Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim - Makalah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim - Makalah. Pembahasan terakhir mengenai makalah kepemimpinan akan saya tutup sementara dengan ulasan sebuah makalah dengan judul "Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim".

Berbagai Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah 

Apa saja sebenarnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu sebuah instansi pendidikan yaitu sekolah? Tentunya banyak sekali yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah mulai dari hal yang paling kecil sampai hal yang sangat penting dan mendasar. Apabila kita merasa bahwa sekolah dimana kita bekerja kurang memiliki mutu yang memuaskan kita dapat mulai melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu tersebut. 

Yang pertama, kita dapat memulai menyelusuri apa-apa saja yang belum berfungsi secara optimal atau bahkan belum ada di sekolah tersebut. Misalnya mengenai sarana dan prasarana sekolah, apakah sudah memenuhi standar kebutuhan yang ada atau belum, apakah sudah optimal pemanfaatannya atau belum datau mungkin ada beberapa sarana prasarana penting yang perlu dibuat agar dapat menunjang mutu sekolah.

Itu tadi kita berbicara mengenai sarana dan prasarana, jika sarana dan prasarana telah maksimal dan tidak memiliki masalah yang berarti yang berkaitan dengan mutu sekolah kita dapat mulai menelusuri hal lain seperti pendidik dan tenaga kependidikan, apakah masih ada masalah dan kendala atau tidak. Setelah itu dapat juga diselusuri mengenai system yang ada di dalam lembaga sekolah tersebut, mulai dari system terkecil sampai kepada system pengelolaan sekolah yang mencakup segala aspek dalam sekolah tersebut.

Hal-hal diatas hanya sebagai gambaran mengenai berbagai upaya yang mungkin dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah menjadi lebih baik lagi. Upaya-upaya tersebut akan sangat tergantung dengan semua aspek yang terkait dalam sekolah yang ada dan juga peranan kepala sekolah dalam memimpin instansinya. 

Upaya apapun menurut saya akan dimulai dari baik dan buruknya kebijakan atau tatanan dari seorang kepala sekolah sebagai pemimpin. Mengingat pentingnya peran ini maka pada ulasan ini salah satu upaya yang akan dibahas untuk meningkatkan mutu sekolah akan berkaitan dengan seorang kepala sekolah sebagai pemimpin dalam lembaga ini.

Peran Kerjasama Tim Terhadap Kualitas Sekolah: Kita tentunya menyadari benar bahwa peran kerjasama tim atau teamwork sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas sebuah lembaga seperti sekolah ini, sobat semua pasti setuju dengan hal ini. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya sebuah kurikulum yang bagus dan ideal jika diterapkan oleh para pendidik dan perangkat sekolah yang kurang memiliki kemampuan dalam kerjasama tim, pastinya jalan dari system kurikulum tersebut tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kerjasama tim ini sangatlah dibutuhkan untuk dapat menghasilkan output berupa siswa didik yang berprestasi. Tanpa kerjasama tim yang baik seorang peserta didik tidak akan mampu menyerap sebanyak mungkin ilmu dan pengetahuan yang diperlukannya. Karena itulah makalah yang membahas mengenai peranan kerjasama tim ini menurut saya merupakan makalah yang mengandung informasi yang sangat bermanfaat baik itu untuk guru, pelajar maupun masyarakat umum. Jadi tidak ada salahnya bila makalah seperti itu di kupas dan dibahas lebih banyak.

Contoh Makalah Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim 

Pada paparan diatas saya telah sedikit menyinggung mengenai upaya meningkatkan mutu sekolah dan juga mengenai pentingnya sebuah kerjasama tim untuk mencapai suatu tujuan. Informasi tersebut dapat menjadi dasar dalam penyusunan sebuah makalah yang menitik beratkan pada peningkatan mutu sekolah dan juga kerjasama tim tentunya. 

Dan karena pada pembahasan kali ini kita sedang mengupas mengenai makalah tersebut maka berikut saya akan langsung memberikan cuplikan dari makalah dengan pembahasan seperti diatas. Simak cuplikannya berikut!

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan dan Manfaat

II. TINJAUAN PUSTAKA DAN PEMBAHASAN
2.1 Tinjauan Pustaka
2.2 Pembahasan

III. PENUTUP
1.1 Simpulan
1.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa “Melalui kerjasama dalam tim dapat meningkatkan kualitas sekolah dengan cara membentuk tim kerja untuk menyelesaikan masalah-masalah di dalam sekolah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disampaikan saran sebagai berikut:
"Kerjasama dalam tim menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas sekolah".


Sedikit saja cuplikan yang dapat saja sajikan pada pertemuan ini, bagi sobat yang membutuhkan contoh lengkap dari makalah ini silahkan salin contoh makalah ini melalui tautan berikut:

Salin Makalah Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah
http://adf.ly/MnM6Q

Sebagai tambahan, silahkan lihat juga beberapa pembahasan serupa mengenai makalah kepemimpinan yang juga sudah dibahas pada blog ini. Makalah-makalah tersebut dapat sobat baca melalui tautan berikut.
1. Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan
2. Mewujudkan Kepemimpinan Sukses Berbasik Tasawuf
3. Kepemimpinan Kepala Sekolah
4. Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal
5. Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim