Contoh Cara Menyusun Makalah Budidaya Ikan Lele

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Cara Menyusun Makalah Budidaya Ikan Lele. Sebuah makalah perikanan yang dapat dijadikan sebagai bahan tugas atau informasi lain yaitu makalah budidaya ikan lele. Hari ini saya akan membahas bagaimana cara menyusun makalah tersebut dan juga contoh makalah budidaya ikan lele.

Bagaimana Cara Menyusun Makalah 

Menyusun sebuah makalah tidaklah sulit untuk dilakukan jika kita mengetahui kunci atau tip untuk mempermudah penyusunan makalah. Cara tersebut yaitu dengan memanfaatkan sebuah draft atau konsep yang berisi materi yang akan di bahas.

Untuk tips yang dapat digunakan yaitu kita dapat mencoba membuat sebuah draft makalah seperti sebuah daftar isi yang isinya point-point atau materi-materi yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Contoh draft daftar isi yang saya maksud contohnya adalah sebagai berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
1.1 Cara Membudidayakan Ikan Lele
1.2 Tahap Proses Budidaya
1.3 Manajemen Pakan
1.4 Manajemen Air

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

Dari draft daftar isi tersebut kita akan dengan mudah memetakan apa saja yang akan kita masukkan dalam makalah yang sedang disusun. Secara singkat, draft daftar isi yang kita buat itu akan memandu kita untuk menyusun materi apa-apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah makalah.

Dengan memanfaatkan konsep draft daftar isi ini maka kita akan lebih mudah dalam menyaring informasi-informasi yang akan kita masukkan dan informasi yang tidak perlu kita masukkan dalam makalah tersebut.

Cuplikan Contoh Makalah Budidaya Ikan Lele 

Untuk bonus bagi sobat semua yang sedang membutuhkan sebuah contoh makalah tentang ikan lele tersebut, berikut ini silahkan disimak sebuah cuplikan bab i makalah ikan lele. Cuplikan tersebut sebagai berikut.

1.1 Latar Belakang Masalah
Peluang usaha budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang sangat diperhitungkan saat ini. Apabila diperhatikan, banyak terdapat penjual pecel lele yang memerlukan pasokan ikan lele setiap harinya, hal inilah yang membuat permintaan ikan tersebut menjadi semakin tinggi dipasaran dan membuka potensi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Ternak ikan lele relatif lebih mudah apabila dibandingkan dengan ikan tawar lainnya seperti ikan mas atau mujahir karena lebih tahan terhadap penyakit maupun kondisi lingkungan. Dalam usaha ternak atau budidaya lele semakin menginspirasi banyak orang untuk ikut terjun dan meraih kesuksesan dalam usaha ini.

Ditambah lagi semakin banyaknya informasi dari beberapa media tentang peluang usaha budidaya ikan lele yang semakin menjanjikan karena pasarannya yang luas dan permintaan akan ikan lele yang terus meningkat, bahkan belakangan telah ramai dibicarakan bahwa ikan lele ikut andil dalam komoditi ekspor. Dikarenakan ada beberapa negara yang memang sangat membutuhkan pasokan ikan lele. Oleh karena itu kami berkeinginan untuk membudidayakan ikan lele tersebut

1.2 Tujuan Penulisan
Karya tulis ini sangat penting sebagai penulis karena dapat menambah pengetahuan. Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah:
1. Untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA)
2. Untuk meningkatkan pengetahuan penulis tentang budidaya ikan lele

Itulah tadi, sebuah pembahasan singkat mengenai contoh cara menyusun "makalah budidaya ikan lele", apabila sobat masih bingung dengan penjelasan saya silahkan coba dipelajari lebih dalam cuplikan yang disertakan.