Contoh Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Sebagai seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), ada kalanya kita diminta untuk menyusun sebuah laporan praktikum untuk mata pelajaran biologi yang disusun berdasarkan praktikum yang kita lakukan. Laporan hasil praktikum tersebut kita susun sedemikian rupa untuk menggambarkan apa yang kita lakukan dan juga untuk mendokumentasikan kerja praktikum yang ditugaskan. Salah satu tugas laporan tersebut yaitu penyusunan laporan praktikum biologi tentang seleksi alam yang akan bersama-sama kita bahas pada kesempatan ini.

Berkaitan dengan tema pembahasan kali ini kita akan menyajikan dua hal penting yaitu yang pertama adalah draft laporan praktikum biologi dan yang kedua adalah contoh laporan praktikum biologi. Untuk rekan pelajar yang hendak menyusun laporan seperti ini dapat mengikuti panduan dalam draft yang disertakan dan juga melihat dan mempelajari contoh laporan yang juga akan diberikan.

Draft Laporan Hasil Praktikum Biologi

Masing-masing orang tentunya akan menghasilkan laporan yang berbeda-beda meskipun pembahasan atau isinya sama. Karena itu dalam menyusun laporan praktikum tentunya kita harus berpedoman kepada penjelasan dan tata cara yang diberikan oleh guru. Sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan dalam menyusun laporan ini berikut disertakan sebuah draft laporan praktikum biologi. Di dalam draft tersebut kita dapat mengetahui berbagai isi dan pembahasan serta susunan laporan praktikum yang biasanya dibuat oleh rekan pelajar SMA.

1. Latar Belakang
2. Tujuan Penelitian
3. Dasar Teori
4. Hipotesis
5. Metode Penelitian
5.1 Alat dan Bahan
5.2 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Penelitian
5.3 Cara Kerja
6. Hasil
7. Pembahasan
8. Kesimpulan
Daftar Pustaka

Dengan melihat draft untuk isi laporan tersebut tentunya kita akan lebih mudah lagi dalam menyusun laporan yang diperlukan dan tidak perlu bingung-bingung lagi bagaimana bentuk laporan tersebut. Selanjutnya kita dapat melihat berbagai contoh laporan seperti ini dari kakak tingkat sebelumnya dengan mencari di perpustakaan sekolah.

Salin Contoh Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam

Akan lebih jelas lagi jika kita melihat referensi laporan tersebut sebelum menyusunnya baik itu dengan mencari sumber buku maupun berbagai referensi dari siswa tahun lalu. Supaya tidak perlu sulit-sulit mencarinya berikut ada sebuah contoh yang dapat kita pelajari bersama-sama.

Jika memang sesuai dengan apa yang kita butuhkan maka kita dapat menyalin contoh berikut sebagai bahan belajar.

Semua mahluk hidup yang ada di bumi ini sangatlah bermacam bentuk serta rupanya, sehingga mereka juga menempati ekosistem yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, keadaan umum seperti cuaca, suhu, dan iklim juga akan berbeda-beda pada masing-masing tempat, dan hal ini juga sangat berpengaruh terhadap peradaptasian pada masing-masing mahluk hidup.

Dengan berbagai perbedaan tersebut muncul teori evolusi Darwin. Evolusi adalah mempelajari tentang sejarah asal usul mahluk hidup dan keterkaitan genetik antara mahluk hidup yang satu dengan mahluk hidup yang lainnya. Teori Darwin berisi bahwa seleksi alam terjadi karena adanya perbedaan keberhasilan pada reproduksi organisme, seleksi alam juga terbentuk dari interaksi antara lingkungan dengan variasi yang dimiliki oleh organisme. Produk seleksi alam merupakan adaptasi organisme terhadap lingkungnnya.

Darwin dalam bukunya yang berjudul The Origin of Spesies by Means of Natural Selection menyatakan bahwa seleksi alam merupakan faktor pendorong terjadinya evolusi atau perubahan, dimana mahluk hidup yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya akan bertahan hidup dan begitupula sebaliknya. Apabila ada mahluk hidup yang tidak dapat beradaptasi terhadap lingkungan, mereka akan segera punah atau terseleksi oleh alam. Untuk membuktikan akan kebenaran teori Darwin tersebut tentang seleksi alam, maka kami akan melakukan eksperimen seleksi alam. 

Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam

Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam
Contoh Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam

Salin Contoh 
Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam


Rekan pelajar yang membutuhkan contohnya dapat menyalin contoh laporan tersebut melalui link di atas, silahkan klik link yang ada untuk mendapatkan contoh laporan praktikum tersebut dalam format dokumen word. Cukup sampai disini saja pembahasan kita kali ini mengenai contoh laporan praktikum biologi tentang seleksi alam. Contoh laporan biologi lainnya akan segera dibagikan pada pertemuan selanjutnya jadi pastikan rekan semua berkunjung lagi ke sini.