Contoh Makalah Budaya Organisasi

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Budaya Organisasi Lengkap - ucapan terima kasih dan rasa syukur yang tak terhingga kami sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan pertolongannya kami mampu menyelesaikan tugas Makalah Budaya ini yang membahas tentang Budaya Organisasi.

Kami sadar dengan kemampuan dan pengetahuan yang terbatas makalah yang kami susun ini masih jauh dari sempurna untuk itulah kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca semua untuk perbaikan makalah ini dikemudian hari.

Tak lupa kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis  yang kami lakukan ini. 

Akhirnya kami berharap makalah ini bisa memberikan manfaat baik untuk kami pribadi maupun untuk kalangan pembaca semua. Selanjutnya silahkan simak makalah budaya organisasi selengkapnya di bawah ini.

Sebuah organisasi mempunyai budaya masing-masing. Ini menjadi salah satu pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya sebuah organisasi ada yang sesuai dengan anggota atau karyawan baru, ada juga yang tidak sesuai sehingga seorang anggota baru atau karyawan yang tidak sesuai dengan budaya organisasi tersebut harus dapat menyesuaikan kalau dia ingin bertahan di organisasi tersebut. 

Budaya organisasi ini dapat membuat suatu organisasi menjadi terkenal dan bertahan lama. Yang jadi masalah tidak semua budaya organisasi dapat menjadi pendukung organisasi itu. Ada budaya organisasi yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Maksudnya tidak dapat menyocokkan diri dengan lingkungannya, dan lebih ditakutkan lagi organisasi itu tidak mau menyesuaikan budaya nya dengan perkembangan zaman karena dia merasa paling benar. 

Dalam keadaan inilah anggota tidak akan mendapatkan kepuasan kerja. Memang banyak faktor lain yang menyebabkan anggota tidak memperoleh kepuasan kerja, tapi faktor budaya organisasi merupakan faktor yang utama.

Setiap organisasi mempunyai budaya yang berbeda-beda. Tidak aka nada dua organisasi yang mempunyai budaya yang sama persis. Ini biasanya sangat berpengaruh pada siapa pendirinya. Contohnya organisasi yang sedang saya bahas, yaitu Lion Air.

Kerena pendirinya adalah orang yang mempunyai keinginan yang besar maka dia menerapkan kepada diri karyawannya seperti apa yang dia harapkan. Itupun berhasil dan Lion Air sekarang menjadi sebuah organisasi atau perusahaan yang besar.

Budaya organisasi yang ada pada Lion Air adalah bagaimana melayani pelanggan atau penumpang dengan baik. Itu semua harus dilakukan oleh pemimpin dan karyawannya. 

Contoh Makalah tentang Budaya Organisasi Lengkap
Contoh Makalah Budaya Organisasi Doc/docx
[Download]
)* copy paste link di atas untuk menyalin contohnya

Tidak hanya buat pelanggan, Pemimpinnya juga berusaha untuk memakmurkan semua karyawannya dengan cara salah satunya membuat semua karyawan Lion Air menjadi teman, bukan sekedar rekan kerja. Dalam gaji Lion Air juga menetapkan standar yang lumayan tinggi.

DAFTAR PUSTAKA

Http://blok.Poltek.Malang ac.id//20090526// Budaya Organisasi

Http://strategimanajemen.net/2010/03/08/melacak-strategi-bisnis-lion-air/

Http://romailprincipe.com/daftar-standar-gaji-perusahaan-indonesia

Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahab, Abdul Azis, Anatomi organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung:, penerbit Alfabeta, 2008