Contoh Makalah Perkembangan Kebudayaan Indonesia

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Perkembangan Kebudayaan Indonesia - Hari ini contoh yang akan kita bahas masih sebuah karya tulis untuk pelajar atau mahasiswa dalam dunia pendidikan yaitu sebuah makalah yang membahas mengenai kebudayaan. Kebudayaan seperti apakah yang akan dipelajari dari contoh berikut? Anda bisa langsung membaca penjelasan lengkap mengenai materinya di bawah ini.

Karena sebelumnya masih sedikit sekali pembahasan kita mengenai kebudayaan khususnya untuk "Perkembangan Kebudayaan Indonesia" maka dalam karya tulis ilmiah ini kita akan membahas tema tersebut. Disini anda akan mendapatkan gambaran mengenai isi materi yang ada sekaligus berbagai tips menyusun makalah kebudayaan. Yang ingin tahu mari langsung saja kita simak latar belakang berikut.

Budaya atau kebudayaan secara entimologi berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang kemudian diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan atau dapat pula diartikan sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya yang ada ini terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan banyaknya pulau tersebut Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat banyak sekali. Perkembangan budaya Indonesia telah dimulai sejak nenek moyang kita terdahulu. Namun, beberapa tahun belakangan ini kebudayaan di Indonesia berada dalam masa yang mengecewakan dimana banyak budaya kita yang lepas dari genggaman kita.

Seperti yang telah kita ketahui, perkembangan budaya indonesia selalu dalam kondisi yang naik dan turun. Pada awalnya, Indonesia sangat banyak mempunyai peninggalan budaya dari nenek moyang kita terdahulu, hal seperti itulah yang harus dibanggakan oleh penduduk indonesia sendiri, tetapi belakangan ini budaya Indonesia mengalami masa penurunan terhadap sosialisasi budaya bangsa sehingga penduduk kini telah banyak yang melupakan apa itu budaya Indonesia. Semakin majunya arus globalisasi rasa cinta terhadap budaya semakin berkurang, dan ini sangat berdampak tidak baik bagi masyarakat asli Indonesia. Terlalu banyaknya kehidupan asing yang masuk ke Indonesia, masyarakat kini telah berkembang menjadi masyarakat modern.

Hal ini yang menyebabkan kebudayaan bangsa Indonesia banyak yang diambil oleh pihak lain, berikut merupakan data beberapa budaya Indonesia yang diklaim oleh pihak lain:

  1. batik dari Jawa oleh Adidas, 
  2. Naskah kuno dari Riau oleh pemerintah Malaysia, 
  3. Naskah kuno dari Sumatera barat oleh pemerintah Malaysia, 
  4. Naskah kuno dari Sulawesi selatan oleh pemerintah Malaysia, 
  5. Naskah kuno dari Sulawesi Tenggara oleh pemerintah Malaysia, 
  6. rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia, 
  7. Sambal bajak dari Jawa tengah oleh oknum WN Belanda, 
  8. Sambal petai dari Riau oleh oknum WN Belanda, 
  9. tempe dari Jawa oleh beberapa perusahaan asing, 
  10. lagu rasa sayange dari Maluku oleh pemerintah Malaysia, 
  11. Tari reog ponorogo dari Jawa Timur oleh pemerintah Malaysia, 
  12. Lagu soleram dari Riau oleh pemerintah Malaysia, 
  13. Lagu injit-injit semut dari Jambi oleh pemerintah Malaysia, 
  14. Alat musik gamelan dari Jawa oleh pemerintah Malaysia, 
  15. Tari kuda lumping dari Jawa Timur oleh pemerintah Malaysia, 
  16. tari piring dari Sumatera barat oleh pemerintah Malaysia, 
  17. Lagu kakak tua dari Maluku oleh pemerintah Malaysia, 
  18. Lagu anak kambing saya dari Nusa Tenggara oleh pemerintah Malaysia, 
  19. Kursi taman dengan ornamen ukir khas Jepara Jawa Tengah oleh oknum WN Perancis, 
  20. Pigura dengan ornamen ukir khas Jepara dari jawa Tengan oleh oknum WN Inggris, 
  21. Motif batik perang dari Yogyakarta oleh pemerintah Malaysia, 
  22. Desain kerajinan perak desak Suwarti dari Bali oleh oknum WN Amerika, 
  23. Produk berbahan rempah-rempah dan tanaman obat asli Indonesia oleh Shiseido Co. Ltd, 
  24. Badik tumbuk lada oleh pemerintah Malaysia, 
  25. kopi gayo dari Aceh oleh perusahaan multinasional (MNC) Belanda, 
  26. kopi toraja dari Sulawesi Selatan oleh perusahaan Jepang, 
  27. Musik indang sungai garinggiang dari Sumatera Barat oleh Malaysia, 
  28. Kain ulos oleh Malaysia, alat musik angklung oleh pemerintah Malaysia, 
  29. Lagu jali-jali oleh pemerintah Malaysia, 
  30. dan tari pendet dari Bali oleh pemerintah Malaysia.

Melihat data yang ada diatas kita seharusnya merasa miris melihatnya, karena begitu banyak budaya kita yang diklaim oleh pihak lain. Masyarakat Indonesia sendiri kurang memperhatikan bagian dari budaya Indonesia. dan diharapkan untuk masyarakat Indonesia lebih memperhatikan bagian dari peninggalan budaya Indonesia. dan sekarang akan diupayakan oleh pemerintah agar mendidik anak-anak muda untuk perduli terhadap hal tersebut, dan lebih mengenalkan dari dini sikap akan pentingnya pengetahuan budaya Indonesia.

Dalam Contoh Makalah ini akan dijelaskan beberapa masalah mengenai bagaimana perkembangan budaya Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi kebudayaan bangsa Indonesia ini.

Tujuan dan maksud dari penyusunan Makalah Perkembangan Kebudayaan Indonesia ini adalah seperti dijabarkan dalam uraian berikut:

  1. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan di Indonesia.
  2. Mendeskripsikan pengaruh perkembangan kebudayaan Indonesia dengan kehidupan manusia Indonesia.
  3. Membahas mengenai kondisi kebudayaan Indonesia.
  4. Memenuhi Tugas Matakuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar.

Contoh Makalah Perkembangan Kebudayaan Indonesia
Contoh Makalah Perkembangan Kebudayaan Indonesia
http://q.gs/7ak3P
*)copy paste alamat di atas untuk menyalin makalah lengkapnya

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih jauh mengenai pembahasan kali ini bisa langsung melihat contoh lengkapnya dari tautan yang disediakan. Jangan lupa silahkan baca juga beberapa makalah tentang kebudayaan lainnya dibagian akhir tulisan ini. Itu saja, selamat belajar!