Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai makalah perkembangan karir bidan sekarang giliran contoh makalah untuk perkembangan karir guru. Makalah seperti ini disusun oleh mahasiswa jurusan keguruan dimana mereka harus mengetahui banyak hal terkait fungsinya sebagai guru yang salah satunya yaitu jenjang karir ini. Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti paparan berikut.

Tugas utama guru sebagai pendidik professional adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan normal. Tugas utama itu akan efektif jika guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu dan norma etik tertentu.

Di dalam UU Nomor 74 tahun 2008 tentang guru dibedakan dan pengembangan kompetensi guru yang belum dan yang sudah berkuakifikasi S-1 atau D-IV. Pengembangan dan peningkatan kualifikasi akademik bagi guru yang belum memenuhi kualifikasi S-1 dilakukan melalui pendidikan tinggi program S-1 pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan tenaga kependidikan dan/atau program pendidikan non kependidikan.

Pembinaan dan pengembangan karir meliputi:
a. Penugasan
b. Promosi
c. Kenaikan Pangkat
d. Penugasan

Untuk penugasan sendiri terdiri dari 3 komponen yaitu penugasan sebagai guru kelas/mata pelajaran, penugasan sebagai guru bimbingan dan konseling dan guru dengan tugas tambahan. Sedangkan promosi dimaksud dapat berupa penugasan sebagai guru Pembina, guru inti, instruktur, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan sebagainya. Kegiatan promosi ini harus didasari atas pertimbangan prestasi dan dedikasi tertentu yang dimiliki oleh guru.

Unsur utama kegiatan yang dapat dinilai sebagai angka kredit dalam kenaikan pangkat guru terdiri atas:
1. Pendidikan
2. Pengembangan profesi, dan
3. Unsur penunjang
Pemerintah daerah perlu meningkatkan potensi, kualitas para guru sebagai komponen utama dalam bidang pendidikan. Dengan meningkatnya kompetensi guru maka diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Guru perlu meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Pemerintah harus mampu mengatasi masalah kekurangan guru di kota atau di desa, tidak merata-nya penyebaran guru, kurangnya sarana pendukung aktivitas guru di kelas, serta rendahnya penghargaan dan gaji guru.

Untuk memperoleh keberhasilan pendidikan, keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan, dalam hal ini Pemerintah dan guru harus meningkatkan kinerja guru sebab kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Tips Menyusun Makalah Perkembangan Karir Guru

Menyusun sebuah makalah bisa menjadi hal yang sangat berat apalagi jika tidak ada dukungan kemampuan dan pengetahuan yang memadai mengenai proses penyusunan makalah. Untuk mengatasi hal itu perlu adanya niat dan kerja keras dalam menyelesaikan tugas tersebut. Ada kunci mudah dalam melakukan penyusunan makalah seperti ini, anda bisa mencoba menerapkan hal ini untuk membantu penyusunan karya tulis yang sedang dikerjakan.

Dalam menyusun makalah seperti ini yang terpenting adalah mengetahui permasalahan apa yang akan dibahas. Dengan begitu akan tergambar jelas apa saja yang harus dijabarkan dan apa saja yang tidak. Untuk membantu penyusunan anda bisa menerapkan langkah berikut:

1. Menentukan judul sesuai minat dan kemampuan penulis
2. Membuat kerangka makalah
3. Menyiapkan berbagai materi relevan yang dibutuhkan
4. Memahami esensi pembahasan yang akan dilakukan
5. Mempelajari format penulisan yang akan digunakan

Agar proses penyusunan karya ini berjalan dengan lancar maka anda harus menetapkan pemilihan masalah atau judul yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan minat. Dengan begitu dalam proses penyusunan tidak akan ditemui kendala yang berarti karena penulis benar-benar memahami apa yang akan dibahas. Selain itu penting bagi penulis untuk membuat kerangka makalah sebagai acuan dalam proses penyusunan. Kerangka ini bisa anda buat seperti bentuk daftar isi yang bisa memudahkan anda menyusun semua bagian makalah yang dibutuhkan.

Hal yang tak kalah penting dalam proses ini adalah mengembangkan pemahaman mengenai materi yang di bahas. Anda bisa mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi terkait dari berbagai sumber baik buku maupun literatur lain. Setelah terkumpul anda bisa mempelajari dan memahami berbagai materi yang berkaitan, dengan begitu nanti anda bisa memiliki pandangan dan kerangka sendiri mengenai pendapat anda tentang tema yang dipilih tersebut.

Menulis makalah sesuai format penulisan makalah juga menjadi poin yang harus diperhatikan. Ini mudah, anda tinggal mempelajari format penulisan karya tulis yang anda dapat dari sekolah, atau kampus anda. Pastikan anda menulis makalah tersebut sesuai pada panduan.

Hal-hal seperti di atas jarang sekali diperhatikan oleh para siswa atau mahasiswa yang sedang menyusun makalah. Padahal dengan menerapkan langkah kerja yang sistematis anda akan lebih cepat dan mudah dalam menyelesaikan setiap analisa yang akan dilakukan. Coba terapkan langkah di atas untuk beberapa karya tulis yang anda susun, setelah terbiasa anda akan dengan cepat dan mudah menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut.

Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru

Ini dia yang kita tunggu-tunggu, unduh contoh makalah yang kita butuhkan tentunya tentang perkembangan karir bidan. Yang membutuhkan silahkan unduh atau download contoh yang dibutuhkan melalui tautan yang telah disediakan.


Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru
Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru
Download Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru

Selesai sudah pembahan ini yang mengupas lebih dalam mengenai Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan mahasiswa semua khususnya yang mengambil jurusan pendidikan.