Contoh Makalah Statistika Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Statistika Lengkap - Kita awali dengan pembukaan terlebih dahulu, yaitu kata pengantar untuk contoh makalah yang akan kita bahas. Anda akan mendapatkan pembahasan mengenai Makalah Statistika pada artikel ini, jika berminat anda bisa download gratis.

Puji syukur penyusun panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas makalah matematika yang berjudul "Statistika" tepat pada waktunya. 

Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti halnya pepatah “ tak ada gading yang tak retak “, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah kami selanjutnya. 

Akhir kata, penyusun ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Serta berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

Untuk dapat memastikan bahwa Contoh Makalah Statistika ini sesuai dengan kebutuhan anda, berikut akan digambarkan lebih jelas mengenai isi makalah ini melalui daftar isi yang sudah disiapkan. Dengan membaca daftar ini anda bisa memastikan bahwa contoh makalah yang akan anda download sesuai dengan yang diinginkan. Isi selengkapnya seperti di bawah ini.

1 Definisi Statistik
2 Statistika
3 Tipe Pengukuran 
4 Jenis data, Karakteristik, Unit observasi, Variabel, Populasi, Sensus, Sampel, dan Teknik Sampling 
5 Distribusi Peluang 
6 Kombinasi dan Permutasi
7 Deret 

Sebelum mengingatkan saja sebelum anda melanjutkan dengan membaca latar belakang masalah yang ada di bawah ini, jika anda sering berkunjung ke website ini anda akan mendapatkan banyak sekali referensi berbagai contoh karya tulis yang anda butuhkan. 

Bukan cuma mengenai materi statistika melainkan banyak lagi materi lain yang akan terus di tambah. Jadi pastikan anda mengingat-ingat alamat situs ini untuk tambahan referensi. Selanjutnya silahkan baca terlebih dahulu latar belakang masalah yang disiapkan berikut.

Secara etimologis kata statistic berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa inggris) atau kata staat (bahasa belanda), dan yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata statistic diartikan sebagai kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu Negara.

Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistic hanya di batasi pada kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif) dan yang tidak berwujud angka (data kualitatif).

Istilah statistic juga sering diberi pengertian sebagai kegiatan statistic atau kegiatan persetatistikan atau kegiatan pensetatistikan. Sebagaimana disebutkan dalam undang-undang tentang statistic (lihat undang-undang No. 7 tahun 1960), kegiatan statistic mencakup 4 hal, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) penyusunan data, (3) pengumuman dan pelaporan data, dan (4) analisis data.

Penasaran ingin tahu apa kesimpulan dari pembahasan panjang lebar mengenai Contoh Makalah Statistika Lengkap ini, berikut kesimpulan tersebut untuk anda baca.

Ada 2 pendekatan untuk menganalisis informasi berdasarkan jenis informasi yang diperoleh, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif/analisis data kuantitatif adalah analisis yang berbasis pada kerja hitung-menghitung angka. Angka yang diolah disebut input dan hasilnya disebut output juga berupa angka. Analisis kualitatif/analisis data kualitatif adalah analisis yang berbasis pada kerja pengelompokan simbol-simbol selain angka. Simbol itu berupa kata, frase, atau kalimat yang menunjukkan beberapa kategori. Input maupun output analis data kualitatif berupa simbol, dimana outputnya disebut deskripsi verbal.


Statistik adalah sebagai alat pengolah data angka. Stasistik dapat juga
diartikan sebagai metode/asas-asas guna mengerjakan/memanipulasi data kuantitatif agar angka berbicara. Pendekatan dengan statistik sering digunakan metode statistik yaitu metode guna mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis & menginterpretasikan data statistik. Statistika dapat pula diartikan pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penganalisisan dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan analisis. Jadi statistik adalah produk dari kerja statistika.

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
  1. Ada empat tipe pengukuran atau skala pengukuran yang digunakan di dalam statistika, yakni: nominal, ordinal, interval, dan rasio. Keempat skala pengukuran tersebut memiliki tingkat penggunaan yang berbeda dalam riset statistik. 
  2. Skala nominal hanya bisa membedakan sesuatu yang bersifat kualitatif (misalnya: jenis kelamin, agama, warna kulit). 
  3. Skala ordinal selain membedakan juga menunjukkan tingkatan (misalnya: pendidikan, tingkat kepuasan). 
  4. Skala interval berupa angka kuantitatif namun tidak memiliki nilai nol mutlak (misalnya: tahun, suhu dalam Celcius). 
  5. Skala rasio berupa angka kuantitatif yang memiliki nilai nol mutlak. 
Contoh Makalah Statistika Lengkap
http://q.gs/7YgMu
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Jangan lupa, anda bisa mempelajari Contoh Makalah Statistika Lengkap mulai dari cover sampai daftar pustaka dengan mendownload terlebih dahulu makalah ini dari tautan link yang telah disediakan. Referensi lain yang mungkin anda butuhkan bisa anda baca di bagian akhir.