Makalah Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT atas nikmat, rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan salah satu tugas kuliah  yaitu menyelesaikan sebuah makalah yang berjudul "SISTEM HUKUM DAN LEMBAGA PERADILAN".

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing atas segala sumbangsihnya baik yang berupa moral maupun material sehingga tugas ini dapat hadir dikalangan para mahasiswa pada khususnya, semoga allah memberikan pahala yang berlipat ganda amin.

Penulis yakin bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan, pada akhirnya permohonan maaf atas segala keterbatasan, kekurangan dan kesalahan penulis dalam penyusunan makalah ini.

Sesuai dengan kata pengantar yang telah anda baca di awal tadi, pada kesempatan ini website contoh karya tulis kembali hadir untuk membahas salah satu tugas maka kuliah yang banyak di berikan oleh para pengajar baik itu dosen maupun guru yaitu mengenai tugas penyusunan makalah. Makalah yang akan kita bicarakan kali ini adalah makalah untuk mata kuliah hukum yaitu dengan tema Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan. Pada pembahasan ini anda akan diajak untuk mendalami bagaimana tata cara, trik, tips dan kita agar anda bisa lebih mudah dan lancar dalam menyusun tugas yang diberikan tersebut.

Tips Menyusun Makalah yang Mudah

Tidak perlu dijelaskan lagi, makalah adalah sebuah karya tulis yang sifatnya ilmiah. Makalah disusun berdasarkan analisa atau penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap bidang kajian atau tema yang telah disampaikan. Pada karya ini penulis dituntut untuk menyampaikan ide, gagasan dan juga hasil analisa terhadap suatu permasalahan secara objektif dengan di dukung berbagai sumber referensi yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Oleh karena itu, jelas sekali bisa kita lihat bahwa makalah merupakan hasil dari kegiatan penulis (peneliti) bukanlah hasil dari kegiatan copy paste atau penjiplakan. Untuk itulah jika anda mendapatkan tugas seperti ini anda bisa belajar dari tips menyusun makalah yang baik dan benar dan juga mempelajari beberapa kiat penyusunannya.

Jika anda mau sedikit berusaha, menyusun Makalah Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan ini bukanlah perkara yang mustahil, anda bisa dengan mudah melakukannya jika tahu caranya. Agar lebih mudah dalam penyusunan makalah ini anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tentukan dulu inti pembahasannya
2. Tentukan materi-materi yang akan di bahas
3. Cari dan kumpulkan materi yang relevan sebagai acuan / rujukan
4. Baca dan analisa materi yang di dapat
5. Jabarkan apa yang anda dapatkan dari analisa data tersebut
6. Tulis makalah sesuai draft

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk lebih mudah dalam menyusun tugas yang anda miliki. Secara urut, langkah di atas akan membimbing anda menyusun makalah yang dibutuhkan sampai pada tahap akhir yaitu penulisan. Untuk penulisan, anda bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu seperti contoh pada daftar isi berikut ini.

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Makalah

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Hukum
2.2 Sistem Peradilan Nasioanal
2.3 Peranan Lembaga-Lembaga Peradilan

BAB III Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran-Saran

DAFTAR PUSTAKA

Coba kita lihat draft daftar isi di atas, dari daftar isi tersebut jelas sekali dapat kita lihat apa saja yang akan di bahas dalam makalah yang akan kita buat. Dengan menggunakan draft tersebut langkah kerja yang akan kita lakukan bisa sistematis dan runut sesuai dengan langkah yang ada. Selanjutnya kita bisa menulis makalah tersebut sesuai dengan urutan daftar isi di atas yaitu pertama dari halaman judul (cover), kata pengantar, daftar isi dan seterusnya sampai selesai.

Contoh Makalah Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai karya tulis yang sedang kita bahas ini berikut akan disertakan sedikit cuplikan dari isi makalahnya. Cuplikan ini terdiri dari contoh rumusan masalah, tujuan dan juga sedikit mengenai latar belakang dan isi. Selengkapnya, silahkan pelajari di bawah ini.

Rumusan Masalah
Dalam makalah ini penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
a. Pengertian Hukum
b. System peradilan nasional
c. Peranan Lembaga-Lembaga peradilan

Tujuan Makalah 
Dengan adanya makalah ini, para mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami hal-hal di bawah ini:
a. Mengetahui Pengertian Hukum
b. Mengetahui System peradilan nasional
c. Mengetahui Peranan Lembaga-Lembaga peradilan

Hukum adalah sekumpulan peraturan yang terdiri dari perintah dan larangan yang bersifat memaksa dan mengikat dengan disertai sanksi bagi pelanggarnya yang bertujuan untuk mengatur ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat. Untuk mencapai ketenteraman dan ketertiban dalam masyarakat dibutuhkan sikap masyarakat yang sadar hukum. Selain masyarakat pemerintah pun juga harus sadar hukum. Maka tercapai lah ketenteraman dan ketertiban itu. Untuk mengantisipasi berbagai pelanggaran hukum yang terjadi maka di Indonesia telah ada berbagai macam Pengadilan. Dari yang mengadili masyarakat sampai dengan pemerintah dan para pejabat.

Yang dimaksud Peradilan Agama adalah pengadilan agama Islam. Pengadilan Agama terdapat di setiap ibu kota Kabupaten. Pengadilan Tinggi Agama berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi. Susunan Pengadilan Agama terdiri dari Pimpinan, Hakim, Hakim Anggota, Panitera, Sekretaris, dan Juru Sita. Sedangkan susunan PENGADILAN Tinggi Agama terdiri dari Pimpinan, Hakim Anggota, Panitera, dan Sekretaris. Tugas dan wewenang Pengadilan Agama adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam

Peradilan Tata Usaha Negara adalah salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan terhadap sengketa tata usaha Negara. Sengketa tata usaha negara adalah sengketa yang timbul dalam tata usaha negara antara orang /badan hukum perdata dengan badan / pejabat tata usaha negara baik di pusat maupun daerah. Dan yang dimaksud dengan tata usaha 

Negara adalah administrasi Negara yang melaksanakan fungsi untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan baik di pusat maupun daerah.Pengadilan tata usaha Negara merupakan pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tinggi tata usaha negara merupakan pengadilan tingkat banding.

Makalah Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan

Setelah membaca penjelasan dan cuplikan di atas, mungkin ada diantara anda yang masih membutuhkan contoh yang lengkap untuk makalah ini. Jika memang di butuhkan anda bisa menyalin contoh lengkapnya dari tautan yang disertakan. Perlu di catat bahwa contoh yang disertakan hanya diperuntukkan sebagai bahan belajar dan referensi saja. Jadi silahkan disalin dan dipelajari.