Makalah Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia - untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah perkembangan Islam khususnya di Indonesia kita dapat membaca berbagai literatur. Kita bisa membaca materi di buku. Atau kita bisa mengkaji berbagai artikel online. 

Di internet juga sudah banyak yang membahas mengenai hal ini. Salah satunya adalah contoh - contoh dalam karya tulis atau makalah. Misalnya salah satunya makalah sejarah Islam di Indonesia. Mengingat pentingnya informasi tersebut secara khusus saya akan membahas mengenai penyusunan makalah yang membahas tema ini.

Pertama, kita akan membahas mengenai isi dari makalah sejarah ini. Yang kita dalami adalah berbagai informasi yang seharusnya dibahas jika kita mengambil tema mengenai perkembangan Islam. 

Nanti, dibagian akhir juga akan disiapkan contoh yang bisa dipelajari dengan lengkap. Contoh tersebut tentu tidak dicantumkan langsung pada pembahasan ini. Nanti sobat dan rekan pelajar bisa mengunduh atau menyalinnya. 

A. Materi Makalah Sejarah Perkembangan Islam 

Sesuai tema, ada beberapa materi yang dapat masuk dalam pembahasan makalah ini yang kesemuanya itu mengacu kepada satu inti yaitu sejarah Islam. Selain informasi pada bab I pendahuluan, informasi-informasi tersebut sangatlah penting dan layak untuk dibahas lebih dalam dalam sebuah makalah. 

Untuk dapat memberikan gambaran mengenai isi di dalam makalah tersebut berikut ini saya berikan contoh daftar isi untuk informasi yang dihadirkan. Contoh daftar isi tersebut sebagai berikut.

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Masalah

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Masuknya Islam
2.2 Wujud Akulturasi Kebudayaan Indonesia dan Islam
2.3 Kebangkitan Perkembangan Islam Pada Abad-20

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Di atas adalah contoh daftar isi yang bisa digunakan untuk melihat materi apa saja yang akan dibahas. Kalau rekan bingung dengan isi makalah ini maka daftar isi di atas bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu kita juga bisa tahu bagaimana susunan makalah yang akan dibuat. Selanjutnya silahkan pelajari bagian pendahuluannya. 

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Selain gambaran mengenai materi dalam daftar isi tersebut di atas kita juga dapat sedikit melihat contoh latar belakang untuk makalah tersebut. Silahkan simak juga petikan contoh latar belakang berikut.

Risalah Islam dilanjutkan oleh Nabi Muhammad saw. di Jazirah Arab pada abad ke-7 ketika Nabi Muhammad s.a.w. mendapat wahyu dari Allah swt. Setelah wafatnya nabi Muhammad s.a.w. kerajaan Islam berkembang hingga Samudra Atlantik di barat dan Asia Tengah di Timur. Hingga umat Islam berpecah dan terdapat banyak kerajaan-kerajaan Islam lain yang muncul. 

Namun, kemunculan kerajaan-kerajaan Islam seperti kerajaan Umayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, dan Kekhalifahan Ottoman, Kemaharajaan Mughal, India,dan Kesultanan Melaka telah menjadi kerajaaan yang besar di dunia. Banyak ahli-ahli sains, ahli-ahli filsafat dan sebagainya muncul dari negeri-negeri Islam terutama pada Zaman Emas Islam. Karena banyak kerajaan Islam yang menjadikan dirinya sekolah.

Sekarang agama Islam adalah agama terbesar di Indonesia, namun begitu banyak orang yang masih belum begitu paham bagaimana sejarah perkembangan Islam terutama di Indonesia. Mereka hanya tahu bahwa Islam itu berasal dari timur tengah atau Arab Saudi saja tanpa tahu siapa yang menyebarkannnya dan berbagai teori penyebarannya. Maka dari itu dalam makalah ini penulis merasa tertarik untuk mengangkat tema tersebut diatas kedalam sebuah karya tulis yang berjudul "Perkembangan Islam Di Indonesia".

B. Contoh Makalah Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia

Sebelumnya saya minta maaf jika belum sempat memberikan atau menupload contoh untuk makalah sejarah Islam di Indonesia yang kita bahas ini. Seperti biasa untuk tiap-tiap pembahasan tentunya akan dilengkapi dengan contoh.

Untuk itu dibawah ini saya sudah siapkan link atau tautan untuk menyalin contoh makalah sejarah yang dibutuhkan. Dengan begitu rekan pelajar semua bisa lebih leluasa mempelajari materinya sekaligus belajar membuat makalah yang baik.

Silahkan cek link download makalah tersebut, jika link belum aktif berarti contoh yang dimaksud belum terupload. Apabila ada contoh yang belum tercantum pada link salin contoh saya secara pribadi mohon maaf karena belum dapat melengkapinya. 

Contoh Makalah Perkembangan Islam di Indonesia

Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar hal tersebut tidak terjadi. Itulah uraian singkat saya mengenai tema update karya tulis kali ini. Jangan lupa pelajari juga beberapa contoh lain yang sudah disiapkan. Selamat menyusun makalah yang dibutuhkan.