Judul Karya Tulis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Selanjutnya kita akan membahas tentang Judul Karya Tulis dimana pembahasan akan memperjelas mengenai teknik pemilihan atau perumusan judul, contoh judul, dan penulisan. Selain beberapa hal tersebut uraian ini juga akan membahas mengenai kesalahan penulisan judul karya tulis. Lebih rinci, diharapkan berbagai kebutuhan kita untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang baik bisa tercapai.

Judul karya tulis adalah gambaran permasalahan yang akan diteliti, yang akan dibahas secara mendalam dalam karya ilmiah yang akan kita buat. Judul ini adalah perwujudan dari masalah yang akan diangkat dalam karya tersebut, jadi dari judul kita bisa mendapatkan gambaran isi karya tulis. 

Kalau kita membuat karya tulis lalu kapan judul tersebut dibuat, di awal atau di akhir? Tentu saja di awal, pertama kita merumuskan masalah apa yang akan diangkat, setelah itu kita merumuskan judul yang sesuai baru setelahnya melakukan penelitian dan penulisan karya tulis. Prosesnya seperti apa dalam menentukan atau membuat judul tersebut?

Cara Membuat Judul Karya Tulis
Judul di buat setelah penulis mendapatkan ide untuk masalah yang akan dibahas atau diteliti dalam sebuah karya tulis. Judul ini di buat pertama kali sebelum bagian-bagian lainnya di tulis. Judul tersebut akan memuat atau memberikan informasi akan apa yang ada dalam karya yang akan dibuat.

Jika diperhatikan, judul karya tulis ini akan menggambarkan keseluruhan isi dari karya yang akan kita buat, sebagai gambaran coba perhatikan beberapa contoh judul yang ada di bawah ini:
  1. Analisis Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Isi Ulang.
  2. Pentingnya Pendidikan Politik Dikalangan Pelajar Sma Sebagai Pemilih Pemula Pada Pemilu 2014
  3. Analisis Dampak Penggunaan Bahasa Alay Pada saat Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas
  4. Pengaruh Efektivitas Diklat Guru terhadap hasil Pembelajaran Siswa
  5. Analisis Pengaruh Belajar Kelompok Terhadap Nilai Siswa 
Di atas adalah contoh judul untuk karya tulis, sekarang mari kita bahas mengenai langkah menentukan atau membuat judul tersebut. Pertama kali, jika kita ingin membuat judul maka kita bisa mengikuti cara atau langkah di bawah ini:

1. Menentukan masalah yang akan dibahas
2. Merumuskan judul 
3. Merumuskan kalimat judul yang efektif dan sesuai
4. Menulis judul sesuai tatanan penulisan

Tahapan di atas hanya sebagai alternatif atau gambaran bagaimana proses pembuatan judul yang biasanya dilakukan oleh para penulis dalam hal ini siswa dan mahasiswa. Jadi perlu diingat lagi bahwa judul di buat di awal sebelum bab lain seperti bab I atau Bab 2 Pembahasan suatu karya.

Penulisan Judul Karya Tulis
Yang biasanya cenderung diabaikan atau dilupakan oleh penulis biasanya berkenaan dengan penulisan judul tersebut. Perlu diingat bahwa penulisan untuk judul tentunya akan berpedoman pada kaidah bahasa Indonesia khususnya untuk penulisan judul.

Sebagai gambaran bagaimana cara menulis judul, kita perlu menerapkan aturan yang ada yaitu, judul karya tulis ilmiah atau karya tulis dengan aturan sebagai berikut:

  1. Semua huruf dalam judul ditulis dengan huruf kapital
  2. Huruf pertama kata dalam judul ditulis huruf kapital. Akan tetapi, kata depan dan kata penghubung ditulis dengan huruf pertama huruf kecil seperti kata di, ke, dari, pada, dalam, terhadap, dengan, sebagai, atau untuk
  3. Judul yang berupa kata ulang utuh ditulis dengan diawali huruf kapital
  4. Judul yang berupa kata berimbuhan diawali dengan huruf kapital untuk kata pertama pada kata ulang. Kata keduanya diawali dengan huruf kecil.

Untuk gambaran bagaimana sebenarnya penulisan judul karya tulis tersebut perhatikan juga beberapa kesalahan yang umum dilakukan dalam penulisan judul. Contoh kesalahan penulisan pada judul antara lain sebagai berikut:
  • KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEHARI-HARI (seharusnya ditulis: Kebersihan Lingkungan Sehari-hari).
  • HiNdaRI NaRkoba (seharusnya ditulis: Hindari Nakoba).
  • BAHAYA OBAT-OBATAN NARKOBA (seharusnya ditulis: Bahaya Narkoba)
  • jagalah kebersihan lingkunganmu (seharusnya ditulis: Jagalah Kebersihan Lingkunganmu).
  • Narkoba Merusak Masa depan anak Muda (seharusnya ditulis: Narkoba Merusak Masa Depan Anak Muda).
  • jAuhi NARKOBA (seharusnya ditulis: Jauhi Narkoba).
  • Kebersihan Di Dalam Lingkungan (Seharusnya ditulis: Kebersihan di Dalam Lingkungan atau Kebersihan Lingkungan)

Nah, mudah-mudahan dengan adanya sedikit pembahasan mengenai Judul Karya Tulis ini penyusunan dan penulisan karya tulis atau karya ilmiah yang sedang kita lakukan bisa lebih lancar dan lebih sukses dan berjalan dengan cepat. Itu saja, semoga bermanfaat