Contoh Makalah Keluarga Berencana (Kb) Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Keluarga Berencana (Kb) LengkapRentang tahun 1800-1900 jumlah penduduk Indonesia bertambah tiga kali lipatnya. Sedangkan 1900 -2000 terjadi pertambahan penduduk lima kali lipat dari 40,2 juta orang menjadi 205,8 juta orang. Selama rentang 1900-2000, program Keluarga Berencana (KB) berhasil mencegah kelahiran 80 juta orang. Tanpa program KB jumlah penduduk hingga tahun 2000 diprediksi 285 juta orang . 

Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama bagi wanita, meskipun tidak selalu diakui demikian. Peningkatan dan perluasan pelayanan keluarga berencana merupakan salah satu usaha untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu yang sedemikian tinggi akibat kehamilan yang dialami oleh wanita. 

Banyak wanita harus menentukan pilihan kontrasepsi yang sulit, tidak hanya karena terbatasnya jumlah metode yang tersedia tetapi juga karena metode-metode tertentu mungkin tidak dapat diterima sehubungan dengan kebijakan nasional KB, kesehatan individual dan seksualitas wanita atau biaya untuk memperoleh kontrasepsi (Depkes RI, 1998). 

Dengan disusunnya Makalah Keluarga Berencana (Kb) ini maka tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui pengertian KB 
2. Mengetahui tujuan KB 
3. Mengetahui manfaat KB 
4. Metode kontrasepsi KB 

Dengan tujuan tersebut di atas hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 
1. Sedikitnya pembaca dapat mengetahui tentang Keluarga Berencana 
2. Pembaca paham tentang Keluarga Berencana 
3. Pembaca dapat menyebarkan informasi tentang betapa pentingnya program KB

Menurut World Health Organisation (WHO) expert committee 1997: keluarga berencana adalah tindakan yang membantu pasangan suami istri untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, mendapatkan kelahiran yang memang sangat diinginkan, mengatur interval diantara kehamilan, mengontrol waktu saat kelahiran dalam hubungan dengan umur suami istri serta menentukan jumlah anak dalam keluarga. 

Keluarga berencana menurut Undang-Undang no 10 tahun 1992 (tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera) adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Keluarga berencana adalah suatu usaha untuk menjarangkan jumlah dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi. 

Secara umum keluarga berencana dapat diartikan sebagai suatu usaha yang mengatur banyaknya kehamilan sedemikian rupa sehingga berdampak positif bagi ibu, bayi, ayah serta keluarganya yang bersangkutan tidak akan menimbulkan kerugian sebagai akibat langsung dari kehamilan tersebut. Diharapkan dengan adanya perencanaan keluarga yang matang kehamilan merupakan suatu hal yang memang sangat diharapkan sehingga akan terhindar dari perbuatan untuk mengakhiri kehamilan dengan aborsi. 

Keluarga berencana adalah salah satu cara untuk menunda perkawinan dan mengurangi kelahiran bayi kedunia dengan tujuan membuat keluarga yang sederhana dan tercukupi diantaranya dengan berbagai metode seperti pil KB, IUD, KB suntik dan implant . 

Selaku umat manusia kita harus memperhatikan berbagai kondisi dalam berkeluarga merencanakan sebelum kelahiran dan mengantisipasi banyaknya kelahiran dengan metode – metode keluarga berencana . 

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. 

Penyusun banyak berharap para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembacanya.


Makalah Keluarga Berencana (Kb)
Contoh Makalah Keluarga Berencana (Kb) Lengkap
http://q.gs/7WHUZ
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Demikianlah sedikit ilustrasi mengenai Contoh Makalah Keluarga Berencana (Kb) Lengkap yang bisa disampaikan pada kesempatan ini. Jika memang membutuhkan contoh makalah tersebut anda bisa mendownloadnya langsung dari tautan yang disediakan dalam bentuk file ms word. Jangan lupa juga untuk melihat beberapa contoh lain yang ada di bagian bawah.