Contoh Makalah Tentang Bela Negara Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Bela Negara Lengkap - Masih dengan berbagai contoh makalah dengan tema tertentu hari ini kita akan tambah lagi contoh yang sudah ada dengan makalah pendidikan kewarganegaraan (PKN) yaitu tentang bela negara. Dengan mengikuti pembahasan ini anda dapat mempelajari contoh makalah lengkap yang tentunya bisa di download.

Beli kucing dalam karung, supaya hal itu tidak terjadi kepada anda setelah mendownload makalah maka disini akan diberikan penjelasan lengkap mengenai isi dari makalah yang bisa anda dapatkan tersebut. Dengan gambaran yang diberikan anda bisa memastikan apakah contoh ini sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Berikut silahkan lihat isi Contoh Makalah Tentang Bela Negara tersebut dari daftar isinya di bawah ini.

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Bela Negara
B. Dasar Hukum Bela Negara
C. Bela Negara Sebagai Hak dan Kejiban Warga Negara
D. Wujud Bela Negara
E. Nilai-Nilai Bela Negara

BAB II PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Bela NegaraMakalah ini telah dirancang dan disusun sebaik mungkin, sehingga dapat memperkecil kemungkinan adanya ketidakteraturan dalam sistematika penulisan. Akan tetapi kami sebagai makhluk yang tidak sempurna menyadari bahwa makalah yang kami sajikan ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik konstruktif senantiasa kami harapkan. Harapan kami, makalah ini dapat memberikan pencerahan kepada kita selaku mahasiswa pada khususnya, serta bagi bagi kehidupan bangsa pada umumnya.

Mudah-mudahan makalah yang sederhana ini dapat menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan dalam mengembangkan kreatif dan gemar belajar. Dan pada kesempatan yang baik ini pula kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan penulisan makalah ini, sehingga makalah ini dapat tersaji dihadapan para pembaca.

Yang barusan adalah kata pengantar untuk Makalah Tentang Bela Negara, sekarang anda bisa membaca latar belakang masalah pada contoh makalah lengkap yang akan anda pelajari tersebut seperti di bawah ini.

Era reformasi membawa banyak perubahan di hampir segala bidang di republik indonesia. Ada perubahan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat, tapi tampaknya ada juga yang negatif dan pada gilirannya akan merugikan bagi keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Suasana keterbukaan pasca pemerintahan orde baru menyebabkan arus informasi dari segala penjuru dunia seolah tidak terbendung. Berbagai ideologi, mulai dari ekstrim kiri sampai ke ekstrim kanan, menarik perhatian bangsa kita, khususnya generasi muda, untuk dipelajari, dipahami dan diterapkan dalam upaya mencari jati diri bangsa setelah selama lebih dari 30 tahun merasa terbelenggu oleh sistem pemerintahan yang otoriter.

Salah satu dampak buruk dari reformasi adalah memudarnya semangat nasionalisme dan kecintaan pada negara. perbedaan pendapat antar golongan atau ketidaksetujuan dengan kebijakan pemerintah adalah suatu hal yang wajar dalam suatu sistem politik yang demokratis. Namun berbagai tindakan anarkis, konflik sara dan separatisme yang sering terjadi dengan mengatasnamakan demokrasi menimbulkan kesan bahwa tidak ada lagi semangat kebersamaan sebagai suatu bangsa. Kepentingan kelompok, bahkan kepentingan pribadi, telah menjadi tujuan utama. Semangat untuk membela negara seolah telah memudar.

Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan militer atau militerisme, seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara hanya terletak pada tentara nasional indonesia. Padahal berdasarkan pasal 30 UUD 1945, bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara republik indonesia. Bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.

Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan yang akan diambil dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud dengan bela negara?
2. Apa dasar hukum bela negara?
3. Bagaimana hak dan kewajiban warga negara terhadap bela negara?
4. Apa wujud bela negara?
5. Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam bela negara?

Tujuan
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari suatu penelitian, terlebih dahulu perlu dirumuskan tujuan yang terarah. Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.
2. Menggali pengetahuan lebuh dalam tentang sejarah Indonesia khususnya mengenai Bela Negara.
3. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap Bela Negara.

Kesadaran akan bela negara bagi setiap warga negara Indonesia yang antara lain diwujudkan melalui PPBN yang merupakan bagian dari sistem pendidikan kewarganegaraan negara adalah merupakan tanggung jawab bersama atau secara institusional (interdep) perlu disosialisasikan secara meluas dan konseptual dalam arti perlu didukung lagi dengan seperangkat peraturan perundang-undangan lain seperti yang diamanatkan dalam pasal 9 UURRI No. 3 seperti ketentuan tentang pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar militer wajib, maupun pengabdian sesuai dengan profesi. Tidak kalah penting dan akan menjadi hal fundamental adalah aspek kesejahteraan bagi masyarakat diberbagai lapisan bawah, sehingga ada keseimbangan antara upaya menumbuh kembangkan kesadaran bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang seiring dengan aspek ketahanan nasional. Dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI tidak sedikit dana yang harus dikeluarkan.

Upaya penggalangan/pembinaan masyarakat seperti di wilayah perbatasan negara maupun di wilayah-wilayah yang rawan konflik sosial yang pada hakekatnya mempunyai potensi ancaman keutuhan wilayah kedaulatan negara perlu mendapat perhatian / prioritas penanganan utama bagaimanapun sulit dan berat beban negara/pemerintah yang harus dipikul. Resiko akan kehilangan pulau-pulau lain di sepanjang perbatasan negara atau wilayah yang bermasalah, mudah-mudahan bisa diantisipasi lebih baik dan lebih profesional lagi.

Contoh Makalah Tentang Bela Negara Lengkap
http://q.gs/7XpJm
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Jika anda membutuhkan contoh lengkapnya anda bisa download contoh makalah gratis dari link atau tautan yang telah disediakan. Jangan lupa juga sebelum mendownload anda bisa membaca juga beberapa contoh atau materi lain yang berkaitan dengan tema makalah ini. Akhir kata, semoga Contoh Makalah Tentang Bela Negara Lengkap dapat bermanfaat bagi anda semua.