Makalah Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi - Untuk anda semua pengunjung setia, hari ini kita akan membahas sebuah karya tulis yang baru yaitu mengenai akuntansi. Berikut ini akan diberikan sebuah contoh makalah akuntansi sebagai bahan belajar dan juga bahan referensi dalam penyusunan makalah yang dibutuhkan.

Berbicara mengenai topik ini yang terlintas dalam pikiran adalah mengenai uang, tentu saja pembahasan seperti ini menjadi topik yang cukup menarik untuk dibicarakan. Kita tidak akan berbicara detail terpisah mengenai akuntansi ini tetapi yang kita bahas adalah yang berkaitan dengan penyusunan makalah dengan pembahasan tersebut. Untuk rekan mahasiswa yang membutuhkan dan juga untuk rekan pelajar di sekolah khususnya Sekolah Kejuruan, jika membutuhkan contoh lengkapnya bisa simak langsung penjelasan berikut!

Dalam contoh yang akan diberikan, tidak akan ditampilkan langsung seluruh bab pada makalah ini namun hanya disertakan bab awalnya saja. Untuk informasi lain selain yang ditampilkan dalam bab pendahuluan ada beberapa informasi terkait yang bisa dibahas dalam Makalah Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi ini yaitu sebagai berikut:
A. Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi Dari Pertama Kali Muncul Di Dunia
B. Sejarah Perkembangan Akuntansi di Indonesia
C. Definisi Akuntansi
D. Pemakai Informasi Akuntansi


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 
Akuntansi merupakan suatu ilmu yang di dalamnya berisi bagaimana manusia berfikir sehingga menghasilkan suatu kerangka pemikiran konseptual tentang prinsip, standar, asumsi, teknik, serta prosedur yang ada dijadikan landasan dalam pelaporan keuangan. Pelaporan keuangan tersebut harus berisi informasi-informasi yang berguna dalam memantau pengambilan keputusan bagi para pemakainya.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, sesungguhnya kita telah menggunakan jasa akuntansi. Ketika seorang pemilik warung mencatat pembelian barang dagangannya, mencatat siapa saja yang berutang di warung nya, memisahkan kotak antara uang yang masuk dari hasil penjualan dengan kotak uang yang dialokasikan untuk belanja kebutuhan barang dagangan dan kebutuhan operasional di warung nya. 

Maka, pada dasarnya pemilik warung tadi telah menerapkan teknik akuntansi. Penerapan pengetahuan di bidang akuntansi tentu semakin luas dan kompleks jika dihadapkan pada bisnis dengan skala yang lebih besar.

Seperti ilmu-ilmu lainnya, ilmu akuntansi juga berkembang sesuai perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Selain itu, faktor kebutuhan juga ikut serta dalam perkembangan akuntansi itu sendiri. Akan tetapi, baik akuntansi maupun ilmu-ilmu lain tidak berkembang dengan sendirinya tanpa adanya hal yang cukup berarti yang dapat mendorong akuntansi tersebut berkembang dan bertahan hingga sekarang.

Berdasarkan pada uraian-uraian di atas, maka penulis tertarik untuk membuat sebuah makalah dengan judul "Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi". 

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada uraian latar belakang di atas, penulis dapat mengangkat permasalahan dalam makalah ini yaitu :
1. Bagaimana sejarah perkembangan ilmu akuntansi dari pertama kali muncul di dunia?
2. Bagaimanakah Sejarah perkembangan akuntansi di Indonesia ?
3. Bagaimanakah Definisi Akuntansi ?
4. Siapa sajakah pemakai informasi akuntansi ?
5. Bagaimanakah bidang-bidang dalam Akuntansi dan profesi Akuntan ? 

C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis merasa perlu mencantumkan tujuan dalam penulisannya agar penulisan makalah ini lebih terarah pada sasaran yang akan dicapai. 

Tujuan penulisan tersebut yakni untuk mendapatkan gambaran yang pasti tentang sejarah perkembangan ilmu akuntansi dari sejak dahulu hingga sekarang, mengetahui perkembangan akuntansi di Indonesia dan mengenal lebih jauh macam dan bentuk akuntansi di zaman modern ini. 

D. Manfaat Penulisan
Ada beberapa manfaat yang penulis harapkan dalam penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut.
1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang seluk beluk ilmu akuntansi.
2. Meningkatkan rasa disiplin dan tanggung jawab dalam menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan yang dibebankan orang lain kepada penulis.
3. Sebagai bahan bacaan dan acuan bagi diri sendiri, rekan-rekan, serta generasi yang akan datang. 

Cuplikan di atas mudah-mudahan bisa memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana kita menyusun Makalah Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi. Jika membutuhkan contoh lengkap dalam bentuk file ms words (doc. / docx) maka bisa mendownload contoh lengkapnya dari tautan yang disediakan. 

Contoh Makalah Sejarah Perkembangan Ilmu Akuntansi
[Download]

Jangan lupa cek juga beberapa contoh karya tulis lain yang berkaitan dengan contoh ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semua pengunjung. Terima kasih, silahkan dilanjutkan!