Contoh Makalah Kimia Tentang Larutan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Kimia Tentang Larutan - Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunianya sehingga Makalah Kimia Dasar tentang Larutan dapat diselesaikan. Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi nilai tugas mata kuliah Kimia Dasar.

Pada kesempatan kali ini kami tidak lupa menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu selama penyusunan makalah ini terutama untuk dosen Mata Kuliah Kimia Dasar dan orang-orang yang telah banyak membantu dan memberikan dukungan kepada kami.

Dengan penuh kesadaran bahwa tidak ada yang sempurna didunia ini melainkan Allah SWT, maka makalah ini pun tidak luput dari segala kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca yang bersifat memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan makalah ini sangat kami harapkan. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Amin.

Kebetulan sedang tidak banyak waktu luang jadi pembahasan ini tidak akan dibuat panjang dan lebar tapi akan langsung ke inti permasalahannya yaitu Cara Menyusun Makalah Tentang Larutan. Jika anda sedang mendapatkan tugas untuk membuat sebuah karya tulis makalah khususnya yang membahas mengenai materi kimia dasar maka anda bisa membaca beberapa tips yang akan diberikan.

Dalam menyusun Makalah Kimia ini seperti pada proses penyusunan karya tulis lainnya anda bisa mempersiapkannya dengan membuat draft terlebih dahulu. Draft makalah ini akan digunakan sebagai panduan dalam melakukan analisis dan penyusunan makalah. Jika anda tidak begitu terbiasa dengan draft maka anda bisa membuat kerangka atau daftar isi makalah terlebih dahulu. Dengan adanya daftar isi tersebut penyusunan makalah akan lebih mudah. Anda bisa melihat contoh daftar isi berikut sebagai gambaran.

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
2. Rumusan Masalah
3. Tujuan
4. Sistematika Penulisan

BAB II ISI
1. Sifat Dasar Larutan
2. Komposisi Larutan
3. Jenis-jenis Larutan
4. Konsentrasi Larutan
5. Kelarutan
6. Sifat Koligatif Larutan

BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

Dari draft atau daftar isi di atas tentu anda bisa melihat dengan jelas bagaimana bentuk dan susunan makalah yang akan anda buat. Selain susunan, dari draft daftar isi tersebut kita bisa mengetahui apa saja materi yang akan di bahas dalam Makalah Kimia Tentang Larutan tersebut. Jadi anda tinggal mulai melakukan analisa dan menyusunnya. Tata urutan yang bisa anda lakukan dalam menyusun karya tulis tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Merumuskan judul (permasalahan yang akan dibahas)
2. Membuat draft (kerangka makalah/daftar isi)
3. Mengumpulkan referensi (rujukan teori)
4. Melakukan analisa
5. Menyusun makalah

Meski telah mendapatkan gambaran bagaimana menyusun makalah tersebut namun mungkin akan lebih jelas jika anda bisa melihat contoh lengkapnya langsung. Bagi anda yang ingin mempelajari langsung secara lengkap Contoh Makalah Kimia Tentang Larutan ini anda bisa melihatnya melalui tautan yang disediakan. Sebelum itu silahkan pelajari beberapa cuplikan materi tentang larutan berikut.

Sifat dasar larutan adalah campuran yang bersifat homogen antara molekul, atom atau pun ion dari dua zat atau lebih. Disebut campuran karena susunannya atau komposisi-nya dapat berubah. Disebut homogen karena susunannya begitu seragam sehingga tidak dapat diamati adanya bagian-bagian yang berlainan, bahkan dengan mikroskop optis sekalipun.

Larutan berdasarkan daya hantar-nya dibagi menjadi dua yaitu larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit. Dan larutan elektrolit dibagi lagi menjadi dua yaitu larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Berdasarkan jenuh atau tidaknya larutan dapat dibagi menjadi 3, yaitu larutan jenuh, larutan tak jenuh, dan larutan kelewat jenuh. Berdasarkan sifat kualitatif, larutan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu larutan pekat dan larutan encer.

Banyaknya zat terlarut (solute) yang melarut dalam pelarut yang banyaknya tertentu untuk menghasilkan suatu larutan jenuh disebut kelarutan (solubility) zat itu. Kelarutan umumnya dinyatakan dalam gram zat terlarut per 100 mL pelarut, atau per 100 gram pelarut pada temperatur yang tertentu. Jika kelarutan zat kurang dari 0,01 gram per 100 gram pelarut, maka zat itu dikatakan tak larut (insoluble). Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan antara lain jenis zat terlarut, jenis pelarut, temperatur, dan tekanan.

Contoh Makalah Kimia Tentang Larutan
Contoh Makalah Kimia Tentang Larutan


Demikianlah tadi satu lagi contoh karya tulis yang bisa anda jadikan sebagai tambahan referensi dan bahan belajar. Silahkan lihat contoh lengkapnya dari link atau tautan yang disediakan. Jangan lupa cek juga beberapa contoh lain yang mungkin anda butuhkan, bisa dilihat di bagian bawah artikel ini. Itu saja, sampai bertemu lagi di contoh karya tulis selanjutnya. Trims