Contoh Laporan Hasil Observasi tentang Ukhuwah Islamiyah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Ada yang sedang mencari contoh laporan hasil observasi? Kebetulan, kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai laporan observasi. Tentu, bukan hanya sekedar contoh, yang akan kita dalami adalah bagaimana susunan dan sistematika penulisan dari sebuah laporan tersebut.

Laporan yang akan kita bahas ini judulnya yaitu “Peranan Masjid Istiqlal Jakarta Terhadap Ukhumiah Islamiyah di Indonesia”. Sudah tahu bagaimana bentuk dari laporan yang akan kita buat tersebut? Kalau belum mari kita bahas satu persatu.

Hampir sama dengan makalah atau karya tulis lainnya, pada laporan ini juga ada beberapa halaman awal yang harus disusun. Namun pada laporan ini akan lebih resmi sehingga halaman awal tersebut cukup banyak.

Bukan hanya kata pengantar dan daftar isi, untuk laporan observasi ini akan disusun dengan beberapa halaman awal lain yaitu motto, daftar riwayat hidup dan juga halaman pengesahan. Secara urut mari kita bahas satu persatu bagian awal tersebut.

Halaman judul menerangkan sebuah keterangan brupa judul dari makalah ini sendiri. Adapun keterangan yang lain juga tidak boleh ketinggalan untuk dicantumkan pada halaman judul ini, yang meliputi sebuah nama sekolah, nama dosen pengampu, logo sekolah, program studi, dan mata pelajaran/mata kuliah.

Pada halaman pengesahan ini terlampirkan sebuah tanda tangan pengarang dan dosen pengampu/guru yang bersangkutan. Halaman ini adalah halaman berupa bukti pengesahan karya tulis yang sudah diambil dengan cara hsil observasi.

Pada bagian halaman moto, tidak banyak keterangan yang diletakan, karena halaman ini hanya menyangkut keterangan moto dari penulisnya. Dengand demikian kalimat tersebut bisa pendek atau sedang. Tetapi kebanyakan moto adalah dengan kalimat yang pendek, yang mempunyai sebuah pengertian yang cukup jelas, singkat, padat.

Pada bagian halaman ini menerangkan sebuah halaman yang berisi tentang riwayat hidup penulisnya. Yang mana biasanya meliputi, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan yang lainnya. Daftar riwayat hidup ini bisa dikatakan sebuah keterangan yang berkaitan dengan biografi dari pengarangnya.

Pada bagian kata pengatar diberi sebuah keterangan mengenai ucapan syukur dan ucapan terima kasih dari penulis. Yang mana lahirnya karya tulis inilah yang menjadi alasan dilontarkan ucapan trimaksih dan ucapan syukur.

Untuk daftar isi menerangkan sebuah keterangan mengenai isi sub judul yang berbentuk daftar. Daftar tersebut diukuti dengan sebuah nomer dan halaman yang ada pada makalah tersebut. Hal ini akan memudahkan pembacannya untuk bisa dengan leluasa mencari halaman yang diinginkan dengan cepat.

1) BAB I Pendahuluan

Sama dengan karya tulis lainnya, laporan ini juga akan membuat latar belakang, tujuan dan manfaat penulisan. Selain itu pada bab satu laporan ini juga akan dibahas mengenai sumber data dan batasan pembahasan yang digunakan. Seperti apa masing-masing sub judul bab ke-1 tersebut?

Latar belakan masalah adalah menyangkut sebuah keterangan tentang sebuah pernyataan berupa asumsi dari penulis, atau asumsi berdasarkan dari pada kehidupan atau ralitas secara nayata. Pengemasan dari pada latar belakang masalah haruslah menyangkut dengan bahasan yang akan disampaikan.

Pada bagian tujuan penulisan dituliskan sebuah keterangan berupa tujuan penulisan dari pada pengarang. Yang mana meliputi sebuah kalimat yang berisi tentang tujuan dari pada apa yang akan didapat oleh pembaca dari karya tulis ini. Sehingga pembaca akan mengetahui terlebih dahulu secara terprinci sebelum hingga akhirnya membukan pada halaman isi. 

