Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Ada sebuah contoh karya tulis dengan tema berbeda yang akan saya bagikan kali ini yaitu yang membahas mengenai pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja. Karya tulis tersebut merupakan karya tulis remaja yang dapat kita jadikan bahan belajar dalam penyusunan KIR. Selengkapnya silahkan baca berikut!

Apakah lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi pola pikir seorang remaja, apabila benar lalu seberapa jauh pengaruhnya terhadap pola pikir pada remaja. Melalui contoh KIR berikut kita akan mencoba mengupas lebih dalam tentang seberapa jauh efek lingkungan buruk bagi remaja khususnya pada pola pikir.

Mungkin ada rekan pelajar yang sedang mencari ide untuk dibahas dalam sebuah karya ilmiah. Ide pembahasan mengenai pengaruh lingkungan ini mungkin bisa dijadikan referensi tambahan bagi yang membutuhkan. 

Dengan membahas mengenai ini tentu kita akan mendapatkan informasi bermanfaat tentang dampak lingkungan buruk. Selain itu tentu kita bisa lebih mahir lagi dalam melakukan penelitian dan penyusunan sebuah karya ilmiah. 

A. Contoh Daftar Isi

Yang paling sederhana dalam mempelajarai sebuah karya ilmiah adalah melihat daftar isinya terlebih dahulu. Dengan tahu daftar isinya maka kita mendapatkan gambaran apa - apa saja yang perlu dibahas secara mendalam. 

Oleh karena itu untuk contoh kali ini akan kita berikan langsung daftar isinya. Isi karya ilmiah remaja yang satu ini secara singkat dapat memuat beberapa informasi seperti yang tergambar pada contoh daftar isi yang disertakan berikut ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
DAFTAR KELOMPOK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan
C. Manfaat

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Lingkungan Buruk
B. Pola Pikir
C. Remaja

BAB III METODE PENELITIAN
A. Metode Pengumpulan Data
B. Metode Analisis Data
BAB IV PEMBAHASAN
A. Kehidupan Lingkungan dan Remaja
B. Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

Dari contoh daftar isi tersebut kita sedikit mengetahui tata urutan dan susunan karya ilmiah remaja yang membahas mengenai lingkungan buruk dan pola pikir remaja. Silahkan sesuaikan dengan pembahasan yang diinginkan karena yang di atas hanya sebagai bahan gambaran saja.

B. Cuplikan Bab I Kir Pengaruh Lingkungan 

Untuk menyusun KIR tema ini sebenarnya melihat daftar isi di atas saja sudah bisa mendapatkan gambaran yang luas. Namun begitu kadang kita juga bingung dalam hal bentuk penyusunan atau penulisannya. 

Agar lebih mantap dan lebih jelas maka berikut ini akan disertakan cuplikan contoh bab I Pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan juga manfaat penelitian yang dilakukan dalam menyusun karya ilmiah remaja yang sedang kita bahas.

BAB 1

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

Lingkungan sosial merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk dapat melakukan sesuatu tindakan serta perubahan-perubahan perilaku setiap individu. Lingkungan sosial yang kita kenal antara lain lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan lingkungan tetangga. Keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertamakali dikenal oleh individu sejak lahir.


Pengaruh lingkungan terhadap pola berpikir remaja sangat dibutuhkan.Lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian seseorang.Ada lingkungan yang kearah progress ada juga lingkungan yang kearah regres. Jika seorang remaja berhasil membawa dirinya kepada arah yang progress berarti sosialisasi terhadap lingkungan remaja tersebut baik dan berhasil.Akan tetapi jika remaja tersebut terjerumus kedalam lingkungan yang regres maka hal ini lah yang perlu dibenarkan.Remaja sekarang banyak yang salah mengartikan lingkungan regres.

Remaja sekarang jika tidak mengikuti style yang berkembang akan dianggap cupu dan kurang mengikuti zaman.Hal ini lah yang dapat menyebabkan remaja terjerumus kedalam lingkungan yang buruk.Lingkungan buruk sangat besar perannya terhadap perkembangan psikis remaja.

Bahasan ini berkaitan dengan dampak atau pengaruh lingkungan terhadap remaja. Oleh karena itu,dalam hal ini akan dipaparkan mengenai pengaruh lingkungan buruk terhadap pola berpikir remaja.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,masalah dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan buruk?
2. Bagaimana pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja?
3. Apa dampak dari pengaruh lingkungan buruk terhadap remaja?
4. Bagaimana cara meminimalisir dampak pengaruh buruk tersebut?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas,tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apa itu yang dimaksud dengan lingkungan buruk, pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja, dampak dari lingkungan buruk, dan cara meminimalisir lingkungan buruk tersebut.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat sebagai berikut:

1. Bagi remaja, agar dapat lebih berhati-hati dalam pergaulan dilingkungannya.Remaja harus lebih bisa selektif untuk memilih pergaulan di sekelilingnya agar tidak terjerumus kedalam lingkungan yang regres.

2. Bagi orang tua, hendaknya orang tua lebih bisa mengontrol pergaulan putra putrinya.Orang tua mempunyai peranan dalam mengawasi putra putrinya di lingkungan sekitar. Orang tua harus lebih otoriter terhadap lingkungan buruk yang akan mengganggu pola pikir putra putrinya.

3. Bagi peneliti, sebagai sarana bersosialisasi terhadap remaja sekarang dan lebih bisa mengenal apa dampak dari pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja.

Seperti itulah pembahasan kita mengenai "Karya Ilmiah Remaja: Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja" kali ini. Semoga dapat menjadi referensi bagi kita semua dalam menyusun karya ilmiah remaja tersebut. 


Dengan mempelajari contoh kali ini saya harap kita dapat memiliki tambahan referensi untuk belajar. Jangan lupa untuk melihat referensi contoh karya tulis lainnya hanya pada blog ini karena contoh-contoh terbaru akan selalu diupdate setiap minggunya. Sampai disini, semoga bermanfaat!