Makalah Tentang Fotosintesis pada Tumbuhan

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Pada makalah mata kuliah Dasar – Dasar Fisiologi Tumbuhan ini kita akan membahas secara lebih jelas mengenai satu tema pokok yaitu tentang fotosintesis. Dalam makalah ini akan dijelaskan lebih rinci tentang seluk beluk dari proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

Sama dengan penyusunan makalah lainnya, langkah awal dalam membuat makalah ini yaitu dengan membuat terlebih dahulu halaman yang mencangkup cover, kata pengantar, dan halaman daftar isi.

Halaman judul mempunyai fungsi sebagai penghimpun dari beberapa identitas septerti judul makalah, nama penyusun makalah, nama dosen, nama intansi kuliah, program studi, dan juga logo. Halaman judul inilah yang mempunyai sebuah fungsi informatif tentang identitas makalah.

Kata pengantar mempunyai sebuah pengertian tentang sebuah kalimat yang tersusun raph dalam sebuah paragraf yang mempunyai kandungan tentang ucapan terimakasih dan ucapan syukur, dari penulis.

Daftar isi mempunyai sebuah tugas sebagai sebuah penghimpun keseluruhan sub judul yang ada dimakalah. Dengan demikian pembaca akan jauh lebih mudah dalam mencari halaman yang diinginkan karena terdapat sebuah keterangan sub judul dan halaman pada lembar daftar isi.

A. BAB I PENDAHULUAN
Biasalah, yang paling sederhana dalam bab pendahuluan ini ada latar belakang, rumusan dan juga tujuan. Selain itu bisa juga ditambahkan dengan sistematika penulisan. Sudah tahu bagaimana cara membuat sub judul tersebut bukan?

Pada bagian latar belakang memuat tentang sebuah sub judul yang berisi tentang masalah yang ada kaitannya dengan isi makalah. Masalah tersebut sekaligus sebuah media merefleksikan sebuah pemikiran pembaca, sehingga pembaca tidak hanya mengetahui isi dalam makalah saa, tetapi juga mengetahui permasalahan yang beredar.

Rumusan masalah adalah sub judul yang memuat tentang masalah yang berbentuk kalimat tannya. Kalimat tanya tersebut juga menjadi sebuah masalah yang tentunya berkaitan dengan isi dalam makalah tersebut. Sehingga bisa menjadi sebuah contoh salah satu permasalahan yang ada yang berkaitan dengan materi.

Tujuan penulisan adalah sebuah sub judul yang menerangkan tentang tujuan penulisan yang dikemas dengan kalimat negative. Kalimat tersebutpun sekaligus sebagai sebuah jawaban dari pertanyaan yang terkandung dalam sub bab pada rumusan masalah.

B. BAB II PEMBAHASAN
Bab pembahasan merupakan isi yang berkaitan dengan tema. Pembahasan haruslah disampaikan dengan jelas dan detail, sehingga pembaca akan mudah dalam memahami isi makalah tersebut. Karena judul makalah ini tentang fotosintesis maka harus dijelaskan detail mengenai hal tersebut.

Pembahasan mula-mula dibuat terlebih dahulu tentang sub judul, baru setelah itu penelasan rinci. Dengan membuat sub judul atau sub bab masing-masing maka penulis atau penyusun akan lebih mudah dalam menjelaskan materi yang diambil.

Selain itu adanya sub bab atau sub judul bab tersebut juga agar pembahasan yang dibuat nantinya lebih sistematis, berurutan dari awal sampai akhir. Lalu, isi pembahasan pada makalah ini apa saja yang harus disampaikan? Adapun sub judul pada pembahasan pada makalah ini contohnya sebagai berikut!

2.1 Pengertian Fotosintesis
Pada sub pertama penulis makalah hendaknya memaparkan mengenai pengertian atau definisi terkait kata “fotosintesis” itu sendiri. Sebaiknya dijelaskan fotosintesisi adalah apa, maksudnya apa dan seterusnya.

Karena penulis bukan siapa-siapa dalam arti bukan ahli dalam bidang ini maka penjelasan yang diberikan hendaknya disertai kutipan definisi ahli yang membidangi masalah ini. Dengan begitu, apa yang dijelaskan bukanlah omong kosong tetapi sudah didukung dengan pendapat dari ahli tadi.

2.2 Proses fotosintesis pada tumbuhan
Setelah dikupas tuntas mengenai makna dan arti dari istilah fotosintesis pada tumbuhan, pada sub berikutnya juga dijelaskan mengenai proses fotosintesis itu sendiri. Jadi penulis dalam sub bab ini akan menjabarkan dengan rinci dan jelas mengenai bagaimana fotosintesis tersebut berlangsung.

Di bagian ini, untuk menguatkan argumen dan penjelasan kita maka perlu juga disisipkan pendapat atau penjelasan dari ahli yang relevan. Artinya kita juga perlu menyisipkan kutipan dari ahli baik itu yang bersumber dari media cetak maupun elektronik.

2.3 Unsur-unsur dalam fotosintesis
Jika mungkin, dalam makalah juga bisa dijelaskan lebih jauh mengenai unsur-unsur atau komponen yang terlibat dan berkaitan dengan proses fotosintesis pada tumbuhan. Misalnya, dalam pembahasan ini juga dijelaskan mengenai cahaya matahari baik dari pengertian, kandungan maupun fungsinya pada fotosintesis.

Beberapa materi yang bisa masuk dalam sub bab ini antara lain mengenai Cahaya Matahari, Karbondioksida (CO2), Transpirasi, Reaksi Terang Terang, Siklus Krebs, Siklus Calvin, Kapiler, Xilam, Daun, Enzim Rubisco, Floem (Phloem), Tanah, Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalsium (K), H2O, Mineral, dan juga Calsium (Ca).

C. BAB III PENUTUP
Tak kalah penting, dalam sebuah makalah juga harus ada bab penutup yang terdiri dari simpulan dan saran. Bagian bab ini juga disusun dengan cara yang tidak berbeda dari bab lain diawal.

Pada bagian kesimpulan dituliskan tentang sebuah titik penting atau kandungan yang ada pada pembahasan. Kesimpulan dituliskan dengan cara singkat namun tetap jelas dan memiliki kandungan yang padat. Sehingga akan lebih memudahkan pembacannya dalam mencari kandungan yang ada pada makalah tersebut.

Pada bagian saran dituliskan sebuah keterangan tentang permintaan saran kepada para pembaca, yang menjadi sebuah bahan untuk evaluasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi di lain kesempatan. Sehingga karya yang anda buat lebih mendominasi dan bisa menjadi lebih baik lagi.

Tak lupa, penulis juga harus menyertakan daftar pustaka yang digunakan dalam makalah. Daftar pustaka adalah sebuah sub judul yang isinya tentang referensi yang digunakan dalam pembuatan makalah. Dengan mencantumkan referensi yang digunakan maka akan membuat makalah bisa dipertanggungjawabkan isi atau subtansinya.