Pada bagian sub judul manfaat penulisan, dituliskan secara singkat dan jelas mengenai manfaat penulisan yang akan didapat oleh pembaca. Yang mana bisa anda cantumkan sesuai dengan sebuah realitas yang ada. Semisal sebagai bahan dan bacaan yang akan menggali pengetahuan lebih dalam tentang masjid Istiqlal.

Pada bagian sumber data diterangkan sebuah data berasal. Bila data berasal dari sebuah observasi yang meliputi sebuahpengamatan secara langsung, maka cantumkan pada sub judul sumber data tersebut.

Pada bagian batasan pembahasan bisa anda jelaskan tentang batasan yang akan anda bahas. Yang mana tema tersebut cukup luas, sehingga dengan adanya batasan ini pembaca akan lebih mudah memahami apa yang akan dibahas pada makalah ini. Sehingga tidak akan salah persepsi.

2) BAB II Tinjauan Pustaka

Pada bab II mulai diterangkan sebuah materi yang berkaitan tentang karya tulis ini, yang diambil dari refrensi atau buku tertentu. Yang mana untuk tema Peranan Masjid Istiqlal Jakarta Terhadap Ukhumiah Islamiyah di Indonesia, maka ada anda bisa memberikan sebuah sub judul berupa sejarah singkat perkembangan masjid istiqlal, dan perkembangan masjid istiqlal.

Jadi, sedikit berbeda dari makalah yang biasa kita bahas, pada laporan ini ada bab tambahan yaitu bab dua yang membahas mengenai tinjauan pustaka. Dalam tinjauan pustaka ini ada dua hal yang bisa dibahas.

Berhubungan dengan tema yang diambil, proposal laporan ini memiliki tinjauan pustaka dua hal yaitu mengenai sejarah masjid dan perkembangan masjid. Dua hal ini akan dijadikan landasan atau informasi yang dikaji dalam poran observasi atau pengalaman tersebut.

Sub judul pertama akan berisi sejarah masjid. Disini tentu akan dijelaskan lebih jauh kapan masjid didirikan pertama kali dan bagaimana prosesnya. Bisa juga ditambahkan latar belakang pendirian masjid tersebut.

Kemudian pada sub berikutnya akan diuraikan perkembangan masjid setelah masa pembangunan selesai. Jelas, disini bisa berkaitan dengan pemugaran, rehab dan lain sebagainya. Baru setelah itu bisa masuk ke bab selanjutnya.

3) BAB III dan IV Laporan Observasi

Pada bagian bab III menerangakn sebuah laporan hasil observasi. Yang mana berisi tentang keterangan tentang data atau hasil dari pengamatan di masjid tersebut. Pada bagian sub judul ini anda bisa membuat sub judul lagi yang meliputi kegiatan yang dilakukan, hasil yang pernah dicapai, hambatan dan kesulitan, dan peranan masjid istiqlal terhadap ukhuwah islamiyah.

Pada bab tiga, akan dijelaskan bagaimana kegiatan observasi yang dilakukan. Selain itu akan dijabarkan juga hasil yang pernah dicapai dalam kegiatan observasi yang telah dilakukan oleh siswa yang bersangkutan.

Di dalam bab ini akan dijabarkan juga mengenai hambatan dan kesulitan selama melakukan observasi dan juga menyusun laporannya. Tidak ketinggalan dan yang paling inti adalah mengenai bagaimana peran masjid istiqlal terhadap ukhuwah islamiyah.

Selanjutnya adalah BAB IV PENUTUP. Pada bagian penutup diberikan sebuah keterangan mengenai sub judul berupa kesimpulan dan saran. Yang mana  pada bagian kesimpulan menerangakan sebuah inti dari pada isi yang ada pada pembahasan karya tulis ini. Sedangakn untuk saran berupa permintaan saran oleh penulis kepada pembaca.

Tidak lupa pada bagian terakhir juga harus dicantumkan tentang refrensi yang digunakan pada sub DAFTAR PUSTAKA. Refrensi adalah berupa buku-buku yang digunakan hingga karya tulis ini bisa diselesaikan. Yang mana pencantuman refrensi tersebut adalah berupa; nama buku, nama pengarang, tahun penerbitan,dll.