Laporan Bahasa Indonesia – Membuat Intisari Buku dan Artikel

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh karya tulis kali ini akan berbagi mengenai laporan bahasa Indonesia tentang membuat intisari buku dan artikel yang biasa diberikan sebagai tugas mata pelajaran ini. Pada laporan ini kita diminta untuk menuliskan intisari atau pokok-pokok informasi dari sebuah artikel dan buku yang kita baca.

Laporan berikut ini hanya merupakan sebuah contoh hasil observasi siswa dalam menyusun intisari dari bacaan yang dipilih. Saat sobat menyusun laporan seperti ini bisa saja akan berbeda dengan apa yang ada disini. Yang perlu dicatat adalah bahwa dalam membuat laporan ini tentu saja kita harus membaca artikel dan buku tersebut terlebih dahulu secara seksama. Setelah itu baru kita dapat mengungkapkan berbagai pokok informasi yang ada dalam kedua bacaan tersebut.

Supaya tidak begitu bingung dalam membuatnya bisa dilihat sebuah contoh berikut ini sebagai gambaran hasil dari membaca artikel dan buku yang telah dilakukan.

Laporan Bahasa Indonesia – Membuat Intisari Buku dan Artikel

Artikel

a. Identitas artikel:
Judul artikel : Prospek Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah
Pengarang : M. Purwanti
Penerbit : Intan Pariwara
Tahun Terbit : 2010

b. Pokok paragraf :
  • Potensi wisata yang beragam di Provinsi Sulawesi Tengah.
  • Pengolahan wisata bahari menjadi daya tarik para wisatawan.
  • Perkembangan transportasi pariwisata yang memadai di Provinsi Sulawesi Tengah.
  • Pemerintah Sulawesi Tengah mendorong pembangunan infrastruktur di berbagai sektor.
  • Potensi yang dikembangkan dengan optimal dan didukung oleh sarana dan prasana, serta promosi yang gencar, diharapkan mampu membawa kepariwisataan provinsi Sulawesi Tengah tampil prima dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Provinsi ini.

c. Intisari artikel

Prospek Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah

Potensi wisata yang beragam di Provinsi Sulawesi Tengah menjadi daya tarik yang menarik. Pengolahan wisata bahari menjadi daya tarik bagi para wisatawan serta perkembangan transportasi pariwisata yang memadai di Provinsi Sulawesi Tengah. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendorong pembangunan infrastruktur di berbagai sektor.

Potensi yang dikembangkanpun optimal dan didukung oleh sarana dan prasarana, serta promosi yang gencar diharapkan mampu membawa kepariwisataan Provinsi Sulawesi Tengah tampil prima dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Provinsi ini.

Buku

a. Identitas buku:
Judul buku : Hati Nurani
Pengarang : Irmansyah Efendi
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun terbit : 2002
Tebal buku : 160 halaman

b. Pokok-pokok paragraf :
  • Hati nurani adalah bagian terdalam atau inti dari hati (pusat perasaan-perasaan halus kita yang berada di tengah rongga dada). Hati nurani selalu mengetahui kebenaran, selalu mengarahkan kita kepada Tuhan.
  • Seorang penjahat pun mempunya hati nurani, tetapi hati nuraninya dapat dikatakan tidak bekerja sama sekali. Namun secepat dia mempergunakan hati nuraninya, secepat itu pula dia akan kembali mengarahkan dirinya kepada Tuhan.
  • Cara terbaik dan termudah untuk membuka hati adalah dengan mengandalkan berkat Tuhan. Jadi, kita hanya berdoa untuk memohon kepada Tuhan agar emosi-emosi negatif beserta sampahnya yang ada di hati kita keluar.
  • Senyum, santai dan pasrah adalah kunci penting untuk dapat melakukan hal –hal yang berkaitan dengan hati, khususnya hati nurani.
  • Hati nurani tidak dapat dipergunakan untuk mencari keuntungan dari fluktuasi kurs mata uang asing, saham, ataupun hal-hal lainnya yang sejenis.
  • Tujuan kita menempatkan hati nurani sebagai nahkoda di kehidupan kita yaitu agar kita kembali kepada Tuhan. Seutuhnya, sebagaimana kodrat dari setiap makhluk.
c. Intisari buku

Hati Nurani

Hati nurani adalah bagian terdalam atau inti dari hati (pusat perasaan-perasaan halus kita yang berada di tengah rongga dada). Hati nurani selalu mengetahui kebenaran, selalu mengarahkan kita kepada Tuhan. Seorang penjahat pun mempunya hati nurani, tetapi hati nuraninya dapat dikatakan tidak bekerja sama sekali. Namun secepat dia mempergunakan hati nuraninya, secepat itu pula dia akan kembali mengarahkan dirinya kepada Tuhan.

Perbedaan hati dan hati nurani. Hati adalah pusat dari seluruh perasaan manusia. Sedangkan hati nurani adalah bagian terdalam atau dapat dikatakan inti dari hati itu sendiri yang merupakan percikan dari Tuhan (dzat Tuhan) yang tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain dan selalu murni. Pada kebanyakan manusia, otak merekalah yang berfungsi saat mereka melakukan berbagai hal. Tetapi, manusia tidak menyadari bahwa otak biasanya lebih banyak bekerja untuk menjauhkan manusia dari Tuhan tanpa disadarinya. Hati nuranilah yang sebenarnya menjadi pusat kendali dari hidup kita. Otak sendiri tetap dipergunakan, tetapi peran otak sudah harus diubah, dari nahkoda menjadi pelasana saja

Penyebab mengapa hati nurani kebanyakan orang tidak berfunsi dengan baik:
  1. Tidak ada pelajaran tekni mengenai hati nurani
  2. Hati belum terbuka
  3. Hati nurani belum aktif
  4. Otak lebih berdominan
  5. Kemalasan
  6. Meningkatkan diri sendiri
Cara terbaik dan termudah untuk membuka hati adalah dengan mengandalkan berkat Tuhan. Jadi, kita hanya berdoa untuk memohon kepada Tuhan agar emosi-emosi negatif beserta sampahnya yang ada di hati kita keluar. Senyum, santai dan pasrah adalah kunci penting untuk dapat melakukan hal –hal yang berkaitan dengan hati, khususnya hati nurani. Cara menguatkan hati nurani yaitu mengarahkan hati serta diri kepada Tuhan dan ketekunan.

Hati nurani tidak dapat dipergunakan untuk mencari keuntungan dari fluktuasi kurs mata uang asing, saham, ataupun hal-hal lainnya yang sejenis. Tujuan kita menempatkan hati nurani sebagai nahkoda di kehidupan kita yaitu agar kita kembali kepada Tuhan. Seutuhnya, sebagaimana kodrat dari setiap makhluk.

===

Contoh dari Laporan Bahasa Indonesia – Membuat Intisari Buku dan Artikel ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk belajar yang lebih giat dan bersemangat lagi. Lain waktu semoga dapat dibagikan berbagai referensi lain untuk menambah lengkap bahan belajar bagi kita semua.