Download Contoh Makalah Bangsa Arab Sebelum Islam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Download Contoh Makalah Bangsa Arab Sebelum Islam - Kembali lagi dengan pembahasan seputar makalah yaitu cara membuat dan menyusun makalah, kali ini kita akan berbicara tentang mata kuliah sejarah peradaban Islam. Kalau dilihat dari judulnya, makalah yang akan kita bahas ini sebenarnya mirip dengan tema yang sebelumnya telah dibahas.

Pada bagian awal makalah ini terdapat halaman judul makalah atau cover, kata pengantar, dan daftar isi. Untuk bagian halaman jduul memberikan sebuah keterangan tentang lampiran berupa: judul malakah, nama penyusun makalah, nama dosen pengampu, logo sekolah, dan sebuah program studi yang diambil.

Sedangkan untuk bagian kata pengantar menerangkan sebuah keterangan berupa kata-kata pengantar dari penulis. Kata pengantar tersebut berkaitan dengan sebuah lahirnya makalah tersebut.

Yang mana kata pengantar tersebut memberikan pernyaaan ucapan trimakasi dan ucapan syukur. Ucapan trimakasih ditunjukan unntuk ara dosen dan orang tua, serta teman yang sudah membantu.

Sedangkan ucapan syukur ditunjukan untuk tuhan yang telah memberikan kesempatan untuk bisa menyelesaikan makalah ini. Inilah yang harus ada pada kata pengantar makalah. Berbeda dengan daftar isi yang mempunyai sebuah fungsi untuk menampilakn sebuah daftar dari kseluruhan isi yang ada pada makalah.

Daftar isi pada makalah yang akan kita buat kali ini juga meliputi judul, sub judul, dan nomor halaman. Yang tujuannya memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk mencari informasi di halaman yang mereka inginkan.

1) BAB I Pendahuluan

Kalau yang sudah sering mengikuti pembahasan di situs ini jangan bosan ya karena dijelaskan berulang-ulang tentang bagian-bagian makalah yang disusun. Ya, pada makalah ini juga tidak berbeda jauh dengan makalah lain. Bab pendahuluan juga akan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah dan tujuan.

Pada bagian pendahulan yaitu latar belakang menampilkan sebuah keterangan tentang latar belakang yang berkenaan dengan isi makalah, yang dibahasa secara umum dari permasalahan yang ada pada realitas atau kenyataan. Dengan demikian pembaca akan lebih bisa memahami karena mengetahui sebuah permasalahan terkait dengan isi.

Sedangkan unntuk bagian rumusan masalah menerangkan suatu permasalahan yang dikemas dengan singkat. Bentuk rumusan masalah adalah berbentuk pertanyaan, yang bisa difungsikan untuk mewakili rasa penasaran dari para pembaca.

Berikut contoh rumusan makalah dari tema ”Bangsa Arab Sebelum Islam”, yang mana antara lain meliputi “bagaimanakah arab pra islam?”, “bagaimanakah sistem politik dan kemasyarakatan arab pra islam?”, dan “bagaimanakah sistem kepercayaan dan kebudayaan arab pra islam?”

Pada bagian tujuan diberikan  penjelasan berupa tujuan yang ingin dicapai pada makalah tersebut. Yang mana tujuan tersebut tentu sebuah tujuan yang akan diberikan kepada pembacannya.

Berikut sebuah kalimat tentang tujuan dari sebuah tema yang kita bahas antara lain yaitu menjelaskan kondisi arab pra islam, menjelaskan sistem politik dan kemasyarakatan arab pra islam, dan menjelaskan sistem kepercayaan dan kebudayaan arab pada masa pra islam.

Sedangkan untuk sub judul manfaat memberikan sebuah keterangan tentang, manafaat yang akan didapat oleh pembaca. Sehingga makalah yang dibuat tentu bukan tanpa manfaat karena sudah disusun sedemikian rupa, bahkan sudah mengambil refrensi-refrensi tertentu untuk menjami kebenaran isi.

Contoh manfaat dari tema makalah ini antara lain agar pembaca mengetahui kondisi arab pra islam, agar pembaca mengetahui sistem politik dan kemasyarakatan arab pra islam, dan agar pembaca mengetahui sistem kepercayaan dan kebudayaan arab pra islam.

2) BAB II Pembahasan

Pada bagian pebahasan mulailah menuliskan tentang isi dari paa makalah tersebut. yang mana pada bagian pembahsan juga harus disertai dengan sebuah sub-sub judul untuk mmperjelas dari pada isi yang akan disampaikan.

Berikut sebuah sub judul atau sub bab pembahasan dari makalah ini contohnya yang antara lain meliputi arab pra islam, sistem politik dan kemasyarakatan, serta sistem kepercayaan dan kebudayaan.

Yang pasti, di pembahasan ini penulis atau penyusun akan menjelaskan secara rinci semua aspek yang berhubungan dengan masyarakat arab sebelum kedatangan Islam disana. Jadi pembahasan bisa saja meliputi kehidupan politik, kehidupan masyarakat, sosial budaya dan juga mengenai sistem kepercayaan yang ada disana.

Lalu bagaimana cara menyusun atau menjelaskan isi bab tersebut? Cara sederhananya adalah dengan mencari lebih dulu materi yang berhubungan dengan poin tersebut. Setelah mendapatkan berbagai materi literatur yang dibutuhkan, penulis bisa mulai menelaah bagaimana isinya.

Setelah tahu isi materi yang akan disampaikan, langkah selanjutnya adalah dengan menjelaskan dengan rinci poin tersebut. Sederhananya, jika jelaskan lagi sesuai dengan literatur yang kita baca.

Dalam menjelaskan isi pembahasan tersebut jangan lupa juga untuk menyisipkan kutipan dari sumber literatur terpercaya yang kita gunakan. Kutipan tersebut bertujuan untuk menguatkan isi penjelasan yang kita berikan dalam makalah tersebut.

3) BAB III Penutup

Bagian penutup akan terdiri dari keesimpulan dan saran. Dibagian kesimpulan menerangkan sebuah pokok-pokok bahasan yang sudah disampaikan. Dengan mencantukan sebuah pokok bahasan pada sub judul kesimpulan maka akan membuat pembaca lebih dimudahkan dalam mencari maksud dari pada pembahasan yang sudah disampaikan.

Dengan demikian, pembaca akan bisa lebih memahami tentang pembahasan materi yang sudah disampaikan. Baru setelah itu penulis bisa lanjut ke sub bab berikutnya yaitu 3.2 saran. Sudah tahu apa isi sub bab terakhir ini?

Pada bagian sub bab “saran” menerangkan tentang kalimat yang mempunyai maksud untuk meminta sara kepada para pembaca. Artinya secara tidak langsung penulis menyuruh pembaca untuk menilai hasil karyanya tersebut, agar bisa menjadi bahan evaluasi bagia karyanya tersebut.

Selanjutnya, bagian akhir adalah daftar pustaka. Di makalah ini, pada lembaran terakhir menerangkan sebuah bahasan tentang daftar pustaka. Bagian atau lembar ini mempunyai sebuah pengertian pencantuman refrensi yang sudah diambil dalam buku atau literatur tertentu. Sehingga makalah bisa dipertanggungjawabkan isinya karena mempunyai sebuah daftar pustaka.