Contoh Proposal Biologi tentang Kacang Kedelai

Saat belajar di SMA dulu saya ingat pernah membuat sebuah proposal biologi yang membahas mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kedelai, nah kali ini saya berniat membahas sebuah contoh proposal pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang kedelai.

Melalui proposal ini saya akan mencoba membahas suatu hasil percobaan dimana kita akan mengetahui bagaimanakah pengaruh cahaya matahari terhadap tumbuh kembang kacang kedelai. Yang ingin tahu bagaimana pengaruhnya dan bagaimana contoh proposal biologi tersebut mari langsung kita bahas berikut.

Contoh Bab I Proposal Biologi Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Kacang Kedelai

Untuk dapat memberikan gambaran sedikit mengenai isi dari proposal yang di susun oleh pelajar ini berikut akan saya sertakan cuplikan contoh dari bab I yaitu pendahuluan. Silahkan langsung dilihat cuplikan tersebut.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Cahaya matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan makhluk hidup dialam semesta. Bagi hewan, tumbuhan, dan manusia cahaya matahari adalah sebagai sumber energi di dunia ini.

Bagi tumbuhan yang berklorofil, cahaya matahari sangat berperan penting kelangsungan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses dasar pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Makanan yang dihasilkan akan menentukan akan menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kekurangan cahaya matahari akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman itu. Misalnya pada tanaman kacang kedelai, jika tanaman tersebut tidak memperoleh asupan makanan berupa energi dari sinar matahari maka tumbuhan tersebut akan mengalami gangguan dalam fase pertumbuhannya. Bagi orang Indonesia tanaman ini adalah tanaman yang penting, dan juga makanan yang sangat di gemari makanan yang bernama tempe dan tahu yang berasal dari kacang kedelai. Namun di segala kegunaan pertumbuhan kacang kedelai yang baik itu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah cahaya. Mengapa hal itu bisa terjadi, mungkin sebagian orang tidak mengetahui sebabnya.

Oleh sebab itu saya memilih permasalahan ini sebagai poin penting dalam pembuatan proposal ini. Saya ingin membuktikan bahwa teori yang sudah ada itu benar.

1.2 Tujuan penelitian
1. Mengetahui bagaimana pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang kedelai

Mengetahui bagaimana perbedaan tanaman kacang kedelai yang diletakan di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung dan ditempat yang tidak terkena cahaya matahari

1.3 Hipotesis Penelitian
Hipotesis penelitian ini adalah jika tumbuhan kacang kedelai diletakan diruang yang langsung terkena cahaya maka pertumbuhannya akan lebih lambat namun daunnya tampak lebih lebar, tebal, hijau tampak segar dan batang kecambah tampak kokoh. Jika diruang dimana cahaya masuk hanya melalui bagian celah-celah tertentu maka tanaman kacang kedelai ini akan mengarah kearah datangnya cahaya itu. Dan jika diruang yang kekurangan cahaya maka batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah, daunnya berukuran kecil, tipis dan berwarna pucat.

Contoh yang saya sertakan di atas hanya merupakan cuplikan proposal yang dibuat. Untuk dapat mempelajari isi lengkapnya silahkan ikuti penjelasan selanjutnya.

Salin Contoh Proposal Biologi tentang Kacang Kedelai Lengkap

Para pengunjung dan siapapun yang ingin mempelajari contoh proposal yang memuat mengenai kacang kedelai ini dapat menyalin proposal lengkapnya melalui tautan atau link yang disediakan pada akhir pembahasan ini.

Salin Contoh 
Proposal Biologi tentang Kacang Kedelai Lengkap

Secara terpisah contoh lengkapnya telah disiapkan agar dapat dipelajari oleh para pengunjung yang membutuhkan. Yang perlu dilakukan adalah klik tautan salin contoh yang sudah disediakan dan sobat akan diarahkan kehalaman lain untuk menyalin proposal tersebut. Saya rasa sampai disini pembahasan contoh proposal tentang kacang hijau ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.