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman dan juga berguna untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca. Makalah ini penulis akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang penulis miliki sangat kurang. Oleh karena itu penulis harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Dari prakata atau kata pengantar di atas, website contoh karya tulis kali ini akan membahas mengenai sebuah karya hasil kajian yang biasanya dilakukan oleh pelajar dan juga mahasiswa yaitu mengenai makalah seni budaya. Pembahasan ini akan dikhususkan tentang informasi bagaimana cara mudah menyusun makalah yang baik dan benar khususnya yang membahas mengenai tema atau materi tersebut.

Kebanyakan dari kita dalam menyusun makalah biasanya hanya mengambil cara yang gampang dan tidak memenuhi kaidah dan aturan yang ada, bahkan hanya cenderung menggunakan hasil karya orang lain yang tentu saja tidak akan ada gunanya. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita semua belajar teknik-teknik dan juga langkah-langkah yang dapat membantu proses penyusunan makalah tersebut.

Tips Cara Menyusun Makalah Tentang Seni Budaya

Demi untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang bermutu dan untuk menghindari terjebak dalam aktivitas plagiat maka anda bisa belajar bagaimana cara menyusun karya tulis khususnya makalah seni ini. Dengan mengetahui cara-cara dan tips penyusunan diharapkan karya tulis yang kita susun bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan kita sebagai pelajar.

Penyusunan sebuah karya tulis memang tidaklah gampang namun hal itu juga tidaklah begitu sulit asalkan kita tahu teknik dalam pembuatannya. Jika anda belum terbiasa dalam menyusun karya tulis anda bisa belajar dari tips menyusun karya tulis yang baik yang akan dijelaskan disini. Mudah-mudahan setelah itu anda bisa lebih pintar dalam membuat sebuah tulisan ilmiah.

Agar proses pembuatan makalah seni ini lancar dan mudah anda yang belum terbiasa dalam penyusunan karya ilmiah bisa mengikuti langkah-langkah penyusunan sebagai berikut:
  1. Menentukan tema
  2. Membuat draft
  3. Mencari dan mengumpulkan berbagai referensi yang relevan
  4. Mengolah dan menelaah informasi terkait
  5. Menentukan bagian-bagian kutipan (rujukan teori)
  6. Menjabarkan analisa
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menyusun makalah ini adalah menentukan tema, untuk tema seni budaya jika dimungkinkan anda bisa memecah atau memilih lagi tema turunan yang lebih spesifik agar pembahasan tidak terlalu luas dan bisa terfokus. Untuk contoh ini anda mungkin bisa membahas salah satu cabang seni budaya saja, atau memilih tema yang ruang lingkupnya lebih sempit.

Perlu anda ingat bahwa dalam sebuah pembahasan makalah seperti ini sebaiknya anda membahas satu isu saja agar pembahasan lebih fokus dan hasilnya lebih ilmiah dan bisa dipertanggung jawabkan dengan baik.

Setelah sepakat dengan tema yang dipilih langkah selanjutnya adalah menyusun sebuah kerangka tulisan atau draft. Draft atau kerangka tersebut akan kita gunakan sebagai tata urutan dan acuan dalam penyusunan. Agar waktu kita lebih efektif kita bisa menyusun sebuah daftar isi sebagai draft atau kerangka tulisan tersebut, contohnya bisa anda lihat pada daftar isi makalah seni budaya di bawah ini.

DAFTAR ISI

Kata pengantar
Daftar Isi

BAB I. PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang
1.2 Perumusan Masalah

BAB II. PEMBAHASAN 
2.1 Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli
2.2 Pengertian Seni Tari
2.3 Pengertian Seni Musik
2.4 Pengertian Seni Teater
2.5 Pengertian Seni Rupa
2.5.1. Seni Rupa Murni
2.5.2. Seni Rupa Terapan

BAB III. PENUTUP 
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Daftar Pustaka

Langkah selanjutnya setelah kita memiliki acuan dari draft yang kita buat kita bisa langsung mencari dan mengumpulkan berbagai referensi yang relevan dengan materi yang dibahas. Setelah itu kita dapat mengolah dan menelaah berbagai informasi yang ada sesuai dengan pokok pembahasan yang kita ambil.

Dari berbagai materi yang tadi kita kumpulkan kita bisa mulai memilah dan menentukan bagian-bagian kutipan (rujukan teori) yang akan digunakan untuk memperkuat argumen dalam tulisan kita. Selanjutnya kita tinggal menjabarkan analisa dalam tata penulisan makalah sesuai dengan daftar isi yang telah dibuat sebelumnya. 

Contoh Makalah Seni Budaya Lengkap Ms Words

Yang paling banyak di cari dan dibutuhkan biasanya adalah contoh lengkap, apalagi jika kita belum terbiasa atau belum begitu bisa menyusun makalah seperti ini. Untuk anda yang membutuhkan nanti akan diberikan juga contoh makalah lengkap yang bisa dipelajari sebagai tambahan referensi.

Ada hal penting yang harus anda ingat dalam mempelajari contohnya, yaitu jangan sampai contoh yang ada anda jiplak. Tidak akan ada gunanya jika anda menggunakan karya orang lain dan tidak membuat sendiri makalah anda, selain tidak ilmiah hal itu juga akan merusak dan merugikan anda sendiri. 

Tanpa menggunakan Contoh Makalah Seni Budaya Lengkap sebenarnya anda PASTI BISA membuat makalah ini sendiri dengan acuan dan penjelasan di atas namun jika memang dibutuhkan anda bisa mencari referensi contoh dan bahan lain di internet atau dari berbagai karya yang sudah ada. Sebagai contoh anda bisa mencari di internet misalnya:
  1. Makalah tentang seni budaya mp3 download
  2. Makalah seni budaya seni rupa
  3. Makalah seni budaya nusantara
  4. Makalah seni budaya dan keterampilan
  5. Makalah seni budaya smp
  6. Makalah seni budaya teater
  7. Contoh pendahuluan makalah seni budaya
  8. Contoh makalah seni budaya lengkap, dst

Dengan banyak membaca berbagai referensi dari contoh di atas tentu saja hal itu akan melatih dan membuat anda lebih pintar dalam membuat karya tulis seperti ini. Terakhir, sekedar untuk tambahan referensi belajar saja anda bisa melihat contoh makalah ini dari alamat yang disertakan berikut.

Contoh Makalah Tentang Seni Budaya
Contoh Makalah Tentang Seni Budaya

)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Mudah-mudahan apa yang kita bahas tentang Makalah Seni Budaya kali ini bisa menjadi bahan belajar, rujukan dan juga tambahan pengetahuan bagi anda semua yang membutuhkan. Jangan lupa, anda bisa memperdalam pemahaman dan kepandaian anda dalam menyusun makalah dengan melihat beberapa contoh lain di bagian bawah.