Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro - Coba bayangkan kalau setiap hari kita harus membuat sebuah karya tulis, apakah anda sanggup? Ya, membuat sebuah karya tulis seperti misalnya makalah memang bukanlah perkara yang mudah karena itu kita perlu banyak membaca bahan atau referensi yang ada. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai Ekonomi Makro, mau ikutan?

Pembahasan ini bisa digunakan untuk belajar tentang ilmu ekonomi makro atau bisa juga digunakan sebagai bahan belajar menyusun makalah. Jika anda sedang membuat sebuah karya tulis tentang ekonomi makro anda bisa belajar dari contoh ini. Apa saja isinya, bagaimana menyusunnya, semua jawaban itu bisa anda dapatkan dalam uraian berikut.

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dankonsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. 

Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Beberapa faktor yang memengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:
· Faktor ekonomi
· Faktor lingkungan sosial dan budaya
· Faktor Fisik
· Faktor Pendidikan
· Faktor Moral

Ilmu ekonomi sering dibedakan menjadi mikro dan makro ekonomi. Mikro ekonomi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan ekonomi dari unit-unit individual, sebagai bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi, seperti kehidupan suatu perusahaan, harga dan upah, pembagian pendapatan total di antara berbagai industri. Ekonomi makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari masalah ekonomi secara keseluruhan ( totalitet / aggregatif ). 

Maksud digunakannya istilah aggregatif adalah untuk menekankan bahwa yang menjadi yang menjadi pusat perhatiannya adalah variabel-variabel total, seperti : pendapatan total (nasional/masyarakat/seluruh), tabungan masyarakat, investasi total, konsumsi nasional atau pembelanjaan masyarakat, produksi nasional, investasi total, dan bukannya penganalisaan yang terperinci atas komponen-komponen yang bersifat total itu. Alat utama ekonomi makro adalah pendapatan nasional dan analisa pendapatan nasional. 

Analisa pendapatan nasional berguna untuk mengukur secara statistik tentang besarnya pendapatan nasional, konsumsi nasional, tabungan dan investasi nasional. Makalah ini akan membahas mengenai kebijakan-kebijakan makro ekonomi yang ada di Indonesia dan masalah ekonomi yang terjadi.

Setelah membaca latar belakang dari Makalah Ekonomi Makro di atas sekang kita lihat juga seperti apa rumusan masalah yang diambil. Melihat latar belakang diatas, dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu sebagai berikut. Diantaranya:
a. Sejarah perkembangan teori ekonomi makro ?
b. Apakah pengertian dari Ekonomi makro?
c. Apa saja permasalahan dalam ekonomi makro ?
d. Bagaimana penyelesaian permasalahan dalam ekonomi makro?
e. Bagaimana penerapan teori ekonomi makro di era reformasi?
f. Bagaimana Implementasi ekonomi makro dalam kehidupan sehari-hari ?

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:
a. Untuk mengetahui sejarah perkembangan ekonomi makro
b. Untuk mengetahui pengertian dari ekonomi makro
c. Untuk mengetahui permasalahan-permasalahan dalam ekonomi makro
d. Untuk mengetahui bagaimana penyelesaian permasalahan dalam ekonomi makro
e. Untuk mengetahui penerapan teori ekonomi makro di indonesia
f. Untuk mengetahui implementasi ekonomi makro dalam kehidupan sehari-hari

Supaya anda lebih jelas lagi mengenai isi dari Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro yang akan anda pelajari ada baiknya anda perhatikan informasi pada sistematika penulisannya. Seperti juga karya ilmiah lainnya seperti contoh skripsi, laporan dan lainnya anda bisa belajar dari cara penulisannya. Berikut sistematika penulisan karya ilmiah tersebut.

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Sistematika Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
1. Pengertian Ekonomi Makro
1.1 Latar Belakang Munculnya Teori Ekonomi Makro
1.2 Permasalahan Ekonomi Makro

2. Kerangaka Analisa Ekonomi Makro

3. Pertumbuhan Ekonomi Makro Di Era Reformasi
3.1 Sejarah Ekonomi Indonesuia sejak Era Orde Lama hingga Era Reformasi

4. Implementasi Ekonomi Makro Di Indonesia

BAB III METODE ANALISA DATA 
A. Waktu Dan Tempat Penelitian
B. Populasi Dan Sample
C. Metode Analisa Data

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro
Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro
http://q.gs/7ZtMz
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Jelas ya, bagi anda yang sedari tadi mencari contohnya jangan bingung, contoh lengkapnya memang tidak diberikan disini namun akan diberikan dari link di atas. Jika anda membutuhkan Contoh Makalah Tentang Ekonomi Makro ini silahkan download dari tautan di atas.