Download Contoh Makalah tentang Tari Tanggai

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Pokoknya kalau berbicara mengenai makalah maka yang berbeda itu hanya pada bagian isinya saja. Dalam arti, sistematika penulisan makalah itu kan memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Untuk makalah tentang kesenian tari tanggai pun demikian, tidak berbeda jauh.

Mulai dari bagian awal yang terdiri dari cover, pengantar dan daftar isi pun tidak berbeda dengan makalah sekolah lainnya. Halaman judul atau cover adalah halaman awal yang menerangkan keterangan berupa judul, nama pengarang, nama guru, logo, nama sekolah, dan program studi.

Halaman ini adalah muka atau awalan sebelum hingga pembaca membuka makalah tersebut dan membaca isinya. Isinya sama saja bukan dengan cover makalah lainnya? Ya memang begitu.

Pada bagian ke-2 penulis menuliskan sebuah kata pengantar pada halaman ke-2 ini. Yang mana penulis menulisakan sebuah kata-kata berupa ucapan terima kasih dan sebuah ucapan syukur kepada orang terdekat dan dosen. Tidak aa patokan jumlah kata dalam kata pengantar ini.

Pada bagian daftar isi, penulis menuliskan sebuah keterangan berupa sub-sub judul yang ada pada makalah tersebut dengan sebuah keterangan halaman di depan sub judul tersebut. Yang mana nomer dan judul pada halaman ditulis secara berurutan sesuai dengan isi yang tertera pada makalah.

1) BAB I Pendahuluan

Setelah berbagai halaman di atas kita buat maka kita mulai ke bab satu yaitu bab pendahuluan. Pada bab pendahuluan ini ada beberapa hal yang harus dibahas yaitu latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisan.

Pada bagian latar belakang dituliskan sebuah keterangan latar belakang dair pada isi/judul dari makalah. Yang tujuannnya adalah sebuah pendahuluan untuk mrefleksikan pikiran para pembacannya sebelum pembaca tersebut membuka kepada bagian isi dari makalah.

Pada bagian rumusan masalah diberikan sebuah keterangan berupa rumusan masalah dari pada isi yang akan disampaikan. Rumusan masalah ini berbentuk sebuah kalimat pertanyaan yang dikemas dengan singkat padat dan jelas.

Berikut contoh dari pada rumusan masalah untuk makalah tari yang akan kita buat yaitu Bagaimana sejarah tari tanggai, Bagaimana ragam gerak tari tanggai, Bagaimana tujuan tari tanggai, Bagaimana musik pengiring tari tanggai, dan Bagaimana busana tari tanggai.

Sedangkan untuk bagian tujuan penulisan dituliskan dengan sebuah keterangan dengan sebuah kalimat jawaban dari pada pertanyaan rumusan masalah. Yang mana meliputi sebuah kalimat sebagai berikut untuk mengetahui sejarah tari tanggai, untuk mengetahui ragam gerak tari tanggai, untuk mengetahui tujuan tari tanggai, untuk mengetahui musik pengiring tari tanggai, dan untuk mengetahui busana tari tanggai.

2) BAB II Pembahasan

Pada bagian pembahasan sudah mulai diterangkan isi dari pada makalah tersebut. Yang mana meliputi sebuah keterangan berupa pembahasan-pembahasan yang diikuti dengan sub-sub judul pada setiap pembahasannya.

Berikut sebuah contoh kalimat yang bisa dijadikan sub judul pada tema,” Tari Tanggai”. Yang antara lain sejarah asal usul tari, ragam gerak, tujuan tari, musik pengiring tari, dan juga busana tari yang digunakan.

Gambarannya, untuk membuat bab 2 ini kita bisa mencari informasi di internet tentang tema-tema pembahasan tersebut. Misalnya, di sub judul pertama kita mencari bagaimana sejarah tari tanggai. Kemudian, sub judul kedua kita mencari dan menjelaskan tentang ragam gerak tari tersebut.

Bagian sub judul berikutnya bisa diberikan informasi mengenai tujuan dan kegunaan tari. Selain itu bisa ditambahkan juga tentang bagaimana musik pengiring yang digunakan dan juga bagaimana ragam gerak tari tersebut.

3) BAB III Penutup

Kalau bab dua sudah selesai maka pekerjaan kita sudah hampir selesai karena kita tinggal menyelesaikan bab penutup saja. Masih ingat bukan isi dari bab ketiga tersebut? Ya, bab ini hanya terdiri dari dua bagian yaitu simpulan dan saran.

Sudah berkali-kali kita jelaskan, pada bagian kesimpulan menerangkan sebuah keterangan berupa kesimpulan yang di dapat dari isi makalah tersebut. Yang mana bahasan yang sudah dibahas secara panjang lebar di bagian isi di ringkas dan diambil poin pentingnya dan dimasukan pada sub judul kesimpulan ini.

Untuk bagian sub judul saran, anda bisa memberi sebuah keterangan berupa ketrangan keinginan untuk meminta saran dari penulis, atau sebuah saran dari penulis untuk ara pembacanya. Dan saran tersebut diletakan pada sub judul ini.