Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial - Banyak yang membutuhkan materi sosiologi yang mengenai konflik sosial ini, untuk itulah kita akan membahas mengenai materi tersebut melalui sebuah contoh karya tulis yaitu Makalah Konflik Sosial. Makalah ini bisa kita gunakan untuk belajar mengenai materi tersebut, selain itu dari contoh tersebut kita juga bisa tahu cara menyusun makalah sosiologi.

Dalam penyusunan sebuah makalah, informasi merupakan aspek inti, jadi diharapkan sebuah makalah dapat memberikan kontribusi yang baik untuk tersedianya sumber informasi yang jelas, valid dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itulah informasi dalam sebuah makalah - setidaknya menurut penulis - lebih mengandung banyak kebenaran dibanding informasi lain yang kita peroleh dari sumber tidak jelas.

Kenapa demikian, pada sebuah makalah seyogyanya memang semua informasi disusun berdasarkan fakta yang objektif yang didasarkan pada informasi akurat yang dibuktikan dengan sumber. Maka dari itu dalam sebuah makalah pasti ada daftar pustaka. Hal ini tidak berbeda dengan Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial yang akan kita bahas.

Penulis dalam Contoh Makalah ini akan berusaha memberikan informasi se-akurat mungkin sehingga bisa menjadi sebuah rujukan yang dapat dipercaya. Bagi anda yang ingin belajar dari makalah sosiologi ini bisa melihat cuplikan isinya sebagai berikut.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kita sebagai makhluk sosial yang melakukan interaksi dengan masyarakat yang ada di sekitar kita pasti pernah mengalami suatu pertentangan atau perbedaan dengan orang – orang yang ada di sekitar kita. Pertentangan ini yang nantinya akan menjadi sebuah konflik yang jika dibiarkan akan menjadi suatu masalah yang akan membesar. 

Bisa dikatakan bahwa konflik merupakan suatu proses social antara satu orang atau lebih yang mana salah seorang di antaranya berusaha menyingkirkan pihak lain. Seperti yang dikatakan salah satu teori dari Karl Marx yang melihat masyarakat manusia sebagai sebuah proses perkembangan yang akan menyudahi konflik melalui konflik. 

Kalau kita melihat dari teori tersebut, bias kita simpulkan bahwa kita sebagai masyarakat tidak bias menghindari adanya konflik yang pastinya akan terjadi di kehidupan kita. Contoh kecil dari konflik yaitu dari lingkungan keluarga, terkadang kita mengalami perbedaan pendapat dengan salah satu anggota keluarga, yang nantinya pasti akan menjadi sebuah konflik karena konflik terjadi karena beberapa penyebab yang masing – masing mempunyai jalan tersendiri untuk menyelesaikan konflik tersebut. 

Ada empat bentuk konflik yaitu konflik tujuan, konflik peranan, konflik nilai dan konflik kebijakan. Konflik juga tidak begitu saja muncul tapi konflik mempunyai sumber – sumber yang menjadi patokan atu pemicu munculnya konflik antar individu maupun antar kelompok social.

1.2 Rumusan Masalah
Untuk dapat membahas lebih jauh tentang konflik sosial, kita harus memberi batasan – batasan materi yang akan dibahas dalam Makalah Tentang Konflik Sosial ini, agar materi yang disajikan tidak keluar dari pembahasan maka rumusan masalah yang diambil sebagai berikut.
1. Apa pengertian dari konflik sosial ?
2. Apa saja faktor – faktor penyebab terjadinya konflik sosial ?
3. Konflik pada manusia bersumber pada apa saya ?
4. Apa saja bentuk - bentuk dari konflik sosial ?
5. Bagaimana proses dari konflik itu sendiri ?
6. Bagaimana cara kita mengendalikan konflik dan bagaimana cara penyelesaiannya ?

1.3 Tujuan
Kita sebagai masyarakat harus bisa lebih teliti dengan semua yang ada di sekitar lingkungan, agar setidaknya kita bisa menghindari masalah – masalah dengan orang – orang yang ada di sekitar kita, terutama konflik yang selalu menemani setiap langkah kehidupan.

Manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesama yang ketika melakukan suatu interaksi dengan sesama manusia terkadang diwarnai dengan adanya konflik karena konflik merupakan bagian dari kehidupan manusia. Perbedaan dan pertentangan – pertentangan yang terkadang terjadi di antara sesama bias menyebabkan suatu masalah yang jika terus dibiarkan berlarut – larut akan menyebabkan suatu masalah yang besar. 

Biasanya konflik – konflik yang terjadi bias menghasilakn sesuatu yang lain dari sebelumnya, yang antara lain adalah meningkatkan solidaritas antara sesama kelompok, keretakan antar kelompok yang bertikai, kerus harta benda dan hilangnya nyawa manusia, perubahan kepribadian individu, dan lain – lain.

Bentuk – bentuk konflik meliputi konflik nilai, konflik tujuan, konflik kebijaksanaan, dan konflik perantara. Salah satu pola penyelesaian konflik adalah dengan cara menghindar dari konflik yang sedang terjadi.

Sebaiknya kita sebagai bangsa yang beragama dan juga Negara kita adalah Negara hukum,berusaha menghindari adanya konflik sosial di antara masyarakat, agar Negara kita ini bias menjadi Negara yang penuh dengan kedamaian dan bebas dari konflik dan pertentangan.

Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial
Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial

Sudah cukup mengenai cuplikan yang diberikan, dari cuplikan isi tersebut anda bisa dengan mudah memperoleh gambaran bagaimana Contoh Makalah Tentang Konflik Sosial tersebut. Jika dipandang perlu dan anda ingin mendalami materi yang ada silahkan download contoh tersebut dari link yang sudah disertakan di atas. 
1. sosial sebagai
2. sistem sosial
3. contoh penanganan
4. contoh makalah konflik sosial dalam masyarakat
5. contoh makalah konflik sosial ppt
6. kata pengantar makalah konflik sosial
7. artikel makalah konflik sosial
8. contoh makalah tentang konflik antar suku

Dalam mengkaji sebuah materi atau informasi kita harus banyak membaca berbagai referensi, sebagai tambahan untuk bahan lain terkait konflik sosial silahkan anda baca pada beberapa pembahasan lain di bagian bawah tulisan ini. Itu saja, semoga berkenan!


DAFTAR PUSTAKA

Campbell, Tom. Tujuh Teori Sosial, Sketsa Penilaian Perbandingan.Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta : PT RajaGrafindo, 2006.

Ahsanudin. Sosiologi, Modul Sosiologi. Solo : Hayati