Karya Ilmiah Remaja Tentang Pemanfaatan Getah Bonggol Pisang

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pemanfaatan bonggol pisang dan sekarang akan kita bahas sebuah contoh karya ilmiah remaja tentang pemanfaatan getah bonggol pisang yaitu untuk obat oles alternatif penyembuhan luka. Mari langsung kita lihat contoh di bawah ini.

Kegunaan dari penelitian terhadap pemanfaatan getah bonggol pisang ini tentunya sangat penting dimana penelitian tersebut akan membuktikan kemungkinan menggunakan getah bonggol pisang sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Dengan hasil penelitian ini diharapkan akan ada inovasi terbaru dalam dunia kedokteran dan pengobatan.

Draf Kir – Pemanfaatan Getah Bonggol Pisang

Untuk dapat memiliki gambaran mengenai materi-materi atau isi dari karya ilmiah remaja (KIR) dengan tema ini berikut saya berikan sebuah draft yang berupa daftar isi mengenai materi yang disusun dalam KIR tersebut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan

BAB II TELAAH PUSTAKA
A. Pisang
B. Kandungan Dalam Getah Pisang
C. Pengertian Luka
D. Proses Penyembuhan Luka

BAB III METODE PENULISAN
A. Pengumpulan Data
B. Pengolahan Data
C. Metode Analisis
D. Penarikan Kesimpulan
E. Perumusan Saran

BAB IV ANALISIS DAN SINTESIS
A. Potensi Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif Penyembuh Luka Lecet
B. Efek Samping Dalam Penggunaan Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif Penyembuh Luka Lecet
C. Cara Pemakaian Getah Bonggol Pisang pada Kulit yang Terluka

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

Dengan melihat draft daftar isi di atas sekarang kita dapat membayangkan apa-apa saja yang kita siapkan untuk menyusun KIR tema ini.

Cuplikan Bab Pendahuluan Karya Ilmiah Remaja

Sebagai bonus silahkan dipelajari sebuah cuplikan dari bab i pendahuluan berikut ini. Setelah mempelajari bab pendahuluan kita akan lebih mudah lagi dalam menyusun bab II, bab III dan Bab lainnya. Simak cuplikannya di awah ini.

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kulit adalah bagian dari tubuh yang mempunyai fungsi sangat vital, antara lain: proteksi, sensasi, regulasi panas, kontrol evaporasi, estetik dan komunikasi, penyimpanan dan pembuatan, ekskresi, absorpsi. Selain itu, sejumlah obat dapat teradministrasi melalui kulit, seperti salep (Anonim, 2008). Apabila kulit tersebut tergores benda tajam dan meninggalkan luka lecet, menyebabkan kekhawatiran karena akan membuat bagian dari tubuh terutama fungsi organ yang terluka terganggu, selain itu membuat noda bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Menurut drh. Bambang Pontjo Priosoeryanto Ph.D dalam artikelnya berjudul “Penyembuh Luka di sekitar Kita”, getah bonggol pisang dapat meyembuhkan luka lecet. Bahkan getah pohon pisang memiliki keunggulan secara kosmetik, karena luka yang dioles getah batang pisang tidak meninggalkan parut.

Pada saat teknologi belum berkembang dan masih minimnya obat-obat pabrik yang beredar, dulu orang-orang memilih menggunakan benda atau bahan di sekitarnya untuk menolong hidupnya, tak terkecuali pada pohon pisang. Dahulu masyarakat menggunakan getah bonggol pisang untuk menyembuhkan luka. Dalam dunia etnofarmakologi atau tentang pengobatan tradisional, getah pohon pisang dipercaya dapat memberikan rasa dingin pada luka dan dapat menghilangkan rasa nyeri akibat luka, bahkan luka pun juga bisa tertutup. Penggunaannya pun sangat mudah, hanya dioleskan pada luka lecet.

Berangkat dari kenyataan tersebut, penulis ingin mengetahui kebenaran tentang manfaat getah pisang sebagai obat luka terutama luka lecet atau luka kecil. Oleh karena itu, berdasar latar belakang diatas penulis ingin merealisasikan ide tersebut dalam karya tulis ini dengan judul “Pemanfaatan Getah Bonggol Pisang Sebagai Obat Oles Alternatif Penyembuh Luka Lecet”.

B. Rumusan Masalah
Permasalahan yang mendasari penulisan karya ilmiah dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Bagaimana potensi getah bonggol pisang sebagai obat oles alternatif penyembuh luka lecet?
  2. Apakah ada efek samping dalam penggunaan getah bonggol pisang sebagai obat oles alternatif penyembuh luka lecet?
  3. Bagaimana cara pemakaian getah bonggol pisang pada kulit yang terluka?
C. Tujuan Penulisan
  1. Untuk mengetahui manfaat getah bonggol pisang sebagai penyembuh luka.
  2. Untuk mengetahui efek samping dalam penggunaan getah bonggol pisang sebagai obat penyembuh luka lecet.
  3. Untuk mengetahui cara pemakaian getah bonggol pisang pada kulit yang terluka. 
D. Manfaat Penulisan

1. Bagi Penulis
Karya tulis ini sebagai wadah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai obat-obatan tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Selain itu Penulis juga dapat memberikan sumbangsih berupa pemikiran, yaitu pemanfaatan getah pohon pisang sebagai obat oles alternatif penyembuh luka lecet.

2. Bagi Masyarakat
Menambah pengetahuan tentang obat-obatan tradisional pengganti obat yang berasal dari sumber yang terbarukan. Selain itu dapat meningkatkan nilai ekonomis limbah bonggol pisang karena dapat dimanfaatkan secara maksimal menjadi bahan yang lebih bermanfaat.

3. Bagi Ilmuwan
Mendorong untuk giat mengembangkan bahan obat alami yang tidak berbahaya bagi kita.

4. Bagi Pemerintah
Memberi masukan bagi pemerintah agar lebih memperhatikan secara khusus pada pengembangan obat-obatan tradisional yang alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan kita.

Sampai disini dahulu sekilas pengantar mengenai "contoh karya ilmiah remaja getah bonggol pisang" yang dapat saya bagikan. Sampai bertemu di pembahasan lainnya.