Contoh Makalah tentang Puasa

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Puasa - Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka kami bisa menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Hukum melaksanakan ibadah puasa dan hikmahnya bagi ummat islam", yang menurut kami dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua.

Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan mohon maklum bilamana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang kami buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca. Dengan ini kami mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi Makalah tentang Puasa ini sehingga dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Dengan membuat karya tulis ini kita bisa belajar lebih dalam mengenai penyusunan karya tulis, selain itu tentu bisa memperdalam wawasan mengenai puasa. Untuk mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang ada dalam jenis contoh makalah ini silahkan lihat isi makalahnya berikut:
1. Definisi puasa
2. Macam-macam puasa dari segi hukum
3. Syarat wajib puasa
4. Syarat syah puasa 
5. Rukun-rukun puasa
6. Hal-hal yang membatalkan puasa dan mengurangi nilai puasa
7. Adab-adab berpuasa
8. Halangan puasa
9. Hal-hal yang disunnahkan dalam berpuasa
10. Meng-qadha’ puasa Ramadhan 
11. Hikmah puasa

Latar Belakang Masalah Makalah tentang Puasa
Seperti yang kita ketahui agama islam mempunyai lima rukun islam yang salah satunya ialah puasa, yang mana puasa termasuk rukun islam yang keempat. Karena puasa itu termasuk rukun islam jadi, semua umat islam wajib melaksanakannya namun pada kenyataannya banyak umat islam yang tidak melaksanakannya, karena apa? Itu semua karena mereka tidak mengetahui manfaat dan hikmah puasa. Bahkan, umat muslim juga masih banyak yang tidak mengetahui pengertian puasa, dan bagaimana menjalankan puasa dengan baik dan benar.

Banyak orang-orang yang melakasanakan puasa hanya sekedar melaksanakan, tanpa mengetahui syarat sahnya puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa. Hasilnya,pada saat mereka berpuasa mereka hanyalah mendapatkan rasa lapar saja. Sangatlah rugi bagi kita jika sudah berpuasa tetapi tidak mendapatkan pahala. Seperti yang dikatakan hadits: urung rampung

Oleh karena itu dalam makalah ini kami akan membahas tentang apa itu puasa, manfaat puasa, hikmah puasa, dan alasan mengapa kita wajib menjalankannya.

Rumusan Masalah Makalah tentang Puasa
Sebagai orang muslim sangatlah wajib bagi kita untuk mengetahui, bahkan untuk paham betul apa itu puasa, sarat sahnya puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, dan manfaat, serta hikmah puasa bagi kita.

Dan berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka kami mendapatkan beberapa pokok permasalahan di dalam pembahasan ini. Diantaranya ialah:
- Penyebab orang-orang tidak menjalankan ibadah puasa
- Berpuasa tanpa mengetahui apa syarat dan ketentuan puasa
- Bagaimana cara berpuasa tanpa mengurangi aktivitas kita
- Tidak mengetahui fidyah yang akan dibayar jika meninggalkan puasa

Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini kami buat adalah :
- Agar ummat islam selalu melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan benar.
- Bisa melaksanakan puasa dengan ikhlas
- Untuk mengetahui semua hal yang membahas tentang puasa dan bersangkut paut dengan puasa

Contoh Makalah tentang Puasa
http://q.gs/7Y0js
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Puasa adalah salah satu rukun islam, maka dari itu wajiblah bagi kita untuk melaksanakan puasa dengan ikhlas tanpa paksaan dan mengharap imbalan dari orang lain. Jika kita berpuasa dengan niat agar mendapat imbalan atau pujian dari orang lain, maka puasa kita tidak ada artinya. Maksudnya ialah kita hanya mendapatkan rasa lapar dan haus dan tidak mendapat pahala dari apa yang telah kita kerjakan.

Puasa ini hukumnya wajib bagi seluruh ummat islam sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kita. Sebagaimana firman Allah swt yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”(Q.S Al-Baqarah)

Berpuasalah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh Allah swt. Allah telah memberikan kita banyak kemudahan(keringanan) untuk mengerjakan ibadah puasa ini, jadi jika kita berpuasa sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah kami sebutkan diatas, kita sendiri akan merasakan betapa indahnya berpuasa dan betapa banyak faidah dan manfaat yang kita dapatkan dari berpuasa ini.

Maka dari itu saudara-saudari kami sekalian, janganlah sesekali meninggalkan puasa, karena puasa ini mempunyai banyak nilai ibadah. Mulai dari langkah, tidur dan apapun pekerjaan orang yang berpuasa itu adalah ibadah.

Seperti biasa, jika anda ingin membaca lebih rinci tentang Contoh Makalah tentang Puasa ini anda bisa download makalah tersebut dari tautan yang disediakan. Semoga bisa menjadi tambahan referensi dan sumber belajar bagi kita semua. Contoh lain untuk makalah pendidikan agama islam bisa dilihat di bagian akhir tulisan.