Contoh Makalah Pendidikan Fisika Dasar tentang Magnet

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah pendidikan yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah makalah tentang magnet yang biasanya disusun oleh rekan mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik. Disini, kita akan sedikit mengulas mengenai isi makalah pendidikan fisika tersebut yang dilengkapi dengan contoh.

Contoh Daftar Isi Makalah tentang Magnet

Agar dapat memberikan gambaran tentang apa-apa yang dapat dibahas dalam makalah tentang magnet ini maka berikut saya sertakan sebuah contoh daftar isi yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui pembahasan pada makalah ini. Contoh daftar isi tersebut yaitu:

DAFTAR ISI
HALAM JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Gaya Lorentz
B. Hukum Ampere-Biot-Savart
C. Hukum induksi magnetik Faraday
D. Hukum Lenz

BAB III KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Setidaknya dari daftar isi di atas kita dapat mengetahui tiga bab penyusun makalah yang kita butuhkan yaitu bab I tentang pendahuluan, bab II tentang isi atau pembahasan dan bab iii mengenai kesimpulan makalah.

Cuplikan Bab I Makalah Fisika tentang Magnet

Dari contoh yang ditampilkan sebelumnya kita mengetahui bahwa bab I makalah fisika ini terdiri dari beberapa bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah serta tujuan penulisan. Sebagai gambaran berikut cuplikan bab I makalah fisika tentang pendidikan yang dapat kita pelajari.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan.

Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.

B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah pengaruh yang ditimbulkan medan magnet menurut para ahli fisika & penerapannya dikehidupan sehari-hari ?

C. Tujuan Penulisan
Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan medan magnet dan penerapannya dikehidupan sehari-hari.

Contoh yang sudah dihadirkan di atas tentunya tidaklah cukup jika kita memang hendak mencari referensi dan mempelajari bagaimana penyusunan makalah ini dan apa saja isi lengkap di dalamnya, untuk itu bagi sobat yang berminat untuk mempelajari jenis karya tulis yang sedang kita bahas ini maka sobat dapat menyalin atau download contoh lengkapnya melalui tautan yang disediakan.

Salin Contoh
Makalah Pendidikan Fisika Tentang Magnet

Silahkan gunakan bahan contoh dari materi di atas sebagai bahan referensi dan media belajar untuk memperdalam pemahaman kita mengenai magnet dan juga kelincahan kita dalam menyusun sebuah makalah. Singkat saja pembahasan ini, semoga apa yang dibagikan dapat bermanfaat bagi kita semua.