KTI Kebidanan: Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Melalui update contoh KTI kebidanan ini saya akan berupaya memberikan gambaran isi kti tentang "pengaruh pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi". Ulasan lengkap mengenai skripsi kebidanan ini saya khususkan bagi pengunjung yang akan menyusun karya tulis ilmiah (KTI).

Karya tulis ilmiah atau sering disingkat dengan KTI merupakan suatu karya tulis yang antara lain biasa disusun oleh mahasiswa kebidanan. Karya ini selain disusun sebagai sarana pembelajaran juga disusun sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar atau sebagai syarat kelulusan program kuliah yang diikuti.

Dalam menyusun karya tulis ini, penyusun akan terlebih dahulu melakukan penelitian terhadap permasalahan yang telah dipilih untuk mendapatkan jawaban atau solusi atau pembuktian terhadap suatu kasus atau rumusan masalah yang telah disetujui. Salah satu contoh karya tulis kebidanan tersebut seperti kti pengaruh pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi yang akan kita bahas sekarang ini.

Contoh Abstrak KTI Kebidanan Pijat Bayi

Pengunjung yang akan menyusun karya tulis ilmiah dapat menggunakan contoh abstrak ini untuk melihat gambaran keseluruhan sebuah karya tulis ilmiah kebidanan khususnya yang membahas mengenai pengaruh pijat bayi. Contoh halaman abstrak ini merupakan cuplikan dari kti berjudul Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Pada Usia 1-3 Bulan di Desa ... Kabupaten ... Tahun .... Silahkan simak selengkapnya berikut ini.

ABSTRAK

Latar Belakang: Pijat bayi merupakan suatu usaha positif untuk memperoleh kondisi optimal karena dapat merangsang semua kerja sistem sensorik dan motorik. Sentuhan dan pijat pada bayi setelah kelahiran dapat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman dan nyaman pada bayi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi usia 1-3 bulan.

Metode Penelitian: Jenis penelitian berbentuk eksperimen dengan rancangan penelitian pre-post test group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh bayi berumur 1-3 bulan yang memeriksakan diri di posyandu sebanyak 20 bayi. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji fisher exact test dengan menggunakan program Epi Info versi 6.

Hasil: Dari hasil uji statistik diperoleh p value sebesar 0,007, OR = 5,83, dan CI 95%=1,54 – 22,10 pada taraf signifikansi 0,05,

Kesimpulan: Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kenaikan berat badan yang bermakna pada kelompok bayi yang dilakukan pijat dengan tidak dilakukan pijat. Ini berarti bahwa pelaksanaan pijat bayi berpengaruh terhadap kenaikan berat badan bayi.

Pembahasan: Bayi yang diberikan pijatan akan lebih rileks dan beristirahat dengan efektif, sehingga pada saat bangun membawa energi cukup untuk beraktifitas. Secara optimal bayi akan cepat lapar sehingga nafsu makan meningkat. Peningkatan nafsu makanan bayi akan meningkatkan kebutuhan bayi pada ASI, sehingga kenaikan berat badan yang dialami bayi menjadi optimal.

Kata kunci: Pijat bayi, kenaikan berat badan Bayi

***

Dengan membaca abstrak tersebut maka setidaknya kita tahu isi dalam KTI Kebidanan tersebut jadi kita memiliki gambaran bagaimana menyusun sebuah kti yang kita butuhkan. Untuk lebih dalam lagi, sobat juga dapat melihat beberapa informasi lain melalui uraian selanjutnya.

Daftar Isi KTI Kebidanan Pengaruh Pijat Bayi

Karena kita membahas mengenai pengaruh pijat bayi maka saya akan berusaha memberikan gambaran lebih dalam mengenai skripsi kebidanan ini melalui sebuah contoh rumusan daftar isi. Untuk mengetahui informasi apa saja yang dapat kita bahas dalam skripsi kebidanan (KTI) ini silahkan lihat contoh daftar isi KTI-nya berikut ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN PERNYATAAN
ABSTRAK
ABSTRACT
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
RIWAYAT HIDUP
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Ruang Lingkup Penelitian
1.6 Keaslian Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Tinjauan Kepustakaan
2.1.1 Pijat bayi
2.1.2 Kenaikan berat badan bayi
2.1.3 Pengaruh pelaksanaan pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi
2.2 Kerangka Teori
2.3 Kerangka Konsep
2.4 Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Rancangan Penelitian
3.2 Waktu dan Tempat Penelitian
3.3 Populasi dan Sampel
3.4 Variabel dan Definisi Operasional
3.5 Jenis dan Teknik Pengumpulan Data
3.6 Instrumen Penelitian
3.7 Analisis Data
3.8 Jadwal Penelitian
3.9 Keterbatasan Penelitian
3.10 Alur Pengambilan Sampel

BAB IV Hasil dan Pembahasan
4.1 Hasil Penelitian
4.2 Pembahasan

BAB V Kesimpulan dan Saran
1.1 Kesimpulan
1.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Saya sangat berharap dengan melihat contoh daftar isi di atas maka pembahasan kali ini mengenai KTI Kebidanan: Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi dapat memenuhi tujuan utamanya yaitu memberikan sedikit gambaran kepada pengunjung tentang bagaimana isi karya tulis ilmiah kebidanan (KTI Kebidanan) khususnya yang membahas mengenai pengaruh pijat bayi.

Lain waktu jika memang memungkinkan saya akan memberikan kesempatan kepada pengunjung semua agar dapat mendownload KTI Kebidanan: Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi secara lengkap agar dapat dipergunakan sebagai bahan belajar dan referensi karya tulis. Sementara sampai disini saja, semoga bermanfaat.