Contoh Makalah Pendidikan Pancasila Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Pendidikan Pancasila Lengkap - Puji Syukur kehadirat Allah SWT. atas limpahan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini adalah tugas mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Bapak dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) tempat dimana penulis melanjutkan jenjang pendidikan. Oleh karena itu tugas ini sangat bermutu sebagai pemula seperti penulis untuk mengetahui dan memahami sistem Hukum yang ada di Negara ini.

Dengan demikian makalah ini penulis buat, tentunya dengan besar harapan dapat bermanfaat bagi sifitas akademik khususnya terhadap saudara/i seperjuangan di STIH. Namun tidak menutup kemungkinan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan oleh penulis, tentunya untuk kepentingan proses peningkatan cakrawala berfikir kita bersama dalam memahami hakekat Hukum itu sendiri. 

Dua paragraf di atas adalah kata pengantar dalam contoh makalah yang akan kita pelajari kali ini. Untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai Contoh Makalah Pendidikan Pancasila tersebut silahkan lihat dulu daftar isi berikut.

Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan 

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Pancasila
B. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
C. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia
D. Pancasila Sebagai Ideologi Negara
E. Pancasila Sebagai Sumber Moral bangsa
F. Penjabaran Nilai-Nilai Dari Pancasila
G. Dasar Pemikiran Pendidikan Pancasila
H. Arah Pendidikan Pancasila
I. Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

Daftar Pustaka

Dari daftar isi tersebut sudah pasti kita bisa mengetahui apa saja yang akan dibahas dalam Contoh Makalah Pendidikan Pancasila ini. Jika anda membutuhkan contoh ini dan masih ingin mengetahui lebih jauh mengenai isinya anda bisa melihat cuplikan selanjutnya yaitu latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisannya. 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 menegaskan bahwa fungsi dan tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap. Kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Rumusan masalah untuk Makalah Pendidikan Pancasila ini bisa didapatkan dari latar belakang tersebut di atas, yaitu sebagai berikut:
1. Bagaimanakah Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia?
2. Bagaimana penjabaran tiap-tiap sila dari Pancasila?
3. Bagaimanakah Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara. 

Tujuan dari penulisan makalah ini setidaknya ada tiga hal yaitu sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.
2. Untuk mengetahui penjabaran tiap-tiap sila dari Pancasila?
3. Untuk mengetahui Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara

Contoh Makalah Pendidikan Pancasila Lengkap
http://q.gs/7XpJk
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia, ideologi Negara Indonesia, sekaligus menjadi pandangan hidup bangsa. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia. “Makalah PKn Pancasila” Maka manusia Indonesia menjadikan pengamalan Pancasila sebagai perjuangan utama dalam kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan kenegaraan. Oleh karena itu pengalamannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengalaman Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur, ajaran-ajaran moral yang kesemuanya itu merupakan penjelmaan dari seluruh jiwa manusia Indonesia. Menyadari bahwa untuk kelestarian nilai-nilai pancasila itu perlu diusahakan secara nyata dan terus-menerus penghayatan dan pengamalan nila-nilai luhur yang terkandung di dalamnya, oleh sebab itu setiap warga Negara Indonesia, penyelenggara Negara, serta lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan baik di pusat maupun di daerah harus sama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi kelestarian-nya.

Silahkan download contoh makalah yang anda butuhkan ini melalui tautan yang sudah disediakan. Jangan lupa, setelah mendapatkan contohnya anda bisa menambah referensi lain yang dibutuhkan dengan melihatnya di bagian akhir tulisan ini. Semoga dengan adanya Contoh Makalah Pendidikan Pancasila Lengkap ini anda bisa lebih memahami bagaimana menyusun makalah yang dibutuhkan.