Contoh Proposal Usaha Kecil Kripik Pisang – Peluang Usaha

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Banyak peluang usaha kecil yang sangat bervariasi dan menjanjikan, salah satunya usaha kripik pisang ini. Sudah banyak cerita sukses mengenai jenis usaha makanan ringan seperti ini karena itulah akan saya bahas contoh proposal usaha kecil yang bergerak dibidang ini. Mari lihat langsung pada update contoh karya tulis berikut.

Analisa Peluang Usaha Kripik Pisang

Pada umumnya, usaha makanan selalu memiliki peluang bisnis yang menjanjikan untuk digeluti, hal ini terbukti dengan banyaknya cerita sukses dari usaha makanan ringan seperti ini. Makanan ringan sebagai solusi camilan murah tentunya telah mendapat tempat di hati masyarakat dan mampu menembus berbagai kalangan hingga berbagai lapisan masyarakat di negeri kita tercinta ini. Bagi "usaha industri kecil" yang memproduksi makanan ringan tentunya akan diuntungkan dengan respon pasar yang cukup bagus terhadap aneka makanan ringan yang dipasarkan. Bahkan tak jarang industri kecil yang berubah menjadi besar karena pasar yang mampu menembus hingga ke luar daerah maupun kota lain. Bicara soal peluang usaha makanan ringan, mungkin bayangan yang ada di benak kebanyakan orang adalah keripik.

Keripik pisang merupakan salah satu camilan yang banyak digemari para konsumen. Citarasanya yang khas, serta tekstur keripiknya yang renyah, sampai saat ini cukup mudah ditemukan di pasaran bebas dengan kisaran harga yang terbilang relatif murah. Hal inilah yang menjadikan camilan keripik pisang cukup menjanjikan kalangan masyarakat kita.

Jika dibandingkan dengan popularitas produk camilan lainnya, keripik pisang ternyata tak kalah bersaing. Bahkan beberapa merek keripik pisang buatan Indonesia kini sudah ada yang berhasil menembus pasar ekspor. Salah satunya saja seperti usaha Keripik Pisang Ibu Mery di daerah Bandar Lampung yang menurut beberapa sumber omzet penjualannya sudah mencapai lebih dari Rp 90 juta per bulannya.

Dari sekelumit informasi di atas jelas sekali bahwa usaha makanan kecil ini masih memiliki pasar yang cukup bagus dengan peluang bisnis yang menjanjikan karena itulah tak heran banyak kalangan yang berminat dengan usaha kripik pisang ini. Lalu bagaimana dengan anda, apakah anda juga ingin mencoba merasakan dan menjawab tantangan usaha makanan ringan tersebut?

Contoh Proposal Usaha Kecil Kripik Pisang

Guna mendukung terciptanya usaha kecil yang sukses ada kalanya kita membutuhkan investasi dari pihak lain untuk mendirikan dan atau menjalankan usaha kecil ini, untuk itulah pada kesempatan ini tak lupa saya sertakan sebuah contoh proposal usaha kecil dengan kripik pisang sebagai produk yang dihasilkan. Jika anda membutuhkan contoh proposal tersebut maka silahkan salin dan pelajari contohnya melalui tautan yang disediakan dalam pembahasan ini. Sebagai gambaran berikut akan saya sertakan cuplikan isi dari proposal usaha tersebut.

Salin Contoh 
Proposal Usaha Kecil Kripik Pisang


CUPLIKAN CONTOH PROPOSAL KRIPIK PISANG

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Kondisi ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan - perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan / yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka pengangguran dimana - mana semakin banyak dan khususnya di daerah saya sendiri karena sulitnya untuk mencari pekerjaan lagi.

Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyaraka di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.

Lingkungan saya merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di daerah saya maka ketika mereka panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini kemana, saya semakin prihatin dengan kondisi seperti itu, karena itu merupakan satu - satunya lahan pertanian yang bisa mereka jadikan sebagai mata pencahariannya.

Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan membuat sebuah usaha yang pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah saya yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Saya akan membuat keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan saya membuat keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang.

Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini, maka saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.

B. Alasan
Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun. Dari pemahaman akan dunia usaha, sangat diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, saya lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang. Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat. Karena keripik pisang sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini di kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, saya akan menjamin kualitas produk ini. Dari kualitas ini saya dapat melihat bagus atau tidaknya keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini. Nantinya produk yang dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan masyarakat.

Bukan hanya itu saja, saya juga melihat bahwa dalam proses pembuatan keripik pisang ini sangatlah mudah maka semua kalangan masyarakat pasti bisa membuatnya, dengan seperti itu saya tidak akan kesulitan dalam mencari tenaga kerja untuk membantu saya dalam proses pembuatan keripik pisang ini.

Karena pisang merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang ini maka saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik. Dalam pembuatannya pun mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu produk. Selain itu juga saya akan melakukan pengemasan pada keripik pisang yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini. Keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.

C. Tujuan
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi 
  2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
  3. Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang
  4. Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
  5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
Silahkan salin contoh lengkap proposal usaha kecil kripik pisang yang anda butuhkan melalui tautan yang telah disediakan di atas. Semoga contoh yang sudah disiapkan dalam pembahasan kali ini dapat memberikan motivasi positif bagi anda semua yang berminat dengan bidang usaha makanan. Sampai disini semoga bermanfaat.