Contoh Proposal Pembangunan Jalan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Salin Contoh Proposal Pembangunan Jalan - Melalui uraian singkat kali ini saya akan mempersilahkan anda untuk menyalin sebuah contoh proposal untuk pembangunan jalan. Contoh ini sangat penting sebagai bahan pembelajaran bagaimana menyusun sebuah proposal atau pun sebagai panduan untuk menyusun proposal yang akan diajukan.

Jenis proposal seperti ini biasanya diajukan oleh orang-orang tertentu yaitu dalam hal ini biasanya pejabat yang berwenang misalnya saja kepala desa dan lainnya. Meski begitu tidak salah juga jika kita belajar bagaimana membuat Proposal Pembangunan Jalan ini untuk belajar. Dengan belajar membuat proposal semacam ini siapa tahu di kemudian hari kita membutuhkan jadi sudah bisa membuatnya sendiri dan tidak perlu bingung.

Dalam membuat jenis proposal ini tentu ada beberapa tips yang bisa kita gunakan agar proposal yang dibuat bisa memenuhi tujuannya. Beberapa tips dalam membuat jenis karya tulis atau proposal ini yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik sesuai tata bahasa baku
2. Gunakan bahasa yang jelas, ringkas dan tidak bertele-tele
3. Gunakan bahasa yang sopan
4. Berikan informasi yang dibutuhkan secara jelas
5. Jangan lupa lihat dan pelajari referensi proposal lain yang sudah disetujui

Hal paling mudah dalam menyusun atau membuat proposal tersebut adalah dengan mencontoh dari proposal yang sebelumnya telah disetujui. Hal ini umum diketahui bahwa dengan melihat yang sudah ada maka proposal yang kita buat pun biasanya akan berhasil meski sebenarnya tidak ada jaminan untuk hal itu.

Cuplikan Isi Proposal Pembangunan 

Supaya sedikit memiliki gambaran, berikut saya sertakan secuil ilustrasi mengenai isi dari proposal pembangunan yang dapat anda semua pelajari. Pada umumnya, proposal akan terdiri dari berbagai bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Berbagai bagian tersebut berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan yang diajukan. Untuk lebih jelas mengenai hal ini silahkan pahami bagian-bagian proposal sebagai berikut.
  1. Pendahuluan; bagian ini akan berisi latar belakang dari proposal yang akan disusun.
  2. Profil Dusun; bagian ini akan memuat informasi mengenai daerah dimana kegiatan proposal ini akan dilaksanakan.
  3. Nama Kegiatan; berisi informasi nama kegiatan yang akan dilaksanakan.
  4. Tujuan; berisi tujuan dari diadakannya kegiatan yang sedang direncanakan.
  5. Sasaran dan Lokasi; berisi sasaran serta detail lokasi dimana kegiatan akan dilaksanakan
  6. Rencana Kunstruksi; akan memuat gambaran informasi mengenai kontruksi yang akan dibangun
  7. Rencana Anggaran Biaya; berisi gambaran pendanaan untuk proposal
  8. Pelaksanaan; berisi tempat, waktu dan tanggal pelaksanaan
  9. Kepanitiaan; berisi informasi mengenai kepanitiaan dalam kegiatan secara lengkap
  10. Penutup; berisi penutup proposal
Hanya dengan melihat berbagai bagian di atas mungkin gambaran yang kita dapat tidak terlalu jelas. Nah, untuk itu sedikit disertakan juga cuplikan dari bagian-bagian di atas. Selengkapnya silahkan baca cuplikan tersebut di bawah ini. Berikut adalah Cuplikan Isi dari proposal ini, silahkan dipelajari.

A. PENDAHULUAN
Dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana linkungan di dusun Kiyudan Selomartani Kalasan Sleman telah banyak ditempuh dengan berbagai terobosan maupun cara dari seluruh partisipasi segenap lapisan masyarakat dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia. Hal tersebut dimaksud sebagai salah satu upaya untuk menuju suatu lingkungan dusun yang lebih berkembang ke arah perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat.

Maka sejalan dengan hal tersebut, dari hasil musyawarah berbagai elemen masyarakat yang ada di dusun Kiyudan, disepakati untuk memprioritaskan pada sektor perhubungan/pembangunan pengerasan dan pengaspalan jalan pada salah satu ruas jalan yang menghubungkan dusun Kiyudan dengan dusun lain untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

B. PROFIL DUSUN
Nama Dusun : Kiyudan
Alamat Dusun : Kiyudan Slomartani Kalasan Sleman
Kepala Dukuh : Bp. Jupriyadi (56 Tahun)

Luas Wilayah :
a. Perkampungan : 50.0000 m2
b. Persawahan : 250.000 m2

Jumlah KK : 127 KK
Jumlah Warga : 400 Jiwa
Mata Pencaharian Warga :
a. PNS : 5 %
b. Swasta : 20 %
c. Petani : 75 %

Salin Contoh Proposal Pembangunan Jalan

Memang idealnya yang namanya contoh tentunya dapat dilihat langsung namun karena keterbatasan maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya karena pada artikel ini tidak dapat disertakan langsung contoh lengkapnya. Semoga saja lain waktu pembahasan ini bisa lebih lengkap lagi. Sementara ini, karena tidak ditampilkan langsung pada uraian ini maka bagi anda yang ingin mempelajari contoh proposal jalan ini dapat langsung menyalin melalui tautan yang ada.

[Salin]

Dengan mempelajari contoh yang ada saya yakin anda tidak akan lagi kesulitan dalam menyusun sebuah proposal khususnya proposal pembangunan jalan. Sampai disini, sampai ketemu pada contoh proposal lainnya hanya di blog contoh karya tulis.