Contoh Makalah Tentang Bimbingan Konseling

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Bimbingan Konseling - Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah swt. Yang telah memberikan karunia dan lindungan-Nya. Begitu besar rasa syukur yang penulis rasakan, karena berkat Ridho-Nya lah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Analisis Teori dan Praktis Tentang Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar". Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling.

Makalah ini merupakan hasil observasi yang dilakukan penulis. Penyusunan makalah ini dilatarbelakangi betapa pentingnya program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis akan menganalisis Program Bimbingan dan Konseling secara teoritik dan praktis dengan terlebih dahulu ingin mengetahui program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, mengetahui kepelaksanaannya di lapangan beserta dampak dan respon dari berbagai pihak.

Selama penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Maka dari itu, sudah selayaknya penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulus – tulusnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Semoga amal baik yang telah diberikan kepada penulis tercatat sebagai amal shaleh dan mendapat imbalan yang berlipat dari Allah swt.

Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan, baik dari segi penyajian, penulisan, dan penggunaan tata bahasa. Untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan sebagai proses perbaikan untuk karya tulis selanjutnya hingga menjadi lebih baik.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendukung utama bagi tercapainya sasaran pembangunan manusia Indonesia yang bermutu adalah pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu dalam penyelenggaraannya tidak hanya cukup dilakukan melalui transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi harus didukung oleh peninggktan profesionalosasi dan sistem manajemen tenaga pendidikan serta pengembangan kemampuan peserta didikatau menolong diri sendiri dalam memilih dan mengambil keputusan demi pencapaian cita – citanya.

Kemampuan seperti itu tidak hanya menyangkut aspek akademis, tetapi juga menyangkut aspek perkembangan pribadi, sosial, kematangan intelektual dan sistem nilai peserta didik. Berkaitan dengan pemikiran tersebut, tampak bahwa pendidikan yang bermutu di sekolah adalah pendidikan yang menghantarkan peserta didik pada pencapaian standar akademis yang diharapkan dalam kondisi perkembangan diri yang sehat dan optimal.

Para peserta didik memiliki tugas – tugas perkembangan yang harus dipenuhinya. Untuk pencapaian kompetensi siswa secara optimal diperlukan kerja sama yang baik antara manajemen/supervisi, pengajaran, dan bimbingan konseling yang merupakan tiga pilar pendidikan. Maka dari itu diperlukan adanya program bimbingan dan konseling yang baik disertai dengan pelaksanaannya yang benar, supaya tugas – tugas perkembangan siswa dapat ditangani dengan optimal.

Berdasarkan paparan di atas maka penulis membuat makalah yang berjudul "Analisis Teori dan Praktis Tentang Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar" yang bertujuan untuk membandingkan program bimbingan secara teori dan yang ada di lapangan. 

Isi dari Makalah Tentang Bimbingan Konseling ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru untuk mengembangkan prograrm Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah perbandingan teori dan praktis pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar?
  2. Apa saja hambatan – hambatan yang muncul pada pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar?
  3. Bagaimana dampak dan respon terhadap pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar?

C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan makalah yang berjudul “Analisis Teori dan Praktis Tentang Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar” adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui perbandingan teori dan praktis pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar.
  2. Untuk mengetahui hambatan – hambatan yang muncul pada pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.
  3. Untuk mengetahui dampak dan respon terhadap pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.

D. Manfaat Penelitian
Menganalisis teori dan praktis tentang program bimbingan dan konseling di sekolah dasar memberikan manfaat sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kreativitas guru dalam membuat program bimbingan dan konseling di sekolah dasar.
  2. Meningkatkan keterampilan guru untuk mengimplementasikan program bimbingan dan konseling di sekolah dasar.
  3. Meningkatkan mutu pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah dasar.

E. Metode Penelitian
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah:

1. Observasi
Observasi (pengamatan), yaitu cara untuk mengamati suatu keadaan atau suatu keadaan (tingkah laku). Observasi dilakukan setiap saat pada jam pelajaran.

2. Wawancara
Wawancara merupakan teknik untuk mengumpulkan informasi melalui komunikasi langsung dengan narasumber, dalam hal ini ialah Kepala Sekolah.


3. Angket Siswa
Angket (kuesioner) merupakan alat pengumpulan data (informasi) melalui komunikasi tidak langsung, yaitu melalui tulisan. Angket ini berisi daftar pertanyaan yang bertujuan untuk mengumpulkan keterangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan siswa.

Contoh Makalah Tentang Bimbingan Konseling
Contoh Makalah Tentang Bimbingan Konseling
http://q.gs/7ZtMv
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Nah, bagi anda yang membutuhkan Contoh Makalah Tentang Bimbingan Konseling ini untuk tambahan bahan belajar maupun untuk referensi dalam penyusunan karya tulis anda bisa download contoh lengkapnya dari link yang ada di atas.

Jangan lupa baca juga beberapa penjelasan lain mengenai bimbingan konseling (BK) di bagian akhir tulisan ini. Selain makalah ini anda bisa juga mencari beberapa makalah lain yang diperlukan seperti makalah pendidikan, makalah hukum, makalah ekonomi bahkan contoh skripsi juga ada di website ini. Itu saja silahkan dilanjutkan.

DAFTAR PUSTAKA

Juntika Nurihsan, A. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi, Agus. (2003). Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nur. E. I. S., Muh. (2010). Bimbingan dan Konseling untuk Anak. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Setiawati dan Ni’mah Chudari I. (2007). Bimbingan dan Konseling. Bandung: UPI PRESS