Contoh Karya Ilmiah Tentang Hutan Mangrove

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem yang sangat bermanfaat dan melalui contoh karya tulis kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang hutan mangrove. Sebagai salah satu karya tulis contoh berikut akan memberikan berbagai informasi kepada kita mengenai apa itu hutan mangrove, fungsinya dan juga hubungannya dengan lingkungan dan manusia.

Karya ilmiah tentang hutan mangrove pertama-tama akan memperkenalkan kepada kita mengenai definisi atau pengertian dari hutan mangrove. Setelah itu akan ada juga pembahasan mengenai fungsi hutan tersebut bagi alam lingkungan kita sekaligus mengenal kaitan hutan tersebut dengan manusia.

Karya tulis tersebut juga akan dilengkapi dengan beberapa bagian karya tulis seperti pada umumnya yaitu mulai dari kata pengantar, moto, persembahan, latar belakang dan juga landasan teori. Selain hal tersebut juga akan dimuat informasi mengenai metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi yang disusun diikuti dengan bab pembahasan dan kesimpulan serta saran pada bagian penutup.

DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Halaman Motto
Halaman Persembahan
Daftar isi
Abstraksi

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Pembahasan Masalah
1.3 Perumusan Masalah
1.4 Tujuan Penulisan
1.5 Hipotesa
1.6 Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
3.2 Sumber Data
3.3 Teknik Analisis Data

BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Definisi Hutan Mangrove
4.2 Fungsi Hutan Mangrove
4.3 Mangrove & Kegiatan Manusia

BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran

BAB VI REFERENSI

ABSTARKSI

Karya tulis ini membahas tentang bagaimana kehidupan hutan mangrove di Beltim sekarang ini. Banyak hutan mangrove di daerah Beltim hamper tidak subur lagi. Namun orang-orang seakan tidak peduli dengan masalah ini. Padahal hutan mangrove itu memiliki banyak fungsi. Yang mana fungsinya sangat berhubungan erat dengan keberlansungan hidup manusia. Oleh karena itu, seharusnya Pemkab Beltim dapat lebih bijak dalam mengatasi masalah ini. Sehingga nantinya kawasan hutan mangrove yang ada di Beltim ini bisa subur atau hijau kembali.

BAB I
PENDAHULUAN

Bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, hipotesa dan manfaat.

1.1 Latar Belakang Masalah
Dulu, banyak penebangan hutan mangrove (bakau) secara liar. Namun sekarang, penebangan hutan mangrove itu telah dilarang keras. Sehingga sekarang ini penebangan liar tersebut sudah berkurang. Akan tetapi, masih ada beberapa titik dari hutan mangrove ini yang mulai rusak akibat pembukaan lahan untuk kegiatan pertambangan maupun kegiatan lainnya. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus, pastilah kawasan hutan mangrove di Beltim ini akan menurun drastis. Oleh karena itu, karya tulis ini saya susun sedemikian rupa.

1.2 Pembatasan Masalah
Hutan bakau (mangrove) merupakan komunitas pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur. Karya tulis ini membahas tentang seputar hutan mangrove (bakau) secara rinci meliputi pengertian, fungsi-fungsi dan lain-lainnya.

1.3 Perumusan Masalah
Apa itu hutan mangrove (bakau)?
Tumbuhan apa saja yang hidup di hutan itu?
Apa fungsi dari hutan tersebut?
Usaha apa yang seharusnya dilakukan Pemkab Beltim dalam menanggulangi rusaknya hutan mangrove?
Mengapa orang-orang dulunya sering melakukan penebangan liar terhadap hutan mangrove tersebut?

1.4 Tujuan Penulisan
Karya tulis ini disusun dengan tujuan untuk:
Mengetahui apa itu hutan mangrove
Mengetahui pohon apa saja yang ada di dalam hutan itu
Mengetahui fungsi-fungsi dari hutan itu
Mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Pemkab Beltim terhadap hutan mangrove

1.5 Hipotesa
Hutan mangrove hanya dihidupi pohon mangrove saja
Hutan bakau tumbuh di daerah tropis tepatnya di pantai-pantai
Mangrove merupakan salah satu faktor penghambat abrasi

1.6 Manfaat
Dapat menambah wawasan
Dapat memperbesar kepedulian kita terhadap keberadaan hutan mangrove

BAB II
LANDASAN TEORI

Berdasarkan hasil penelitian, daerah hutan bakau di daerah ini berkembang relatif lebih baik dibanding kondisi yang dihadapi kawasan hutan mangrove di Pulau Bangka. Namun, sekarang banyak nelayan setempat yang memanfaatkan dahan dan ranting bakau di sekitar sungai Manggar untuk dijadikan romping. Mereka beralasan bahwa hutan bakau di pinggir sungai Manggar mudah dijangkau, sehingga tidak harus ke darat untuk mencari dahan atau ranting. Sebenarnya, tidak harus daun bakau untuk dijadikan romping. Daun dari pohon lain juga bisa, walaupun harus ke darat lagi mencari pohon yang bisa diambil daunnya. Sering kali kita mendapatkan laporan adanya penebangan pohon bakau di pulau-pulau kecil di Wilayah perairan laut kita ini. Lokasinya telah dicek, memang ada bekas aktivitas penebangan pohon. Diharapkan masyarakat dapat menjaga kelestarian pohon bakau yang ada di pulau kecil maupun di sekitar sungai, karena ini sangat penting sebagai factor agar jangan sampai terjadi abrasi.

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian
Dalam pembuatan karya tulis ini, jenis penelitian yang saya gunakan yaitu mengamati, mengumpulkan serta menghubungkan. Mengamati yaitu dengan cara turun langsung ke kawasan hutan mangrove. Mengumpulkan yaitu dengan cara data-data yang sudah ada dikumpulkan menjadi satu. Dan menghubungkan yaitu setelah data-data tersebut dikumpulkan, data-data tersebut akan dirangkaisatu sama lain sehingga terbentuklah karya tulis ini.

3.2 Sumber Data
Internet dan orang-orang sekitar yang mengetahui seputar hutan mangrove.

3.3 Teknik Analisis Data
Data yang saya peroleh dari internet dan orang-orang tersebut saya kumpulkan, kemudian dianalisis secara pasti dengan cara membedakan mana data yang isinya lebih baik dan akurat dengan data yang kurang memuaskan.

== Bersambung ==

Karena keterbatasan saya tidak dapat menyertakan secara lengkap Contoh Karya Ilmiah Tentang Hutan Mangrove tersebut. Saya berharap meski hanya beberapa bagian tetapi petikan contoh di atas dapat memberikan sedikit informasi dan inspirasi dalam menyusun karya tulis dengan tema hutan mangrove. 

Cukup sekian, lain waktu akan saya perlengkap contoh tersebut sehingga sobat pengunjung semua dapat mempelajari karya tulis tersebut dengan lengkap dan tanpa kendala. Jangan lupa untuk melihat-lihat beberapa contoh karya tulis lain sebagai bahan referensi, terima kasih.