Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour ke Yogyakarta

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Yang sedang menyusun laporan studi wisata biasanya membutuhkan contoh latar belakang laporan study tour. Oleh karena itu kali ini kita akan belajar membuat latar belakang khususnya untuk laporan karya wisata ke Yogyakarta. Disini akan kita pelajari dengan lengkap mulai dari bentuk, komposisi, kalimat dan cara menyusun bagian latar belakang untuk karya tulis ilmiah anak SMA tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang sulit untuk membuat bagian karya tulis yang satu ini. Hanya saja kurangnya latihan dan tidak tahunya pengertian latar belakang atau definisinya membuat sebagian dari kita malas untuk membuatnya. Kalau sudah tahu apa yang dimaksud dengan latar belakang maka pasti tidak akan sulit untuk membuat latar belakang karya tulis apapun termasuk untuk laporan study tour.

Siapa yang tidak mau pintar dan bisa membuat tugas sendiri, semua pasti mau bukan? Makanya kita belajar lebih giat dengan berbagai contoh yang ada di sini. Kalau sudah tahu pasti bisa dengan mudah menyelesaikan penulisan laporan yang dibutuhkan, benar bukan?

Maka dari itu, agar contoh yang akan diberikan bisa digunakan dengan baik maka kita akan belajar sedikit mengenai seluk beluk dari latar belakang tersebut. Latar belakang (latar belakang masalah) adalah suatu uraian singkat mengenai hal yang mendasari dibuat atau disusunnya makalah atau karya tulis dari sebuah kegiatan. Supaya lebih jelas mari kita bahas terlebih dahulu cara membuat latar belakang masalah tersebut.

Langkah Membuat Latar Belakang
Perlu diingat, laporan study tour adalah sebuah karya ilmiah karena itu dalam penyusunannya juga harus mengikuti kaidah atau ketentuan baku dalam penulisan karya tulis ilmiah. Latar belakang masalah adalah informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah yang menarik untuk di teliti. Karena itu baik bentuk, susunan maupun isinya juga harus sesuai dengan kaidah tersebut. 

Masalah atau kejadian yang menjadi latar belakang merupakan suatu fenomenal yang menjadi perhatian dan di bicirakan di berbagai kalangan di masyarakat. Latar belakang pada suatu karya ilmiah di tulis bukan tanpa tujuan. Latar belakang tersebut dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti. 

Selain itu latar belakang tersebut juga bertujuan untuk menjelaskan pentingnya permasalahan dan pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah baik dari sisi teoritis dan praktis. Jadi dengan adanya bagian ini pembaca akan mengetahui dasar alasan yang dimiliki penulis untuk memaparkan suatu hal yang dianalisis. Dengan begitu pembaca tahu alasan yang melatarbelakangi penelitian dan pembuatan karya tulis tersebut.

Latar belakang pada sutau penelitian termasuk laporan study wisata berisi berisi beberapa poin yang harus dijelaskan. Latar belakang berisi alasana rasional yang mendasar yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya. Selain itu latar belakang juga berisi beberapa hal berikut:
  1. Gejala-gejala yang terdapat dilapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan permasalahan dan bagaimana penelitian dapat menyelesaikan masalah yang ada berkaitan dengan topik yang diteliti. 
  2. Kompleksitas masalah jika masalah itu dibiarkan dan akan menimbulkan dampak yang menyulitkan, menghambat, mengganggu bahkan mengancam. 
  3. Pendekatan untuk mengatasi masalah dari sisi kebijakan dan teoritis 
  4. Penjelasan singkat tentang kedudukan atau posisi masalah yang diteliti dalam ruang lingkup bidang studi yang ditekuni peneliti. 
Itulah tadi sedikit mengenai seluk beluk sebuah latar belakang karya ilmiah. Sekarang kita sudah lebih tahu apa dan bagaimana latar belakang yang harus kita susun atau kita buat. Lalu bagaimanakah seharusnya kita menyusun atau membuat bagian latar belakang tersebut? Untuk membuatnya kita bisa mengikuti langkah yang sama dengan membuat artikel ilmiah. Cara membuat latar belakang tersebut yaitu bisa mengikuti langkah sebagai beikut: 
  1. Pada bagian awal latar belakang adalah gambaran umum tentang masalah yang akan di angkat. Dengan model piramid terbalik buat gambaran umum tentang masalah mulai dari hal global sampai mengerucut fokus pada masalah inti, objek serta ruang lingkup yang akan di teliti. 
  2. Pada bagian tengah unkapkan fakta, fenomena, data-data dan pendapat ahli berkenaan dengan pentingnya masalah dan efek negatifnya jika tidak segera di atasi dengan di dukung juga teori dan penelitian terdahulu. 
  3. Bagian akhir di isi dengan alternatif solusi yang bisa di tawarkan (teoritis dan praktis) dan akhirnya munculah judul.
Secara umum isi dari latar belakang dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal, bagian tengah dan bagian akhir. Pada bagian awal informasi yang harus kita sampaikan yaitu seperti dijelaskan pada nomor 1 yaitu gambaran umum masalah yang akan dibahas dalam karya tersebut.

