Makalah Kewajiban Belajar dalam Al-qur’an

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Kewajiban umat islam untuk belajar juga dijelaskan dalam Al-qur’an. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai sebuah karya tulis tepatnya makalah dengan tema tersebut. Diharapkan dengan pembahasan ini rekan semua bisa lebih mudah dan lebih cepat serta paham dalam proses penyusunan makalah yang dibutuhkan.

Langkah awal membuat makalah ini adalah dengan membuat sebuah halaman yang memuat tentang halaman awal berupa halaman judul, halaman kata pengantar, dan daftar. Sebelum hingga masuk ke dalam halaman bab di bagian halaman yang lebih dalam lagi.

Pada bagian halaman judul memberikan sebuah keterangan tentang judul makalah, nama dosen pengampu, nama sekolah, prodi, logo, dan alamat dari pada instansi yang fungsinya sebagai identitas makalah sebelum hingga akhirnya masuk ke dalam pembahasan.

Pada bagian kata pengantar dituliskan tentang sebuah ungkapan pengantar dari penyusun makalah. Yang kandungan ungkapan pengantar tersebut adalah tentang ucapan terima kasih kepada orang terdekat, dan sebuah ucapan syukur kepada tuhan yang Maha Esa.

Dicantumkan halaman daftar isi yang memuat tentang daftar sub judul yang ada pada isi. Daftar isi tersebut juga diberi sebuah nomor urut halaman sesuai dengan yang ada pada makalah. Sehingga bisa memudahkan pada pembacanya dalam mencari halaman yang diinginkan.  

A. BAB I Pendahuluan
Bab pendahuluan atau bab 1 dari makalah ini juga sama dengan yang lain, sederhananya ada tiga sub yang dibahas mulai dari latar belakang, masalah dan tujuan. Pada bagian latar belakang masalah dituliskan tentang masalah yang ada yang berkaitan dengan isi pada makalah.

Permasalah tersebut dicantumkan dengan sebuah maksud bisa membuat para pembacanya lebih dalam lagi dalam memahami kandungan yang ada pada bagian isi. Selanjutnya adalah sub bab rumusan masalah.

Penulisan rumusan masalah dituliskan dengan sebuah kalimat tanya. Kalimat tanya tersebut tentunya sebuah kelimat yang berkaitan dengan isi yang terkandung dalam makalah. Semisal rumusan masalah dari makalah ini contohnya yaitu Bagaimanakah tafsir dan makna QS Al ‘Alaq : 1-5?,  Bagaimanakah tafsir dan makna QS At Taubah : 122?, Bagaimanakah tafsir dan makna QS Al Muzammil : 20?, dan Bagaimanakah tafsir dan makna QS Muhammad : 24?.

Dari sini dapat dilihat bahwa materi yang akan dikupas pada makalah ini akan dijelaskan berdasarkan dari tafsir surat Alquran. Jadi, penjelasan nantinya juga akan didasarkan pada apa yang dijelaskan dalam Alquran.

Selanjutnya yaitu tujuan penulisan. Untuk bagian tujuan penulisan adalah kalimat yang berbentuk kalimat berita atau kalimat jawaban. Kalimat tersebut adalah sebuah kalimat jawaban dari rumusan masalah.

Contoh tujuan penulisan dari makalah ini sesuai dengan rumusan masalahnya yaitu Untuk memahami tafsir dan makna QS Al ‘Alaq : 1-5,  Memahami tafsir dan makna QS At Taubah : 122, Memahami tafsir dan makna QS Al Muzammil : 20, dan Memahami tafsir dan makna QS Muhammad : 24.

B. BAB II Pembahasan
Bagian pembahasan merupakan inti dan isi yang ada pada makalah ini. Yang mana pembahasan tersebut haruslah dikemas dengan secara jelas dan menyeluruh. Sehingga pembaca akan bisa memahami dengan baik kandungan yang ada pada makalah ini.
 
Langkah awal agar mudah menyusun bab ini adalah dengan cara membuat sub judul yang tepat. Dengan sub judul ini kandungan penjelasan di bawahnya akan lebih teratur, terarah, dan menyeluruh. Contoh sebuah sub judul pembahasan dari makalah ini adalah 2.1 QS. Al ‘Alaq: 1 – 5, 2.2 QS. At Taubah: 122, 2.3 QS. Al Muzammil: 20, dan 2.4 QS. Muhammad: 24

1. Tafsir QS. Al ‘Alaq: 1 – 5
Bisa dilihat bahwa dalam makalah tentang kewajiban belajar dalam Alquran ini paling tidak ada empat sub yang akan dibahas yaitu tarsir dari beberapa surat Alquran. Yang pertama adalah QS. Al ‘Alaq: 1 – 5, jadi dalam sub ini tinggal dituliskan dulu isi surat tersebut secara lengkap.

Setelah itu jangan lupa juga untuk disertakan atau ditulis terjemahan atau arti dari surat tersebut. Setelah itu baru dijelaskan lebih jauh mengenai tafsir dari surat tersebut. Penjelasan mengenai tafsir ini bisa bersumber dari penjelasan-penjelasan dari ahli tafsir.

2. Tafsir QS. At Taubah: 122
Sama seperti pada sub pertama, sub ini juga bisa disusun dengan cara yang sama yaitu dengan menuliskan dulu isi suratnya, artinya dan juga penjelasan mengenai tafsir tersebut. Ingat, dalam menjelaskan tafsir ini juga tetap harus disesuaikan dengan tema materi yang diambil.

Jadi intinya penulis akan menggali isi surat tersebut yang berhubungan dengan kewajiban umat islam untuk belajar. Informasinya bisa digali dari banyak sumber mulai dari media cetak maupun elektronik.

3. Tafsir QS. Al Muzammil: 20
Di surat ini juga tidak berbeda dari dua surat sebelumnya. Anda bisa menjelaskan lebih rinci mengenai hal-hal dalam surat ini yang berkaitan dengan tema yang diambil. Ingat ya, sesuaikan dengan yang memiliki kandungan informasi tentang tema yang dibahas. Dalam hal ini untuk QS. Al Muzammil adalah ayat ke 20.

4. Tafsir QS. Muhammad: 24
Yang terakhir ini juga sama dengan yang sebelumnya. Tinggal dituliskan dulu isi surat tersebut yaitu dalam hal ini ayat ke 24 dari QS Muhammad. Beri kutipan ayatnya, sertakan artinya sekaligus baru setelah itu dikupas lebih jauh mengenai makna yang ada didalam ayat tersebut.

C. BAB III Penutup
Dibagian terakhir pada bab 3 tinggal membuat kesimpulan, saran dan juga menyusun daftar pustaka yang digunakan dalam makalah. Masih ingat ya bagaimana membuat kesimpulan atau saran makalah?

Ya, pada bagian kesimpulan diberi sebuah penjelasan tentang kesimpulan yang didapat pada pembahasan. Yang tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi para pembacanya untuk mengetahui inti dari pembahasan yang sudah disampaikan. Sehingga pembaca akan bisa memahami isi dengan baik.

Pada bagian isi diterangkan sebuah keterangan tentang kalimat permintaan saran dari penulis untuk para pembacannya. Yang tujuannya adalah sebagai bahan evaluasi bagi penyusun, sehingga bisa menghasilkan karya yang lebih baik ke depannya.

Pada bagian daftar pustaka diberikan sebuah keterangan tentang buku yang digunakan dalam pembuatan makalah ini. Yang tujuannya adalah sebagai bukti, bahwa karya tulis ini bisa dipertanggungjwabkan isinya, karena telah menggunakan daftar pustaka.