Karya Tulis Makalah Perdagangan Internasional

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Pembahasan mengenai Karya Tulis (Makalah) seperti ini tentu khusus untuk rekan mahasiswa, yang tentunya banyak ditunggu. Kali ini kita akan berbicara tentang Perdagangan Internasional, dalam bentuk sebuah contoh makalah yang bisa dijadikan bahan belajar dan referensi. Sedikit cuplikan isi dan beberapa penjelasan teknis penyusunan akan anda dapatkan disini.

Apa saja yang anda butuhkan saat sampai pada website ini? Apakah anda ingin mencari sumber belajar atau anda hanya ingin langsung mendapatkan contohnya saja? Sabar, diusahakan anda akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat baik itu informasi mengenai cara menyusun karya tulis atau contoh makalah tentang perdagangan internasional. Karena itu ikuti penjelasannya sampai habis ya.

Dalam menyusun makalah seperti ini sebenarnya yang terpenting adalah kemauan dan tekat untuk belajar. Dengan memiliki kemauan dan tekat yang kuat maka akan sangat mudah untuk menyusun tugas yang diberikan tersebut. Tak perlu panjang lebar, bagi anda yang sedang berusaha menyusun makalah ini bisa langsung bersiap-siap. Untuk mudahnya menyusun makalah ini anda harus melakukan persiapan, beberapa persiapan penting yang bisa anda lakukan adalah antara lain sebagai berikut:

1. Mempelajari sistematika penyusunan makalah
2. Mempersiapkan materi, bahan dan referensi
3. Meluangkan waktu untuk melakukan pendalaman materi

Kalau anda sudah paham dengan sistematika penulisan makalah maka secara tidak langsung anda sudah memiliki gambaran bagaimana menyusun makalah tersebut, untuk itu pastikan anda membaca buku panduan penyusunan makalah yang ada.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan materi dan bahan referensi yang dibutuhkan. Langkah ini sangat penting dan akan mendukung ke arah mana informasi yang akan anda berikan dalam makalah tersebut. Setelah itu, jika sudah dirasa cukup dengan berbagai bahan dan referensi yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mendalami materi tersebut. Banyak membaca, dari situ anda bisa menelaah dan menguraikan suatu permasalahan dari sudut pandang materi dan referensi yang anda kumpulkan. Jika anda melakukannya dengan baik maka Makalah tentang Perdagangan Internasional tersebut akan segera bisa disusun dengan cepat dan baik.

Berbicara mengenai perdagangan internasional tentu anda harus tahu sedikit mengenai hal itu. Sebagai gambaran sebelum proses penyusunan sebaiknya anda pelajari cuplikan latar belakang makalah berikut ini.

Dalam konteks perekonomian suatu negara, salah satu wacana yang menonjol adalah mengenai pertumbuhan ekonomi. Meskipun ada juga wacana lain mengenai pengangguran, inflasi atau kenaikan harga barang-barang secara bersamaan, kemiskinan, pemerataan pendapatan dan lain sebagainya. Pertumbuhan ekonomi menjadi penting dalam konteks perekonomian suatu negara karena dapat menjadi salah satu ukuran dari pertumbuhan atau pencapaian perekonomian bangsa tersebut, meskipun tidak bisa dinafikan ukuran-ukuran yang lain. Wijono (2005) menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator kemajuan pembangunan.

Salah satu hal yang dapat dijadikan motor penggerak bagi pertumbuhan adalah perdagangan internasional. Salvatore menyatakan bahwa perdagangan dapat menjadi mesin bagi pertumbuhan ( trade as engine of growth, Salvatore, 2004). Jika aktifitas perdagangan internasional adalah ekspor dan impor, maka salah satu dari komponen tersebut atau kedua-duanya dapat menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan. Tambunan (2005) menyatakan pada awal tahun 1980-an Indonesia menetapkan kebijakan yang berupa export promotion. Dengan demikian, kebijakan tersebut menjadikan ekspor sebagai motor penggerak bagi pertumbuhan.

Ketika perdagangan internasional menjadi pokok bahasan, tentunya perpindahan modal antar negara menjadi bagian yang penting juga untuk dipelajari. Sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Vernon, perpindahan modal khususnya untuk investasi langsung, diawali dengan adanya perdagangan internasional (Appleyard, 2004). Ketika terjadi perdagangan internasional yang berupa ekspor dan impor, akan memunculkan kemungkinan untuk memindahkan tempat produksi.

Peningkatan ukuran pasar yang semakin besar yang ditandai dengan peningkatan impor suatu jenis barang pada suatu negara, akan memunculkan kemungkinan untuk memproduksi barang tersebut di negara importir. Kemungkinan itu didasarkan dengan melihat perbandingan antara biaya produksi di negara eksportir ditambah dengan biaya transportasi dengan biaya yang muncul jika barang tersebut diproduksi di negara importir. Jika biaya produksi di negara eksportir ditambah biaya transportasi lebih besar dari biaya produksi di negara importir, maka investor akan memindahkan lokasi produksinya di negara importir (Appleyard, 2004).

Anda yang sudah mulai menyusun Karya Tulis Makalah Perdagangan Internasional ini bisa mulai menganalisa berbagai materi dan bahan yang akan disajikan. Jika butuh ide mengenai materi apa saja yang bisa dibahas berikut sekilas isi dari contoh yang bisa anda pelajari. Dalam hal ini, karya tulis yang sedang kita bahas akan menguraikan beberapa poin sebagai berikut:

  1. Perdagangan Internasional
  2. Sistem perekonomian
  3. Peranan Perdagangan Internasional dalam Perekonomian

Ingat, semakin fokus suatu makalah maka hasilnya akan semakin bagus baik dari sisi pemahaman penulisnya maupun dari sisi ketajaman argumen yang ada.

Bagi anda yang membutuhkan contoh makalah perdagangan internasional lengkap maka anda bisa menyalin dan mempelajari contohnya di rumah. Contoh tersebut bisa anda lihat dari tautan atau link yang disediakan. Perlu diingat, untuk mendapatkan pengetahuan dari proses penyusunan makalah yang ditugaskan maka hendaknya anda menghindari kegiatan copy paste atau plagiat.

Buatlah tugas anda sendiri sesuai dengan kemampuan, dengan demikian anda akan mendapatkan manfaat darinya. Ya sudah, pembahasan kali ini tidak usah panjang-panjang, anda bisa langsung mempelajari contoh nya saja. Jangan lupa catat alamat website ini. Sekian, terima kasih!