Download Contoh Makalah Pendidikan Menurut Hadist

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Download Contoh Makalah Pendidikan Menurut Hadist - Bagaimanakah pendidikan menurut hadist? Kali ini untuk mata kuliah hadist tarbawi kita akan membahas bagaimana penyusunan makalah tentang tema tersebut. Dengan pembahasan ini diharapkan rekan semua bisa lebih paham dan lebih cepat dalam menyusun makalah yang dibutuhkan.

Dalam pembuatan makalah ini, langkah awal sebelum masuk ke dalam bagian bab, maka terlebih dahulu dicantumkan sebuah halaman yang meliputi halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi.

Halaman-halam tersebut lebih bertujuan untuk pengenalan penulis kepada pembaca sekaligus sebagai sarana untuk mempermudah pembaca memahami makalah secara keseluruhan. Sehingga pembaca bisa mengetahui nama pengarang, judul, instansi, dan lain sebagainya.

Keterangan nama sekolah, nama pengarang, nama dosen, judul makalah, program studi, dan logo sekolah memag tidak bisa ketinggalan dalam sebuah halaman judul atau cover. Bisa dikatakan, hal tersebut adalah sebuah komponen yang melatar belakangi disebutnya halaman awal sebagai halaman judul.

Sehingga poin-poin tersebut tentu tiak bisa dipisahkan dalam halaman judul, karena memang sudah termasuk satu-kesatuan. Sedangkan untuk bagian kata pengantar menerangkan sebuah penjelasan tentang pengatar dari penulis.

Yang mana bentuk pengantar tersebut adalah sebagai sebuah ungkapan trimakasih dan sekaligus ungkapan syukur yang diucapakan oleh penulis. Jumlah kata dalam kata pengantar tidak menjadi ukuran bisa 2-5 paragrap.

Untuk bagian daftar isi memberikan sebuah penjelasan tentang sebuah daftar sub judul yang ada pada makalah tersebut. Daftar tersebut juga dilengkapi dengan sebuah nomor halaman yang ada pada makalah. Nomor halaman tersebut dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar sesuai dengan yang ada di makalah.

1) BAB I Pendahuluan

Sudah tahu belum cara membuat bab pertama ini? Mudah kok asalkan sudah tahu apa isi bab ini. Tidak berbeda dengan makalah sebelumnya, bab ini juga terdiri dari tiga sub bab yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan.

Pada bagian bab II pendahuluan ada sub judul berupa latar belakang masalah. Yang mempunyai sebuah fungsi untuk menjelaskan apa yang melatar belakangi pembuatan makalah ini terfokus pada subtansi.

Latar belakang tersebut memang harus diambil dari sebuah realitas yang memang pernah terjadi dan merupakan sebuah fakta, sebelum hingga akhirnya diberikan sebuah solusi pada bagian pembahasan.

Untuk bagian rumusan diterangkan sebuah penjelasan tentang masalah yang memang menyankut isi, yang bentuknya adalah berupa sebuah kalimat pertanyaan. Hal ini sekaligus mewakili rasapenasaran dari pada pembaca.

Berikut saya berikan sebuah contoh tentang kalimat rumusan masalah yang mengambil tema yang sedang kita bahas yaitu, "Pendidikan Menurut Hadist", antara lain yaitu apakah definisi sistem pendidikan islam?, bagaimanakah sistem pendidikan islam dalam hadits?, dan hadits tentang pendidikan?

2) BAB II Pembahasan

Bab dua ini adalah bab inti yang merupakan isi dari makalah yang dibuat. Pada bagian pembahasan menjelaskan tentang isi dari pada makalah, yang ditandai dengan sebuah penerapan sub judul pada setiap tema atau kandungan yang berbeda.

Berikut sebuah contoh sub judul bab yang bisa digunakan dalam makalah ini yang meliputi definisi sistem pendidikan, sistem pendidikan dalam hadits, dan juga hadits tentang pendidikan.

Sub bab tersebut selanjutnya dibuat sebuah penjelasan berkelompok menurut sub-sub judulnya. Sehingga pembaca akan lebih mudah dalam memahami isi dari semua sisi yang menjadi bahasan dalam makalah ini. Sehingga salah persepsi dalam pemahaman dapat dihindarkan.

Sub pertama akan membahas secara rinci mengenai pengertian dari sistem pendidikan. Disini bisa dijelaskan pengertian secara umum sampai pengertian yang berkaitan dengan pendidikan islam. Penulis bisa menjelaskan sistem pendidikan itu maksudnya apa dan bagaimana lengkap disertai dengan kutipan dari ahli.

Pada bagisn sub judul kedua, penulis bisa lanjut ke materi mengenai hadits-hadits yang berhubungan dengan sistem pendidikan. Disini titik berat penjelasannya adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan hadits tentang sistem pendidikan.

Bagian ketiga sub bab ini kemudian akan mengupas lebih jauh tentang berbagai hadits yang berkaitan. Jadi pada sub ketiga ini akan lebih jelas terlihat hadits apa saja yang menjelaskan tentang hal tersebut, bagaimana bunyinya dan bagaimana penjelasan lengkapnya.

3) BAB III Penutup

Kalau sudah sampai pada bab ke-3 maka sudah aman, dalam arti penyusunan makalah ini sudah tinggal finishing atau penyelesaian. Pada bab ini tinggal dijelaskan saja kesimpulan dan saran dari apa yang sudah dibahas.

Pada bagian sub judul bab penutup dituliskan sebuah kesimpulan pada sub judul kesimpulan. Yang isi kesimpulan tersebut adalah berupa pokok-pokok bahasan yang sudah dipaparkan dalam pembahasan. Sehingga pembaca akan lebih mudah memahami tentang pokok-pokok penting yang ada pada pembahasan.

Dicantumkan juga sub judul saran pada bagian bab penutup. Yang berisi sebuah permintaan saran dari pada pembaca untuk sebagai salah satu bahan evaluasi, sehingga akan bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi dilain waktu.

Jika sudah selesai maka tinggal menyusun daftar pustaka yang digunakan dalam makalah ini. Pada bagian daftar pustaka diberikan sebuah penjelasan tentang refrensi yang dipakai dalam penyusunan makalah ini. Yang tujuannya adalah sebagai sebuah bukti bahwa semua yang telah dipaparkan dalam makalah ini adalah mempunyai sebuah dasar dari sumber terpercaya. Sehingga bisa menjadi bahan acuam untuk para pembaca.