Contoh Makalah Pelanggaran Etika Bisnis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Rasa syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini, untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Etika Bisnis dengan tema "Pelanggaran Etika Bisnis". Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat berguna bagi kami dalam memenuhi tugas mata kuliah yang telah diberikan. Dan dengan tersusunnya makalah ini diharapkan juga bisa menjadi pedoman bagi yang membaca.

Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha dengan segenap kemampuan, sebagai pemula tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kritik dan saran-saran anda kami butuhkan agar makalah ini menjadi lebih baik dan digunakan sebagaimana fungsinya.

Melalui kesempatan yang sangat berharga ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini, terutama kepada yang terhormat dosen Etika Bisnis. Serta Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam kesempatan ini, yang telah memberikan bantuan moral dan materiil dalam proses penyelesaian makalah ini. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya

Sesuai dengan pembukaan atau kata pengantar yang ada pada beberapa paragraf di atas, contoh karya tulis kali ini akan membahas seputar makalah tentang ekonomi bisnis dengan tema seperti yang telah disetujui di atas. Dalam uraian ini akan dibahas tuntas mengenai contoh dan juga tips menyusun makalah agar cepat selesai dan lebih mudah.

Cara Mudah Membuat Makalah Etika Bisnis

Kali ini kita sepakat bahwa yang akan kita bahas adalah mengenai sebuah kasus yang terjadi yang berkaitan dengan etika bisnis. Untuk pembahasan yang pertama kita akan membahas berbagai kiat dan cara mudah dalam menyusun makalah dengan tema tersebut. 

Makalah ini memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan pengetahuan yang kita miliki, untuk itulah kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan tugas yang diberikan tersebut. Dalam menyusun makalah, kebanyakan penyusun terjebak pada informasi-informasi usang yang asal diambil dari berbagai sumber. Kondisi tersebut akan sangat berpengaruh pada pengetahuan yang akan kita dapat melalui kegiatan penyusunan tugas yang diberikan tersebut. Untuk itulah disini kita akan membuat suatu karya tulis yang tidak seperti itu, kita akan membuat sebuah tulisan yang memiliki ide segar, data otentik dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jika anda ingin menyusun makalah ini dengan baik dan benar maka ada beberapa syarat yang harus anda penuhi yaitu:

1. Anda hanya menuangkan ide-ide dan gagasan anda sendiri, tidak menjiplak
2. Anda akan melengkapi tulisan anda dengan data terbaru, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan
3. Anda mencantumkan semua sumber yang anda kutip (membuat kutipan yang benar)
4. Anda menyusun makalah tersebut sesuai kaidah yang ada

Dengan memperhatikan empat hal di atas anda bisa dengan mudah membuat sebuah karya tulis yang lebih berbobot dan bisa diuji kebenarannya.

Selain itu, untuk anda rekan mahasiswa yang memiliki begitu banyak kegiatan dan tugas mungkin anda perlu juga menerapkan beberapa tips dalam penyusunan makalah yang ditugaskan. Dengan mengetahui berbagai tips dan kiat penyusunan makalah akan sangat mungkin bagi anda untuk mengerjakan penyusunan makalah tersebut secara lebih efektif dan efisien.

Untuk menyusun makalah dengan mudah dan cepat ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu antara lain seperti di bawah ini:

- Membahas sesuai dengan masalah yang diangkat
- Menyusun makalah secara sistematis

Hal yang kadang membuat penyusunan makalah berjalan lambat adalah karena materi yang di bahas terlalu melebar dan terlalu luas sehingga penyusun jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu, jika telah ditetapkan tema nya maka sebaiknya anda memilih sub tema yang lebih fokus.

Yang kedua adalah mengenai sistem penyusunan dan penulisan, dalam menyusun makalah hendaknya anda melakukannya secara sistematis, urut. Hal ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membuat suatu kerangka makalah atau misalnya seperti daftar isi. Kerangka atau daftar isi tersebut akan kita jadikan pedoman dalam penyusunan-nya. Untuk makalah yang sedang kita bahas, anda bisa membuat draft atau kerangka makalah seperti daftar isi berikut.

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Masalah
I.2. Rumusan Masalah
I.3. Tujuan Makalah
I.4. Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI

BAB III PEMBAHASAN

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

Agar efektif dan efisien maka anda seharusnya menyusun karya tulis tersebut sesuai pada urutan daftar isi di atas. Pertama anda membuat cover-nya, kata pengantar dan seterusnya. Jika kesulitan, anda bisa mempelajari langsung contoh yang nanti akan diberikan.

Contoh Makalah Tentang Pelanggaran Etika Bisnis

Akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme pasar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar.

Pelanggaran etik bisnis di perusahaan memang banyak, tetapi upaya untuk menegakkan etik perlu digalakkan. Misalkan, perusahaan tidak perlu berbuat curang untuk meraih kemenangan dan keuntungan,agar tidak terjadi pelanggaran etika berbisnis, atau pun melanggar peraturan yang berlaku. Pelanggaran etika bisnis yang akan dibahas adalah "Kasus Indomie Berbahaya Terindikasi Perang Dagang"

Dua penggal paragraf di atas adalah cuplikan yang diambil dari Contoh Makalah yang sedang kita bahas. Dari paragraf di atas kita tahu bahwa makalah ini membahas mengenai sebuah kasus yang berkaitan dengan etika bisnis.

Bagi anda semua yang masih kurang begitu paham dengan cara membuat makalah seperti ini anda bisa mempelajari contoh yang akan disiapkan khusus untuk anda. Contoh akan diberikan secara lengkap dan bisa anda pelajari di rumah. Untuk mendapatkan contoh yang dimaksud anda bisa membuka link yang nanti disediakan.

Contoh Makalah Pelanggaran Etika Bisnis

Jika anda mau, anda bisa menggunakan contoh daftar isi di atas untuk penyusunan makalah yang sedang anda lakukan. Anda bisa mengumpulkan materi sesuai pada daftar isi tersebut dan kemudian mendalami dan menjabarkannya dalam makalah anda. Itu saja, semoga dengan adanya pembahasan ini anda semua bisa terbantu.