Contoh Makalah Tentang Pengangguran

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Pengangguran - Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kesadaran, karena penyusun dapat menyelesaikan dapat menyelesaikan makalah ini pada waktu yang telah di tentukan dan makalah ini sebagai salah satu tugas matakuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan yang berjudul "Pengangguran".

Judul ini dipilih karena penyusun tertarik dengan masalah pengangguran di Indonesia. Banyak pengangguran tersebar di Indonesia yang sulit untuk mencari lapangan pekerjaan. Penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, sehingga penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca agar pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam proses pembuatan makalah ini, sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dua paragraf di atas merupakan pembukaan atau kata pengantar dari penulis, selanjutnya bagi anda semua baik itu rekan mahasiswa maupun pelajar yang sedang menyusun makalah seperti ini dan membutuhkan banyak bahan maka berikut akan dibahas dan disertakan contoh lengkap dari Makalah Pengangguran tersebut.

Tips Menyusun Makalah Pengangguran

Pertama dan yang paling penting adalah bagaimana menyusun makalah ini. Proses penyusunan makalah tentu sangatlah penting karena sebenarnya selain memperdalam materi yang di bahas menyusun makalah juga bertujuan untuk membekali peserta didik suatu kemampuan dalam mengolah dan menyajikan data secara akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itulah, penting bagi penyusun untuk membuat makalah tersebut dengan proses yang benar dan hasil yang sepadan.

Dalam menyusun karya tulis seperti ini, agar terhindar dari hal yang merugikan ada baiknya anda menerapkan beberapa tips penyusunan yang baik. Beberapa tips dalam menyusun makalah ini yaitu seperti di jelaskan di bawah ini.
1. Oleh dan sajikanlah data secara objektif
2. Sajikan data yang akurat, terbaru dan dapat dipertanggung jawabkan
3. Gunakan tata penulisan baku sesuai kaidah
4. Hindari menjiplak karya orang lain
5. Sertakan referensi yang mendukung dan relevan

Beberapa poin di atas sangat penting untuk diperhatikan oleh seorang penulis makalah karena menyusun makalah bukanlah hanya sekedar menggugurkan perintah atau kewajiban yang ada namun lebih kepada proses belajar yang harus anda ikuti.

Selanjutnya, bagi anda yang masih menemui banyak kesulitan dalam menyusun makalah maka anda bisa mempelajari cara penyusunannya dengan melihat buku panduan penyusunan makalah yang ada. Jika tidak ada, untuk memudahkan anda membuat makalah ini maka anda bisa menggunakan Daftar Isi Makalah Tentang Pengangguran berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pengangguran
2.2 Macam-Macam Pengangguran
2.2.1 Berdasarkan Jam Kerja
2.2.2 Berdasarkan Penyebab Terjadinya
2.3 Berdasarkan Penyebab Terjadinya
2.4 Tingkat Pengangguran Di Indonesia
2.5 Cara Mengatasi Pengangguran
2.6 Dampak Pengangguran Terhadap Ekonomi Masyarakat
2.7 Gerakan Nasional Penanggulangan Pengangguran (GNPP) 
2.8 Kebijakan Pemerintah dalam Mengatasi Pengangguran

BAB III  PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran 

DAFTAR PUSTAKA 

Anda bisa menggunakan daftar isi di atas sebagai acuan atau draft dalam membuat tugas makalah yang diberikan. Secara berurutan anda bisa membuat bagian demi bagian mulai dari halaman judul sampai pada daftar pustaka.

Contoh Makalah Tentang Pengangguran Lengkap

Mungkin ada diantara anda semua yang membutuhkan contoh lengkap karya tulis ini sebagai referensi dan bahan tambahan dalam belajar, untuk itu akan diberikan juga contoh yang bisa anda pelajari di rumah. Namun sebelum itu ada beberapa kutipan atau cuplikan isi dari makalah tersebut yang bisa anda baca sebagai berikut.

Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia adalah masalah pengangguran. Pengangguran yang tinggi berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kemiskinan, kriminalitas dan masalah-masalah sosial politik yang juga semakin meningkat. Dengan jumlah angkatan kerja yang cukup besar, arus migrasi yang terus mengalir, serta dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini, membuat permasalahan tenaga kerja menjadi sangat besar dan kompleks.

Pengangguran terjadi disebabkan antara lain, yaitu karena jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja. Juga kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan pasar kerja.Selain itu juga kurang efektif nya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja.

Fenomena pengangguran juga berkaitan erat dengan terjadinya pemutusan hubungan kerja, yang disebabkan antara lain; perusahaan yang menutup/mengurangi bidang usahanya akibat krisis ekonomi atau keamanan yang kurang kondusif; peraturan yang menghambat inventasi; hambatan dalam proses ekspor impor, dan lain-lain.

Selanjutnya, setelah membaca gambaran dari latar belakang di atas anda bisa mempelajari rumusan masalah yang akan dibahas dan juga tujuan dari penulisan dari makalah ini sebagai berikut.

Rumusan Masalah
a) Apa yang dimaksud dengan pengangguran ?
b) Apa macam-macam dari pengangguran ?
c) Apa penyebab dari pengangguran ?
d) Bagaimana tingkat pengangguran di Indonesia ?
e) Apa dampak pengangguran terhadap ekonomi masyarakat ?
f) Apa upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran ?

Tujuan Pembahasan
a) Untuk mengetahui arti dari pengangguran.
b) Untuk mengetahui macam-macam dari pengangguran.
c) Untuk mengetahui penyebab dari pengangguran.
d) Untuk mengetahui tingkat pengangguran di Indonesia.
e) Untuk mengetahui dampak pengangguran terhadap ekonomi masyarakat.
f) Untuk mengetahui upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

Jangan kaget, tentu saja contoh lengkapnya tidak akan diberikan disini, terlalu panjang.  Bagi anda yang ingin menyalin contohnya bisa membuka tautan atau link yang disediakan. Jangan lupa, gunakanlah contoh tersebut sebagai bahan belajar dan referensi tambahan yang anda butuhkan.

Tak lupa, jika dibutuhkan anda bisa juga membaca beberapa karya tulis makalah lainnya di bagian bawah. Di situs ini sudah banyak sekali makalah yang dibahas baik cara penulisan atau pembuatannya dan juga contoh lengkapnya. Terakhir, jangan lupa bagikan pula Contoh Makalah Tentang Pengangguran ini di media sosial yang anda miliki. Itu saja, terima kasih.