Karya Ilmiah Remaja: Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Ada sebuah contoh karya tulis dengan tema berbeda yang akan saya bagikan kali ini yaitu yang membahas mengenai pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja. Karya tulis tersebut merupakan karya tulis remaja yang dapat kita jadikan bahan belajar dalam penyusunan KIR. Selengkapnya silahkan baca berikut!

Apakah lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi pola pikir seorang remaja, apabila benar lalu seberapa jauh pengaruhnya terhadap pola pikir pada remaja. Melalui contoh KIR berikut kita akan mencoba mengupas lebih dalam tentang seberapa jauh efek lingkungan buruk bagi remaja khususnya pada pola pikir.

Contoh Daftar Isi Karya Ilmiah Tentang Pengaruh Lingkungan Buruk

Isi karya ilmiah remaja yang satu ini secara singkat dapat memuat beberapa informasi seperti yang tergambar pada contoh daftar isi yang disertakan berikut ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
DAFTAR KELOMPOK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan
C. Manfaat

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Lingkungan Buruk
B. Pola Pikir
C. Remaja

BAB III METODE PENELITIAN
A. Metode Pengumpulan Data
B. Metode Analisis Data
BAB IV PEMBAHASAN
A. Kehidupan Lingkungan dan Remaja
B. Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

Dari contoh daftar isi tersebut kita sedikit mengetahui tata urutan dan susunan karya ilmiah remaja yang membahas mengenai lingkungan buruk dan pola pikir remaja. Silahkan sesuaikan dengan pembahasan yang diinginkan karena yang di atas hanya sebagai bahan gambaran saja.

Cuplikan Bab I Kir: Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja

Biar lebih mantap dan lebih jelas maka berikut ini akan disertakan cuplikan contoh bab I Pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan juga manfaat penelitian yang dilakukan dalam menyusun karya ilmiah remaja yang sedang kita bahas.

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pengaruh lingkungan terhadap pola berpikir remaja sangat dibutuhkan.Lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian seseorang.Ada lingkungan yang kearah progress ada juga lingkungan yang kearah regres. Jika seorang remaja berhasil membawa dirinya kepada arah yang progress berarti sosialisasi terhadap lingkungan remaja tersebut baik dan berhasil.Akan tetapi jika remaja tersebut terjerumus kedalam lingkungan yang regres maka hal ini lah yang perlu dibenarkan.Remaja sekarang banyak yang salah mengartikan lingkungan regres.

Remaja sekarang jika tidak mengikuti style yang berkembang akan dianggap cupu dan kurang mengikuti zaman.Hal ini lah yang dapat menyebabkan remaja terjerumus kedalam lingkungan yang buruk.Lingkungan buruk sangat besar perannya terhadap perkembangan psikis remaja.

Bahasan iniberkaitan dengan dampak atau pengaruh lingkungan terhadap remaja.

Oleh karena itu,dalam hal ini akan dipaparkan mengenai pengaruh lingkungan buruk terhadap pola berpikir remaja.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,masalah dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan buruk?
2. Bagaimana pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja?
3. Apa dampak dari pengaruh lingkungan buruk terhadap remaja?
4. Bagaimana cara meminimalisir dampak pengaruh buruk tersebut?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah diatas,tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apa itu yang dimaksud dengan lingkungan buruk, pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja, dampak dari lingkungan buruk, dan cara meminimalisir lingkungan buruk tersebut.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat sebagai berikut:

1. Bagi remaja, agar dapat lebih berhati-hati dalam pergaulan dilingkungannya.Remaja harus lebih bisa selektif untuk memilih pergaulan di sekelilingnya agar tidak terjerumus kedalam lingkungan yang regres.

2. Bagi orang tua, hendaknya orang tua lebih bisa mengontrol pergaulan putra putrinya.Orang tua mempunyai peranan dalam mengawasi putra putrinya di lingkungan sekitar. Orang tua harus lebih otoriter terhadap lingkungan buruk yang akan mengganggu pola pikir putra putrinya.

3. Bagi peneliti, sebagai sarana bersosialisasi terhadap remaja sekarang dan lebih bisa mengenal apa dampak dari pengaruh lingkungan buruk terhadap pola pikir remaja.

Seperti itulah pembahasan kita mengenai "Karya Ilmiah Remaja: Pengaruh Lingkungan Buruk Terhadap Pola Pikir Remaja" kali ini, semoga dapat menjadi referensi bagi kita semua dalam menyusun karya ilmiah remaja tersebut. Dengan mempelajari contoh kali ini saya harap kita dapat memiliki tambahan referensi untuk belajar.

Jangan lupa untuk melihat referensi contoh karya tulis lainnya hanya pada blog ini karena contoh-contoh terbaru akan selalu diupdate setiap minggunya. Sampai disini, semoga bermanfaat!