Contoh Proposal Lengkap – Usaha Martabak Manis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Menyambung pembahasan mengenai proposal usaha makanan update ini akan berbicara mengenai contoh proposal tentang usaha martabak manis. Contoh ini dapat kita gunakan sebagai bahan belajar bagaimana menyusun proposal makanan yang saat ini peluangnya masih menjanjikan.

Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani dan juga pasti perlu memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik dikonsumsi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewah dipandangan masyarakat.

Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak, nikmat, dan lezat karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia,karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik untuk dikonsumsi.

Dengan demikian tujuan dari pengembangan Proyek itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial,Aspek Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan sementara Aspek sosial adalah untuk membantu Masyarakat dalam mengatasi Pengangguran.

Contoh Bab II Proposal Usaha Martabak

Untuk sekedar bahan belajar berikut mari kita pelajari bersama-sama cuplikan isi dari proposal usaha martabak yang sedang kita bahas ini. Contoh ini merupakan contoh bab ii yang berjudul pengembangan produk.

BAB II
PENGEMBANGAN PRODUK

2.1. Konsep Produk
Konsep Produk yang kita tawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dari Konsep yang telah ditawarkan oleh mereka yang memasarkan lebih dulu. Dengan rasa yang Khas dan terkesan elegan apabila membeli martabak manis ini maka dapat dikatakan martabak manis Produk kita adalah produk Mitu dari Produk sejenis yang ada di pasar.

2.2. Pengembangan Produk
Pengembangan produk kedepan untuk produk martabak manis ini agak sulit mengingat bahwa Model atau jenis dari masakan martabak manis memiliki karakteristik tersendiri,pasar tersendiri dan langganan atau customer tersendiri pula.
Kemungkinan yang dapat dikembangkan adalah cara penyajian ataupun cara pendistribusian ke langganan.

2.3. Uji Produk
Setelah kita mampu membuat produk martabak manis, maka produk ini perlu di uji coba ke para calon pelanggan untuk mengetahui kekurangannya. Uji Coba ini meliputi Taste rasa, serta yang tidak kalah penting adalah Higienesnya. Diperlukan minimal 15 Orang yang berbeda dari tingkat umur,Pekerjaan ,tingkat pendidikan serta jenis kelaminnya. Dengan demikian kita dapat mengukur kira kira Produk martabak manis seperti apa yang mereka inginkan. Bentuk Alat Ukur /Questionnaire ini dapat dibuat seperti berikut :

2.4. Persiapan Produksi
Setelah kita mengetahui keinginan konsumen konsumen seperti apa maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi. Persiapan Produksi akan meliputi beberapa Aspek,yang paling utama adalah persiapan Sumber Daya Manusia,Bahan Baku utama,Bahan baku tambahan,Alat Pengolah,Tempat Produksi,serta yang tak kalah penting adalah Sumber Pendanaan. Sumber Daya Manusia dalam Aspek Produksi sangat penting perannya mengingat produk martabak manis ini sebagian besar atau bahkan seluruhnya dikerjakan secara manual,untuk itu tenaga yang terampil dalam mengolah martabak manis mutlak diperlukan. 

Ketersediaan Bahan Baku utama mesti terjaga stock dan jumlahnya sebab kelangsungan Produksi akan terjaga dengan terjaganya stock yang cukup,mengenai bahan baku tambahan berupa bumbu bumbu dan alat pengolah Walaupun kontribusi terhadap proses produksi relative kecil namun keberadaannya mutlak diperlukan. Yang tak kalah penting adalah sumber pendanaan dari Proyek martabak manis ini, sumber ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber bias dari kredit Bank atau dari simpanan pribadi. Mengingat Jumlah Dana yang diperlukan tidak terlalu besar maka sebaiknya sumber pendanaan akan lebih baik dari Pribadi,modal yang diperlukan dengan perkiraan Omset per hari. Namun apabila dirasa kurang dapat mengajukan permohonan kredit Bank dimana saat ini Bank Berlomba lomba memberikan Kredit tanpa agunan untuk skala kecil menengah.

2.5. Keunggulan produk
Meski produk ini bukanlah tergolong produk baru namun produk yang sedang dikerjakan ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan produk martabak yang sudah ada. Beberapa keunggulan dari produk ini yaitu:
  • Memiliki berbagai macam-macam bentuk 
  • Memiliki berbagai macam-macam rasa 
  • Bahan produk yang higienis 

Download Contoh Proposal Usaha Martabak Manis

Bagi yang memang kebetulang sedang belajar menyusun sebuah proposal usaha makanan seperti martabak manis ini maka dapat mempelajari contoh yang ada dengan cara mendownload terlebih dahulu contoh lengkapnya melalui tautan yang sudah disediakan.

Download Contoh
Proposal Usaha Martabak Manis

Jangan lupa, setelah mengklik tautan download kita akan diarahkan ke halaman lain untuk proses download, kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada pada halaman tersebut untuk mendapatkan contoh lengkapnya.

Saya rasa hari ini cukup sampai disini terlebih dahulu semoga apa yang saya bahas pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi pengunjung setia blog ini. Terima kasih atas kunjungannya, sampai bertemu di contoh proposal lainnya.