Pengertian Tarbiyah dalam Alquran

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Download Contoh Makalah Pengertian Tarbiyah dalam Alquran - Berbicara mengenai mata kuliah tafsir tarbawi biasanya ada sebuah materi yang akan dipelajari yaitu tentang “tarbiyah dalam Alquran”. Kali ini pembahasan kita juga akan membahas mengenai materi tersebut tetapi dalam bentuk makalah.

Kita akan belajar bagaimana proses untuk menyusun makalah dengan tema dari mata kuliah tersebut. Seperti biasa ya, dalam menyusun makalah ini kita bisa mulai dari bagian-bagian awal makalah.

Pada bagian awal menerangkan sebuah halaman yang berisi tentang halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Pada bagian halaman judul mempunyai sebuah keterangan tenang penebutan nama kelompok, judul makalah, nama dosen pengampu, dan sebuah program studi yang diambil.

Berbeda dengan kata engantar yang mempunyai sebuah fungsi melampirkan sebuah kata pengantar dari penulis. Kata pengatar tersebut maksudkan atau ditunjukan untuk para pembaca yang khususnya terlibat dalam pembuatan makalah ini. Sehingga kalimatnya berbentuk sebuah kalimat  syukur dan trimakasih.

Sedangkan untuk bagian halaman daftar isi menerangkan sebuah sub judul yang ada di makalah tersebut. Sub judul tersebut ditulis membentuk sebuah daftar yang dilengkapi dengan nomor urut dan sebuah nomor urut halaman. Pemberian nomor diawali dengan angka yang kecil dan lanjut ke angka yang besar sesuia dengan nomor halaman.

Dengan demikian pembaca yang membuka makalah tersebut akan dimudahkan ketika mencari sebuah informasi yang sifatnya khusus, karena tidak perlu membauka makalah satu-persatu. Dengan demikian pembaca akan bisa dengan mudah menemukan halaman yang memang menjadi tujuannya.

1) BAB I Pendahuluan

Bab 1 pendahuluan akan terdiri dari tiga sub bab yaitu mengenai latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Pada bagian pendahuluan ada sebuah sub judul berupa latar belakang masalah.

Bagian latar bekalang ini kurang lebih mempunyai fungsi melampirkan latar belakang dari masalah yang dimiliki oleh isi yang terkandung dalam makalah tersebut. Dengan penjabaran latar belakang tersebut, pembaca akan mengetahui isi makalah tersebut, pembaca juga bisa mengetahui permasalahan berkaitan dengan tema yang saat ini muncul.

Dengan demikian pembaca bisa menerapkan secara langsung apa yang telah dipaparkan oleh makalah ini, karena mengetahui permasalahan yang beredar.

Pada bagian rumusan masalah menerangkan sebuah keterangan berupa rumusan masalah yang berntuknya adalah sebuah pertanyaan. Rumusan masalah ini juga bisa dikatakan sebagai perwakilan dari rasa penasaran pembaca sebelum membaca bahasan isi di dalam makalah ini.

Berikut contoh rumusan makalah dengan sebuah judul,” Pengertian Tarbiyah dalam Alquran”, yang mana bisa diberi rumusan masalah dengan kalimat Apa pengertian dari Tarbiyah dan maknanya?

Sedangkan untuk bagian sub judul tujuan adalah memuat sebuah keterangan tentang kalimat jawaban. Jawaban tersebut adalah sebuah tujuan yang hendak dicapai setelah pembaca memahami isi dari pada makalah ini.

Yang juga merupakan sebuah jawaban dari pada apa yang tertulis pada rumusan masalah. Berikut sebuah contoh kalimat yang menerangkan  tujuan yaitu “memahami arti dari Tarbiyah dalam pespektif Al-Qur’an.”

2) BAB II Pembahasan

Pembahasan adalah sebuah bab yang menjelaskan isi yang berkenaan dengan judul yang sudah diberikan atau diambil. Yang mana bab pembahasan juga dilanjutkan dengan sub judul atau sub bab lagi untuk memaparkan secara lengkap pada isi.

Misalnya sub judul pada pembahasan makalah ini yaitu antara lain maka sub judulnya meliputi Tafsir Surat Al Faatihah Ayat, Tafsir Surat Al-Israa Ayat 24, dan Tafsir Surat Asy Syuura Ayat 16.

Karena mengambil sisi dari perspektif atau sudut pandang Alquran, maka penjelasan yang diberikan nantinya akan mengupas ayat-ayat Alquran yang menjelaskan tentang topik atau materi yang dibahas dalam makalah.

Singkatnya, isi pembahasan ini akan menjelaskan tafsir ayat alquran yang berhubungan dengan “tarbiyah”. Jadi pertama tentu akan dicari atau ditentukan dulu surat atau ayat Alquran yang berhubungan dengan tarbiyah, baru setelah itu dibahas tafsir atau penjelasan lebih dalam mengenai ayat-ayat tersebut.

Dalam makalah ini misalnya, akan dijelaskan lebih jauh mengenai Tafsir Surat Al-Israa Ayat 24 yang berhubungan dengan tarbiyah, Tafsir Surat Asy Syuura Ayat 16 dan seterusnya sampai dirasa cukup.

3) BAB III Penutup

Bagian akhir bab ini ada dua sub bab yaitu kesimpulan dan saran. Untuk bagian penutup diterangkan keterangan tentang kesimpulan yang didapat dari isi. Kesimpulan adalah pokok bahasan yang bisa diambil dan dipahami oleh para pembaca. Dengan demikian pembaca akan bisa lebih memahami tentang maksud dari pada isi yang telah dipaparkan.

Untuk bagian saran menerangkan sebuah keterangan tetang kalimat yang menunjukan sebuah permintaan secara tidak langsung untuk turut memeriksa dan memberi nilai kepada makalah yang dibuat. Sehingga dengan adanya saran dari pembaca akan bisa digunakan sebagai evaluasi untuk ke depan. 

Jangan lupa juga untuk melampirkan daftar pustaka pada makalah yang disusun. Pada bagian daftar pustaka diberikan sebuah keterangan tentang refrensi yang digunakan. Yang mana mempunyai sebuah tujuan untuk memperkuat isi dari pada yang sudah tertulis pada bagian pembahasan.

Dengan demikian isi bisa dipertanggungjawabkan karena diambil dari sumber terpercaya. Cara membuat daftar pustaka adalah dengan cara meletekan sebuah keterangan tentang nama pengarang, judul buku, tahun terbit, dan nama penerbit.