Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat - Yang akan kita kupas tuntas kali ini adalah sebuah pembahasan mengenai problematika pendidikan islam khususnya yang berkaitan dengan dinamika masyarakat. Pembahasan bukan dalam bentuk uraian detail mengenai hal tersebut tetapi lebih ke contoh makalah yang biasanya ditugaskan oleh para dosen pengajar. Yang akan dibahas yaitu mengenai bagaimana cara menyusun Makalah Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat tersebut.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini saya akan meluruskan sedikit mengenai isi dari pembahasan ini. Seperti di singgung di awal pembahasan ini akan fokus pada bagaimana proses penyusunan makalah yang membahas tema tersebut. Jadi disini tidak akan ada materi makalah tentang Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat secara lengkap atau pun contoh makalahnya. Yang akan dibahas hanya pada bagaimana teknik atau tips menyusun makalah dengan tema tersebut.

Gambarannya, dalam uraian ini akan dijelaskan dua hal penting berkaitan dengan makalah tersebut. Yang pertama adalah bagaimana cara menyusun makalah tersebut dan yang kedua adalah contoh kerangka atau draft makalah. Jadi diharapkan dengan adanya uraian ini kita semua dapat lebih mudah dalam menyusun tugas yang diberikan. 

Cara Menyusun Makalah Problema Pendidikan Islam

Pendidikan adalah proses mempersiapkan masa depan anak didik dalam mencapai tujuan hidup secara efektif dan efisien. Sedangkan Pendidikan Islam menurut para tokoh ialah sebagai berikut. Pertama, menurut Ahmadi mendefinisikan Pendidikan Islam adalah segala usaha untuk memelihara fitrah manusia serta sumber daya insani yang ada padanya menuju terbentuknya manusia seutuhnya (insan kamil) yang sesuai dengan norma Islam. 

Kedua, menurut Syekh Musthafa Al-Ghulayani memaknai pendidikan adalah menanamkan akhlak mulia dalam jiwa murid serta menyiraminya dengan petunjuk dan nasehat, sehingga menjadi kecenderungan jiwa yang membuahkan keutamaan kebaikan serta cinta belajar yang berguna bagi tanah air.


Dalam definisi diatas terlihat jelas bahwa pendidikan Islam itu membimbing anak didik dalam perkembangan dirinya, baik jasmani maupun rohani menuju terbentuknya kepribadian yang utama pada anak didik nantinya yang didasarkan pada hukum-hukum islam.

Tidak berbeda dengan penyusunan makalah lain, dalam menyusun makalah ini kita juga akan menggunakan langkah-langkah khusus. Langkah-langkah tersebut disusun agar proses pembuatan makalah dapat berjalan tepat waktu dengan hasil yang maksimal. Tanpa mengurangi proses dan esensi belajar kita dapat menggunakan atau menerapkan beberapa tips dalam menyusunnya.

Cara yang paling banyak digunakan oleh penyusun biasanya adalah dengan mempelajari dan merujuk pada makalah serupa yang telah lebih dulu disusun. Namun cara ini terkadang membuat kita lalai dan lebih suka mencontek dan berbuat yang merugikan kita sendiri. Untuk menghindari hal itu kita bisa menyusun langkah pembuatan makalah ini sendiri. Sebagai contoh kita dapat menyusun makalah ini dengan mengikuti tahapan berikut.

1. Menyiapkan bahan kajian (materi)
2. Mempelajari dan mendalami bahan kajian
3. Merumuskan kerangka makalah sebagai acuan penulisan selanjutnya
4. Menyusun makalah berdasarkan pemikiran dan pemahaman kita terhadap tema tersebut
5. Mencari penguat argumen dengan meletakkan kutipan yang diperlukan
6. Membaca ulang dan melakukan revisi

Dengan mengikuti langkah tertentu dalam membuat suatu makalah maka sistem kerja kita akan lebih teratur. Selain itu kita tidak perlu bingung dan menerka-nerka apa saja yang harus dilakukan. Kita juga dapat melakukan langkah penulisan sesuai tahapan dengan harapan tidak akan ada hal yang terlewat. 

Perlu diingat, langkah di atas tentunya hanya merupakan gambaran atau contoh semata. Dalam praktek-nya kita tetap bisa menggunakan langkah kerja yang kita susun sendiri. Intinya adalah kita dapat bekerja sesuai alur dan lebih mudah dan lebih jelas. 

Contoh Kerangka Makalah Problema Pendidikan Islam

Untuk kerangka makalah, seperti biasa kita dapat membuat kerangka kasar dari isi makalah yang  akan kita buat. Atau kita juga dapat membuat kerangka ini dalam bentuk daftar isi sehingga pekerjaan kita bisa lebih efektif. Setelah memiliki kerangka tersebut kita bisa lebih mudah dalam melakukan penulisan makalah yang sedang di buat.

Kerangka makalah seperti ini fungsinya sangat penting dalam proses penyusunan karya tulis. Dengan adanya kerangka maka kerja kita bisa lebih efektif, teratur dan lebih mudah. Namun jika kita memang sudah terbiasa dalam proses pembuatan karya tulis maka kita juga bisa menyusunnya langsung tanpa harus membuat kerangka atau draft terlebih dahulu.

Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat

Di atas adalah contoh daftar isi yang akan kita gunakan sebagai kerangka untuk panduan kita dalam menyusun makalah ini. Dari draft kerangka di atas jelas sekali bahwa pembahasan inti yang akan ada dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Pendidikan Islam
2. Dasar-dasar Pendidikan Islam
3. Tujuan Pendidikan Islam

4. Problematika Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat

Jadi intinya kita akan membahas beberapa hal yaitu mulai dari pengertian pendidikan islam, dasar, tujuan sampai dengan inti permasalahan pada makalah ini. Dari situ kita bisa tahu apa saja materi yang harus disiapkan dan dipahami dan mana dulu bagian yang harus dikerjakan pertama kali. Kalau kita terbiasa dengan menyusun makalah dengan metode ini maka langkah kerja kita akan lebih efektif dan mudah.

Selebihnya semua akan tergantung dari penulis atau penyusun masing-masing. Maka dari itu bagus tidaknya makalah yang dibuat tentu akan tergantung pada kemampuan kita. Itu saja, mudah-mudahan sedikit referensi mengenai Makalah Problema Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat ini dapat mempermudah pekerjaan kita.