Contoh Makalah Pembaharuan di Dunia Islam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Pembaharuan di Dunia Islam - Pada mata kuliah Sejarah Peradaban Islam ada materi tentang pembaharuan di dunia islam. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana menyusun makalah untuk tema materi tersebut, sudah siap?

Ya, susunan atau sistematika penulisan dari makalah ini juga sama saja dengan yang lain kok. Kalau rekan semua sudah sering membuat makalah maka pasti tidak akan bingung mengenai bagian-bagian makalah yang akan dibuat.

Langkah awal dalam pembuatan makalah adalah dengan terlebih dahulu mencantumkan sebuah halaman judul, halaman kata pengantar, dan datar isi. Sebagai langkah awal dalam pembuatan makalah, sebelum hingga akhirnya masuk ke dalam sub bab.

Halaman judul adalah halaman yang menerangkan tentang identitas dari pada makalah tersebut, yang meliputi nama makalah/judul  makalah, nama lembaga tempat kuliah, penyusun, nama dosen, logo, nama prodi.

Pada bgian kata pengantar menerangkan tentang sebuah kata pengantar dari penulis kepada para pembaca. Kata pengantar tersebut bisa dikatakan juga sebagai ungkapan kegembiraan penulis bisa diberikan sebuah nikmat untuk menyelesaikan makalah. Dengan demikian kalimatnya juga harus dibuat sesuai dengan sebuah kalimat yang mengandung makna  terima kasih dan ucapan syukur.

Daftar isi mempunyai sebuah keterangan tentang halaman yang memuat keseluruhan sub judul makalah yang diikuti dengan nomor urut dari sub judul, dengan disusun secara berurutan. Sehingga bisa memberikan kemudahan bagi para pembacannya ketika hendak mencari halaman yang diinginkan. 

A. BAB I Pendahuluan
Tiga sub bab yang ada pada pendahuluan adalah latar belakang, rumusan dan tujuan penulisan. Latar belakang masalah adalah sebuah sub judul yang menerangkan tentang masalah yang ada yang bisa dikaitkan dengan isi pada makalah ini.

Sehingga akan menambah pemahaman para pembaca ketika membaca makalah ini, karena memungkinkan para pembacannya untuk menerapkannya. Bagian selanjutnya adalah rumusan masalah.

Rumusan masalah adalah sebuah sub judul yang menerangkan tentang sebuah kalimat pertannyaan yang bersangkutan dengan isi. Kalimat pertannyaan tersebut sekaligus memberikan sebuah pancingan rasa penasaran pada para pembacannya. Sehingga pembaca akan benar-benar serius dalam memahami isi kandungan pada makalah.

Tujuan penulisan adalah sebuah sub judul yang menerangkan tentang tujuan penulisan yang berbentuk kalimat pernyataan. Kalimat pada sebuah sub judul tujuan penulisan sekaligus mempunyai maksud sebagai sebuah jawaban dari pada kalimat pertannyaan yang ada pada bagian sub judul rumusan masalah.  

B. BAB II Pembahasan
Bagian pembahasan adalah bagian yang sudah memulai pembahasan isi yang ada pada makalah ini. pembahasan haruslah diparparkan dengan se-rinci mungkin namun tetap menggunakan kalimat yang efektif dan mudah dipahami. Sehingga akan memudahkan para pembacannya dalam memahami isi dalam makalah tersebut.

Dalam pembuatan pembahasan tersebut mula-mula haruslah membuat sebuah sub judul pembahasan yang diikuti dengan penelasan. Berikut sebuah sub judul pembahasan yang ada pada makalah ini yaitu sebagai berikut!

2.1 Hakikat Makna Pembaharuan Islam
Bagaimana makna atau hakekat dari pembaruan Islam? Itulah hal yang akan dijelaskan lebih jauh dalam satu sub bab pertama ini. Di sini akan dijelaskan lebih jauh mengenai inti dari pembaharuan dalam Islam.

Pada sub ini tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang arti “pembaharuan islam” itu sendiri. Dengan begitu pembaca akan paham apa yang dimaksud dengan pembaharuan islam tersebut.

2.2 Landasan Bagi Pembaharuan Islam
Setelah dijelaskan maksud atau arti kata maka pada bagian kedua bisa dijelaskan mengenai landasan – landasan yang digunakan dalam pembaharuan Islam. Bisa dikatakan, dalam sub ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai dasar-dasar yang digunakan dalam pembaharuan tersebut.

Penulisannya sama dengan makalah lainnya, penulis atau penyusun bisa menjelaskan dengan kalimat sederhana yang kemudian didukung dengan pendapat dari ahli. Penulis bisa menyediakan kutipan-kutipan dari pakar yang sesuai untuk kemudian menjabarkan lebih jauh.

2.3 Perkembangan Ajaran Islam Pada Masa Pembaharuan
Pada bagian selanjutnya akan dijelaskan juga mengenai perkembangan aajran Islam yang pernah terjadi pada waktu masa pembaharuan. Disini tentu saja akan dijelaskan dengan detail mengenai perkembangan-perkembangan yang ada.

2.4 Tokoh-Tokoh Pembaharuan Islam dan Pemikirannya
Yang tak kalah penting untuk dijelaskan juga adalah mengenai tokoh pembaharuan yang terlibat. Dalam sub ini penulis bisa menjelaskan mengenai siapa saja tokoh pembaharuan Islam yang ada.

Lebih jauh penulis juga bisa menjelaskan tentang pemikiran-pemikiran dari para tokoh pembaharu tersebut. Dengan begitu akan semakin jelas dan lengkap mengenai bagaimana pembaharuan Islam tersebut.

2.5 Tujuan Pembaharuan dalam Islam
Dalam makalah ini juga hendaknya dijelaskan juga tentang tujuan dari pembaharuan Islam yang terjadi. Sama dengan sub lainnya, pada sub bab yang kelima ini penulis akan menjabarkan informasi yang diketahui dengan sederhana dan didukung dengan pendapat-pendapat ahli yang sesuai bidangnya.

C. BAB III Penutup
Kalau sudah menjelaskan semua sub yang berkaitan dengan inti materi yang diambil maka selanjutnya tinggal melangkah ke bab tiga yaitu penutup. Pada bab ini tinggal menyusun kesimpulan, saran dan juga daftar pustaka.

Pada bagian kesimpulan haruslah dipaparkan tentang inti yang didapat dari pembahasan yang sudah dijelaskan di atas. Kesimpulan tentulah haruslah lebih sedikit dari pada pembahasan, karena hanya inti atau pokok bahasan yang diambil. Semua itu dilakukan mempunyai sebuah maksud agar memberikan sebuah kemudahan pada para pembaca untuk mengambil inti kandungan pada makalah tersebut.

Pada bagian pembahasan dituliskan sebuah keterangan tentang permintaan saran dari penulis kepada pembaca. Sehingga saran yang didapat dari para pembaca bisa menjadi sebuah bahan evaluasi bagi penulis, untuk menghasilakn sebuah makalah yang lebih baik lagi pada kesempatan selanjutnnya.

Pada bagian daftar pustaka dijelaskan sebuah keterangan tentang buku yang digunakan dalam pembuatan makalah ini. Cara pencantuman buku dalam sub judul daftar pustaka adalah dengan mencantumkan; nama buku, nama pengarang, tahun terbit, dan penerbit.