Kumpulan Contoh Daftar Isi Makalah Terlengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Dalam penyusunan terkadang kita membutuhkan Contoh Daftar Isi Makalah yang sesuai dengan tema atau pembahasan yang diambil. Untuk anda yang sedang membutuhkan referensi seperti itu berikut kita akan membahas beberapa daftar isi yang bisa digunakan sebagai bahan belajar dan juga referensi tambahan. Menyusun halaman ini sebenarnya mudah, tapi anda tetap harus tahu bentuk dan teknik penulisan halaman tersebut.

Tidak berbeda jauh dengan halaman cover dan bagian lainnya, Daftar Isi Makalah juga menggunakan tata bahasa yang baku baik dari kata, kalimat dan juga penulisannya. Anda tidak bisa menggunakan bahasa gaul dan menuliskan kalimat semaunya tapi harus sesuai dengan kaidah penulisan yang ada. Untuk mempermudah pembuatan halaman ini anda bisa menggunakan beberapa tips dan kiat penulisan yang akan disampaikan. 

Yang terpenting dari bagian ini adalah posisi pembuatan di buat pada awal proses jadi bisa digunakan dan berfungsi juga sebagai kerangka atau draft makalah. Kalau kerangka atau draft bisa ditulis seadanya, bagian daftar isi akan anda buat secara lengkap mulai dari awal sampai akhir. Hal yang perlu diingat dalam penulisannya adalah sebagai berikut:
  • Daftar isi di beri nomor pada masing-masing bagian
  • Penomoran halaman awal dibedakan dengan halaman isi yaitu nomor romawi dan angka biasa
  • Nomor pada halaman bab tidak dicantumkan (ditulis) atau bisa sesuai dengan panduan yang ada
  • Bagian setelah penutup tidak diberi nomor halaman, jika diberi maka urutannya melanjutkan nomor dari halaman depan

Beberapa catatan di atas adalah contoh panduan atau tata cara penulisan dalam makalah khususnya untuk bagian daftar isi. Aturan tersebut bisa saja berbeda satu sama lain jadi pastikan anda membaca buku pedoman penyusunan yang diberikan. 

Contoh Daftar Isi Makalah Sederhana

Kata "makalah sederhana" disini digunakan untuk membedakan karya tulis atau makalah dengan tema lebih kompleks yang biasanya disusun oleh rekan mahasiswa. Sebenarnya tidak ada istilah seperti itu jadi tidak ada bedanya antara makalah yang kompleks dan sederhana khususnya dalam aturan penulisan.

Contoh pada bagian ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai bahan belajar dan contoh khususnya untuk adik-adik pelajar yang baru mulai belajar membuat makalah. Agar tidak terlalu pusing dan agar bisa menyerap dan belajar lebih dalam mengenai penyusunan makalah khususnya berkaitan dengan halaman daftar isi makalah tersebut. Nah, untuk yang membutuhkan contoh sederhana tersebut silahkan baca satu yang akan disertakan di bawah ini.

Kumpulan Contoh Daftar Isi Makalah Terlengkap
Daftar Isi Makalah Sederhana

Pada contoh yang anda lihat di gambar di atas satu yang ter-lewat yaitu penulisan nomor halaman pada bagian bawah tengah. Seharusnya pada halaman tersebut ada nomor halamannya yaitu nomor romawi (iii). Dikatakan sederhana karena pada contoh di atas jelas sekali terlihat tidak ada halaman kata pengantar, halaman pengesahan dan lainnya yang biasanya ditulis juga dalam sebuah makalah. 

Selanjutnya, untuk gambaran yang lebih jelas anda bisa mencari contoh-contoh lain yang juga sudah diberikan dan dibahas menyatu dengan berbagai contoh makalah terdahulu. Anda bisa melihat dan mempelajarinya di bagian akhir tulisan ini. 

Contoh Daftar Isi Makalah Lengkap dan Panjang

Setelah anda melihat contoh atau bentuk dari Contoh Daftar Isi Makalah di atas jika anda masih merasa kurang jelas anda bisa melihat juga satu contoh lain yang sudah disiapkan di bawah ini. Daftar isi yang ada di bawah ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan yang di atas. Yang membedakan yaitu pada contoh tersebut lebih lengkap bagian-bagiannya. Selengkapnya silahkan lihat contohnya berikut.

Kumpulan Contoh Daftar Isi Makalah Terlengkap
Contoh Daftar Isi Makalah Lengkap

Bisa anda lihat perbedaan antara contoh yang pertama dan yang kedua di atas. Untuk contoh kedua, pada bagian awal saja sudah ada beberapa halaman yang tidak dicantumkan, bagian awal pada contoh terakhir tersebut yaitu:

- Halaman judul
- Halaman persetujuan
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Abstrak

Setidaknya ada halaman persetujuan dan juga halaman abstrak yang membedakan dua contoh di atas. Nah, sekarang anda sudah bisa membandingkan dan memiliki gambaran dengan dua Contoh Daftar Isi Makalah tersebut. Semoga dengan adanya dua contoh tersebut sekarang anda bisa lebih paham dan lebih mudah dalam membuat daftar isi yang di butuhkan. 

Untuk memastikan anda benar-benar memahami bagaimana menyusun halaman tersebut anda bisa melihat berbagai koleksi atau kumpulan contoh lainnya di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga sedikit dari saya kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Trims.