Dibagian tengah kita selanjutnya harus menyampaikan berbagai fakta, kejadian dan data serta informasi tentang pentingnya masalah tersebut untuk dibahas. Sedangkan pada bagian akhir akan kita jelaskan mengenai pemecahan masalah atau solusi yang bisa dihasilkan dalam karya tulis tersebut.

Contoh Latar Belakang Study Tour
Dibagian atas telah kita pelajari bersama tentang latar belakang ini secara detail tetapi mungkin jika hanya teori saja akan sulit bagi kita untuk memahaminya. Maka dari itu sesuai judul pembahasan kita kali ini sekarang kita akan mempelajari langsung contoh-contoh latar belakang karya tulis khususnya yaitu untuk contoh latar belakang laporan study tour atau studi wisata.

Untuk contoh tersebut kita akan mempelajari tiga buah contoh sekaligus. Dengan 3 contoh latar belakang berikut ini kita bisa membandingkan dan mengkaji serta mempelajari lebih jauh mengenai bentuk penulisan dari sebuah latar belakang. Selengkapnya untuk contoh yang dimaksud yaitu sebagai berikut!

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour
Contoh Karya Tulis

1.1 Latar Belakang

Yogyakarta atau yang mungkin dikenal orang dengan sebutan Jogja adalah sebuah kota beserta merangkap sebagai ibukota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Jogja terletak dipulau jawa yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah dan berbatasan dengan samudra Hindia. Kota Jogja sering disebut juga sebagai kota budaya dan pelajar.

Dalam berkomunikasi, bahasa pengantar sehari-hari umumnya masyarakat Yogyakarta menggunakan bahasa Jawa. Tempat-tempat pariwisatanya pun juga sangat mengesankan. Tak ayal turis mancanegara banyak yang singgah di tengah-tengah pulau jawa yang eksotik ini. Karena itulah sudah sepantasnya generasi muda khususnya siswa SMAN 1 berkunjung untuk menimba ilmu ke Yogyakarta. Paling tidak bisa mengetahui sedikit seluk beluk mengenai Yogyakarta. 

Karena itulah kita sebagai generasi muda sangat tidak etis jika kita tidak pernah berkunjung ke Yogyakarta dan tidak mengenal history tentang jogja, karena jogja mempunyai sejarah yang panjang dalam terbentuknya pemerintahan NKRI mulai zaman kerajaan sampai sekarang . Jogja tetap istimewa dimata dunia.

Contoh Latar Belakang Laporan Studi Tour
Contoh Karya Tulis

1.1 Latar Belakang 

Pendidikan sangat penting untuk setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta merupakan upayauntuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan tidak hanya tanggung jawab seorang guru, pemerintah, masyarakat maupun orang tua.

Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggung jawab atas terwujudnya pendidikan nasional. Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur.

Sebab itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan, salah satunya yang sangat menunjang adalah karya wisata. Dengan karya wisata, siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan.

Latar Belakang Laporan Study Wisata
Contoh Karya Tulis
1.1 Latar Belakang

Apa yang akan diberikan bangsa ini kepada para penerusnya kelak? Itu merupakan sebuah pertanyaan yang mungkin hanya bisa dipikirkan oleh orang tertentu, lalu apa jawabannya? Mungkin salah satunya adalah budaya dan peninggalan-peninggalannya dan juga ilmu pengetahuan. 

Hal itu mutlak dan pasti akan diberikan tanggung jawabnya kepada para pemuda bangsa ini. Dan ketika hal itu terjadi sungguh ironis jika generasi yang akan diberikan tanggungjawab itu tidak asal usul dan segala sesuatu mengenai warisan budaya dan peninggalan bersejerah dan ilmu pengetahuan tersebut.

Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah bacaan yang tidak hanya lengkap dan akurat tetapi juga membuat sebuah referensi yang menarik dan mudah dimengerti oleh para pembaca khususnya para pemuda dan pemudi yang akan menjadi pewaris bangsa ini.

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour ke Yogyakarta

Ketiga contoh di atas adalah contoh latar belakang laporan study tour ke Yogyakarta dan merupakan hasil karya dari rekan pelajar. Jadi dengan ketiganya kita bisa belajar dan membandingkan contohnya satu sama lain. Contoh yang ada di atas juga bisa kita teliti untuk mengetahui jika ada kesalahan atau kekurangan pada masing-masing contoh tersebut.

Sekarang selesai sudah pembahasan kita kali ini. Mudah-mudahan setelah menghabiskan beberapa waktu untuk membaca dan mempelajari contoh tersebut kita sekarang sudah mengerti dan bisa membuat sendiri latar belakang yang kita butuhkan untuk tugas laporan yang kita miliki. Jika belum jelas silahkan pelajari juga beberapa contoh lain yang sudah disiapkan di bagian akhir pembahasan.